Tumbuhan

10 Khasiat Rumput Laut untuk Kesehatan

Rumput laut atau gulma laut biasanya dapat ditemui di perairan yang berasosiasi dengan keberadaan ekosistem terumbu karang. Rumput laut biasanya dapat hidup di atas substrat pasir dan karang mati. Rumput laut mengandung berbagai komponen yang bermanfaat bagi kesehatan dibandingkan dengan mayoritas tanaman lain dan makanan hewani yang tersedia di darat, sehingga tidak perlu diragukan bahwa rumput laut dapat juga dijadikan sebagai obat alami. Berikut ini artikel mengenai manfaat rumput laut bagi kesehatan.

Asal Usul Rumput Laut

Rumput laut telah digunakan di seluruh dunia selama ribuan tahun dan merupakan jenis ganggang. Ganggang dikenal sekitar tiga setengah miliar tahun yang lalu dan pada 75% dari udara yang kita napas. Rumput laut sejak awal telah digunakan oleh bangsa Jepang, selama lebih dari 2000 tahun rumput laut telah digunakan sebagai makanan pendukung di Jepang.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa rumput laut telah digunakan sejak 2700 SM di Cina. Pada 600 SM, Sze Teu menulis bahwa di Cina rumput laut hanya untuk raja atau tamu khusus. Di Cina, rumput laut digunakan di abad ke-5 untuk makanan. Sedangkan di Eropa, rumput laut digunakan sebagai obat bagi bangsa Yunani dan Romawi.

Manfaat Rumput Laut

Berikut 10 manfaat rumput laut untuk kesehatan.

1. Mencegah Kanker

Rumput laut mengandung komponen yang berguna dalam menyembuhkan tumor dan kondisi kanker lainnya seperti kanker usus besar dan leukemia. Rumput laut mengandung glikoprotein dan polisakarida sulfat yang memiliki immuno-stimulan, anti-virus, dan anti-kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa rumput laut dapat mengurangi produksi hormon pemicu kanker dan memiliki kemampuan untuk menghambat proliferasi sel kanker ganas.

2. Sumber Yodium

Rumput laut kaya akan yodium. Yodium adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan yang semua kelompok umur. Yodium juga penting untuk mengatur kenormalan fungsi tiroid, yang juga melibatkan otak dan kelenjar pituitari.

Hormon tiroid juga memainkan peran penting dalam proses mielinasi sistem saraf pusat pada bayi baru lahir. Kekurangan yodium dalam tubuh dapat mengakibatkan kelainan seperti pembesaran tiroid atau gondok, hipotiroidisme, dan keterbelakangan mental.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi rumput laut memiliki efek anti-obesitas. Senyawa fucoxanthin yang ada dalam rumput laut dapat membantu mengurangi akumulasi lemak dan membantu penurunan berat badan.

4. Kesehatan Pencernaan

Rumput Laut memiliki efek pencahar ringan dan cukup berguna dalam menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini akan membantu dalam merangsang pelepasan enzim pencernaan, mendukung penyerapan nutrisi, dan memfasilitasi metabolisme lemak.

Penelitian telah menunjukkan bahwa polisakarida memberi efek prebiotik pada usus, yang membantu dalam fungsi normal dari bakteri perut yang menguntungkan dan melindungi dinding lambung terhadap bakteri berbahaya.

5. Kesehatan Gigi dan Mulut

Ekstrak rumput laut telah lama diketahui memiliki efek mencegah gigi berlubang. Sifat anti-inflamasi pada rumput laut berfungsi mempebaiki fungsi kelenjar ludah dan membuat jaringan mulut lebih tahan terhadap kerusakan. Alginat, garam asam alginat yang berasal dari rumput laut, sangat berguna bagi kesehatan gigi.

6. Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Penelitian Laboratorium telah menyebutkan bahwa rumput laut memiliki sifat antioksidan dan anti-koagulan. Antikoagulan, juga dikenal sebagai pengencer darah, mencegah pembekuan darah dan mengurangi ancaman stroke, gagal jantung, dan obstruksi pada pembuluh darah.

7. Detoksifikasi

Rumput Laut memiliki kemampuan untuk detoksifikasi, membersihkan tubuh dan memfasilitasi ekskresi limbah beracun. Alginat yang ada dalam rumput laut, membuat bahan beracun termasuk logam berat seperti timbal, merkuri, dan polutan lainnya dicerna dan dihilangkan dari tubuh melalui buang air besar.

8. Mengobati Influenza

Rumput Laut memiliki sifat anti-virus yang telah terbukti memberikan efek perlindungan terhadap virus influenza B. Ekstrak rumput laut dapat menghalangi penyerapan partikel virus berbahaya dalam sel dan mencegah terjadinya infeksi pada tubuh.

9. Kesehatan Kulit

Rumput Laut memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan radiasi ultraviolet B dari sinar matahari. Efek berasal dari adanya fucoxanthin pada rumput laut yang membantu dalam mencegah kerusakan sel dan meningkatkan tingkat kelangsungan hidup sel. Efek antioksidan dari fucoxanthin melindungi kulit dari penuaan, pigmentasi, dan pembentukan kerut.

10. Perawatan Rambut

Kandungan mineral yang tinggi pada rumput laut juga membantu dalam menjaga kesehatan rambut. Mineral tersebut membantu memperkuat akar dan poros folikel rambut sehingga membuat rambut tebal dan berkilau.


Efek Samping Mengkonsumsi Rumput Laut

Mengkonsumsi rumput laut secara belebihan dapat meningkatkan kuantitas yodium. Hal ini dapat meningkatkan risiko kanker tiroid. Sesuai dengan pedoman yang ditetapkan oleh Dewan Pangan dan Gizi, kebutuhan harian yodium untuk orang dewasa adalah 150 mcg per hari dan batas atas ditoleransi adalah 1100 mcg / hari. Untuk bayi dan kelompok muda lainnya, dianjurkan untuk mengkonsumsi lebih rendah dari takaran tersebut.

Laminaria rumput laut dianggap tidak aman bagi ibu hamil dan menyusui. Laminaria dapat mengubah hormon yang menyebabkan infeksi fatal atau kondisi serius lainnya pada ibu dan bayi.

Rumput Laut dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi medis. Obat-obatan tertentu seperti aspirin dan warfarin, yang digunakan sebagai anti-koagulan untuk memperlambat pembekuan darah, mungkin mengganggu karena efek pengencer darah dari rumput laut.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa rumput laut atau gulma laut memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat rumput laut untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Sorgum serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat rumput laut :

  • www.organicfacts.net/health-benefits/other/health-benefits-of-seaweeds.html
  • id.wikipedia.org/wiki/Gulma_laut
  • naturalknowledge247.com/seaweed-a-brief-history/
Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.