Sayuran

8 Khasiat Pete untuk Ibu Hamil

Pete, disebut juga dengan nama petai, merupakan sejenis kacang-kacangan berkulit lunak yang biasa diolah menjadi makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Tidak terkecuali bagi wanita yang sedang mengandung. Ternyata, pete dapat memberikan berbagai manfaat yang luar biasa bagi ibu hamil loh. Lalu apa saja manfaat pete untuk ibu hamil? Berikut ulasannya.

Pete via xinfully.wordpress.com

Pete dipercaya memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, kaya akan zat besi, bahkan mengandung omega 3 yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan mata dan otak bayi dalam kandungan. Tidak hanya itu, pete juga memiliki beragam manfaat lainnya yang sangat baik untuk ibu hamil yang akan diulas pada artikel berikut ini.

Manfaat Pete untuk Ibu Hamil

Berikut 8 manfaat pete untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui:

1. Mengatasi Masalah Sembelit

Manfaat pete bagi ibu hamil yang pertama yaitu dapat mengatasi masalah sembelit. Hal ini dikarenakan pete kaya akan serat sehingga cocok dikonsumsi bagi ibu hamil untuk memperbaiki sistem pencernaan, terutama bagi yang mengalami masalah sembelit.

2. Meredakan Stres

Stres yang biasa terjadi pada ibu hamil bisa disebabkan karena beberapa hal, dimana salah satunya karena mengalami perubahan fisiologis dalam tubuh ibu hamil yang bersifat hormonal. Pada kasus ini, kandungan tripopan pada pete dikethui dapat menjaga keseimbangan hormon penyebab stres tersebut melalui produksi hormon serotonin, yaitu hormon penghilang stres.

3. Meredakan Sakit Maag

Salah satu manfaat petai untuk ibu hamil lainnya yaitu dapat digunakan sebagai pilihan makanan bagi ibu hamil penderita sakit maag. Kandungan alkali pada pete dipercaya dapat menetralkan kelebihan asam lambung pada ibu hamil serta dapat mengurangi iritasi pada lapisan dinding lambung.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan protein yang cukup tinggi pada petai sangat berguna untuk meregenerasi sel kulit mati pada tubuh. Dimana ibu hamil biasanya akan mengalami masalah kulit seperti kulit kering, jerawat, dan kulit kusam selama masa kehamilan. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi pete dapat menjadi solusi untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi yang biasa terjadi atau dialami oleh ibu hamil. Padahal tekanan darah tinggi selama masa kehamilan dapat membahayakan kondisi kesehatan sang ibu maupun janin yang dikandung. Pete mengandung kalium yang dapat mencegah risiko hipertensi sehingga tekanan darah pada wanita hamil dapat lebih terkontrol.

6. Mengatasi Anemia

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit anemia, maka pete dapat menjadi solusinya. Hal ini dikarenakan pete memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Dimana kandungan zat besi tersebut sangat efektif untuk mencegah dan mengatasi anemia pada ibu hamil.

7. Sumber Energi bagi Tubuh

Seringkali ibu hamil membutuhkan banyak energi untuk menunjang aktivitas hariannya. Dengan mengonsumsinya dalam porsi yang tepat, pete dapat memberikan energi yang cukup pada Anda. Hal ini dikarenakan pete mengandung glukosa, fruktosa, dan sukrosa, dimana ketiga nutrisi tersebut sangat berguna sebagai sumber energi bagi tubuh.

8. Mendukung Pembentukan Tulang dan Gigi pada Janin

Pete mengandung kalsium yang berguna untuk proses pembentukan tulang dan gigi pada janin. Selain baik untuk perkembangan janin, kandungan kalsium tersebut juga baik bagi ibu hamil itu sendiri karena dapat mencegah risiko terkena osteoporosis.

Artikel terkait: Manfaat Petai untuk Kesehatan


EFEK SAMPING PETE BAGI IBU HAMIL

Pada dasarnya mengonsumsi pete akan aman dan memberikan manfaat yang luar biasa bagi ibu hamil muda maupun ibu hamil tua. Hal ini dikarenakan hingga saat ini belum ada penelitian yang menyatakan bahwa tidak aman mengonsumsi pete selama masa hamil. Hanya saja ibu hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi pete secara berlebihan karena dapat menimbulkan beberapa efek samping sebagai berikut:

  • Menyebabkan Diare
  • Menyebabkan Gangguan pada Ginjal
  • Meningkatkan Risiko Asam Urat
  • Bau yang Disebabkan Karena Gas Sulfur Saat Mengonsumsi Pete

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat pete untuk ibu hamil. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Daun Kelor atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

12 Manfaat Pisang Ambon untuk Kesehatan

Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang paling terkenal di seluruh dunia. Meskipun terdapat banyak…

10 Manfaat Kunir Putih untuk Kesehatan

Kunir putih, biasa disebut juga dengan nama kunyit putih atau temu putih merupakan salah satu…

10 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan

Air kelapa muda adalah cairan bening yang berasal dari buah kelapa hijau yang sudah dipanen…

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…