Categories: KhasiatTumbuhan

10 Khasiat Petai Untuk Kesehatan

Petai atau pete merupakan tumbuhan jenis polong-polongan (Fabaceae) yang memiliki nama ilmiah Parkia speciosa. Petai sangat familiar sebagai lalapan dari berbagai kuliner nusantara. Petai tidak hanya dikenal di Indonesia saja, tetapi di Negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan Laos juga tidak asing dengan petai karena manfaat petai yang melimpah.

Petai memang memiliki bau yang sangat tajam karena mengandung asam amino tertentu, sehingga akan memicu bau dalam mulut, tubuh, maupun urine. Tetapi jika dibandingkan dengan buah apel, petai memiliki protein empat kali lebih banyak, dua kali lipat karbohidrat, tiga kali lipat fosfor, juga vitamin A, zat besi, dan mineral yang lebih banyak dibanding buah apel.

Untuk mengkonsumsi petai sangatlah praktis, yaitu dengan dikupas terlebih dahulu. Setelah dikupas dan dibersihkan, petai sudah dapat dikonsumsi. Selain itu petai juga dapat direbus, dipanggang, atau dikombinasikan dengan berbagai makanan lainnya.

Manfaat Petai

Berikut 10 khasiat petai yang bisa diperoleh:

1. Membantu Mengobati Depresi

Penelitian yang dilakukan oleh MIND pada individu yang menderita depresi menunjukkan bahwa mereka merasa jauh lebih baik setelah mengkonsumsi petai. Hal ini dikarenakan petai mengandung tryptophan, yaitu sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, sehingga akan membuat rileks, nyaman, dan memperbaiki suasana hati.

2. Mengobati Anemia

Petai memiliki kandungan zat besi yang tinggi, hal ini akan menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu mengobati anemia.

3. Meredakan PMS ( Premenstrual Syndrome )

Petai juga mengandung vitamin B6 yang berfungsi mengatur kadar gula dalam darah yang dapat membantu mood wanita saat mengalami datang bulan (PMS).

4. Menurunkan Risiko Tekanan Darah dan Stroke

Di dalam petai memang terdapat kalium yang sangat tinggi, tetapi rendah garam sehingga sangat berguna untuk mengatasi tekanan darah. US Food and Drug Administration (FDA Amerika) mengizinkan perkebunan petai untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan petai untuk menurunkan risiko tekanan darah dan stroke.

5. Meningkatkan Kemampuan Otak

Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium yang tinggi dapat membantu belajar siswa dan meningkatkan memori.

6. Mengobati Tukak Lambung (Ulkus)

Petai merupakan buah mentah yang dapat dikonsumsi tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus yang parah. Petai juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan bagian dalam lambung. Petai juga digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena teksturnya yang lembut dan halus.

7. Meningkatkan Kesehatan Mata

Petai termasuk buah yang mengandung vitamin A cukup tinggi, yakni sebesar 200 IU per 100 mg. Seperti banyak diketahui bahwa vitamin A sangat berguna bagi mata, salah satunya yaitu untuk mempertahankan kesehatan kornea mata.

8. Sebagai Obat Penawar Mabuk

Selain karena baunya yang akan membangunkan dari keadaan mabuk, salah satu cara yang paling cepat untuk menyembuhkan mabuk ialah dengan milkshake petai yang dikombinasikan dengan madu. Madu akan meningkatkan kadar gula darah yang turun, susu akan memperbaiki kadar cairan dalam tubuh dan petai akan membantu menenangkan perut.

9. Membantu Pencernaan

Serat yang berguna bagi pencernaan banyak ditemukan pada berbagai jenis petai. Mengkonsumsi petai dapat mengatasi sembelit. Petai juga memiliki efek antasid alami dalam tubuh, sehingga ketika seseorang mengalami kekenyangan yang menyebabkan dada terasa panas, maka cobalah untuk makan petai untuk mengurangi rasa sakit.

10. Membantu Untuk Berhenti Merokok

Kandungan vitamin B6, vitamin B12, kalium dan magnesium yang ada pada petai dapat membantu seseorang yang sudah kecanduan nikotin untuk berhenti. Bagi Anda yang tidak bisa lepas dari rokok dan ingin berhenti merokok, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba mengkonsumsi petai.


Bahaya Mengkonsumsi Petai

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Begitupula dengan petai, walaupun memiliki banyak khasiat, petai akan berbahaya apabila dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan. Jika terlalu banyak mengkonsumsi petai, maka akan membahayakan ginjal dan substansi filter ginjal. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan asam amino dalam petai.

Sebelum Anda memutuskan untuk memasak petai, pastikan Anda membelah buah petai menjadi dua bagian menggunakan pisau. Karena dikhawatirkan ada ulat yang berada di dalam daging buah petai yang akan membahayakan kesehatan Anda.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa pete memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat petai untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Khasiat Kunyit serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com - Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh…