Sayuran

10 Khasiat Pare Untuk Kesehatan

Pare bisa disebut dengan labu pahit, karena sayuran pare memang memiliki rasa yang begitu pahit. Sayuran ini memiliki bentuk memanjang seperti mentimun, hanya saja bedanya pare memiliki tekstur yang kasar bergerigi. Terlepas dari hal itu, pare memiliki cukup banyak manfaat, tak terkecuali manfaat pare untuk kesehatan.

Manfaat Pare

Berikut 10 manfaat pare untuk kesehatan.

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Pare dapat membantu mengontrol diabetes karena adanya efek penurun glukosa darah. Pare memiliki tiga zat aktif dengan sifat anti diabetes, termasuk charantin, vicine, dan polipeptida. Hal ini dapat membantu meningkatkan sekresi insulin pankreas dan mencegah resistensi insulin, sehingga bermanfaat untuk diabetes tipe 1 dan tipe 2.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pare merupakan sumber dari banyaknya antioksidan yang berbeda yang membuat sebuah mekanisme pertahanan yang kuat terhadap berbagai penyakit di dalam tubuh. Dengan menambahkan pare kedalam program diet, anda dapat meningkatkan peluang untuk dapat bertahan melawan penyakit yang sangat serius, termasuk serangan jantung dan kerusakan ginjal.

3. Melindungi Terhadap Kanker

Manfaat kesehatan lain dari pare berasal dari sifat anti kanker-nya. Antioksidan di dalamnya dapat membantu melawan kerusakan yang disebabkan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai jenis kanker. Hal ini membantu dalam mencegah atau mengurangi risiko serviks, prostat dan kanker payudara.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pare merupakan sumber yang kaya akan fitonutrien dan antioksidan yang dapat membantu dalam penurunan berat badan. Sayur pare ini juga dapat membantu meningkatkan metabolisme lebih cepat dari karbohidrat, sehingga lebih sedikit lemak yang disimpan dalam tubuh. Selain itu, pare tinggi akan serat dan rendah kalori.

5. Mengatasi Infeksi Jamur

Sifat antijamur dan antibakteri pada pare dapat efektif dalam melawan berbagai infeksi jamur, serta dapat membantu dalam membersihkan aliran darah dari racun sebelum terjadi kerusakan. Selain itu, sifat anti inflamasinya dapat mengurangi rasa gatal yang berhubungan dengan kondisi kulit dan infeksi.

6. Membantu Mengatasi Batu Ginjal

Batu ginjal adalah gumpalan kecil dan keras yang terbentuk di dalam ginjal. Batu ginjal terbentuk dari mineral dan asam garam. Pare dapat membantu dalam membersihkan tubuh dari batu ginjal secara alami. Pare mengurangi asam tinggi yang menyebabkan batu ginjal yang menyakitkan.

7. Mencegah Sembelit

Pare dapat membantu dalam pencernaan karena mengandung sifat serat. Makanan yang dicerna dan limbah tubuh yang yang dibuang dapat embantu dalam mencegah dan menyembuhkan gangguan pencernaan dan masalah sembelit.

8. Mencegah Penuaan Dini

Pare mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan kuat. Dengan melawan dan menghilangkan radikal bebas yang berbahaya, dapat membantu dalam mencegah keriput dan memperlambat proses penuaan. Begitu juga melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet matahari.

9. Kesehatan Jantung

Pare dapat memberikan kebaikan untuk jantung dengan berbagai cara. Pare dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang menyumbat dinding arteri, dengan demikian dapat mengurangi kemungkinan serangan jantung. Selain itu, pare dapat menurunkan kadar gula darah yang juga dapat membantu kesehatan jantung.

10. Sumber Vitamin K

Vitamin K berkontribusi untuk kesehatan tulang dan merupakan anti inflamasi. Bagi mereka yang menderita arthritis, dapat menurunkan rasa sakit dan peradangan pada sendi melalui peningkatan vitamin K. Dengan konsumsi pare akan membantu anda dalam memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh anda akan vitamin K.

Peringatan
Ibu hamil sebaiknya perlu berhati-hati saat mengkonsumsi sayuran pare ini. Komponen pencahar pada sayuran dapat menyebabkan kontraksi prematur, pendarahan, dan juga keguguran. Oleh sebab itu, perlu konsultasi dengan dokter mengenai hal ini.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa pare memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat sayur pare untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Khasiat Buah Manggis serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.