12 Khasiat Omega 3 untuk Kesehatan

Omega 3 memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh manusia. Para peneliti telah menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 dapat meningkatkan peluang Anda untuk hidup lebih lama jika Anda memiliki penyakit jantung. Namun tak hanya itu, karena omega 3 memiliki banyak manfaat lain. Berikut artikel mengenai manfaat omega 3 untuk kesehatan.

Manfaat Omega 3

Manfaat Omega 3

Berikut 12 manfaat omega 3 bagi kesehatan :

1. Mengatasi Depresi dan Kecemasan

Depresi merupakan salah satu gangguan mental yang paling umum dialami di dunia. Begitu juga kecemasan juga merupakan gangguan yang sangat umum, dan ditandai dengan rasa khawatir dan gugup. Menariknya, penelitian telah menemukan bahwa orang-orang yang rutin mengkonsumsi omega 3 secara teratur cenderus terhindar dari depresi dan kecemasan.

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Asam dokosaheksaenoat (juga sering dikenal sebagai DHA), merupakan komponen utama yang terdapat di otak dan retina mata. Jika Anda tidak memiliki cukup DHA dapat menimbulkan kemungkinan masalah penglihatan. Asupan yang cukup akan omega 3 telah dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula, yaitu salah satu gangguan pada mata.

3. Kesehatan Selama Masa Kehamilan

Manfaat omega 3 untuk ibu hamil. Omega 3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak pada bayi. Mendapatkan asupan yang cukup akan omega 3 selama kehamilan juga dikaitkan dengan banyak manfaat bagi anak-anak, termasuk meningkatkan kecerdasan, komunikasi yang lebih baik, penurunan risiko autisme, dan lain-lain.

4. Kesehatan Jantung

Serangan jantung dan stroke merupakan salah satu penyakit berbahaya yang ada di dunia. Dekade lalu, para peneliti mengamati bahwa orang-orang yang rutin mengkonsumsi ikan memiliki tingkat risiko yang sangat rendah terhadap penyakit ini. Hal ini dikarenakan kandungan omega 3-nya. Sejak saat itu, asam lemak omega 3 telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung.

5. Omega 3 dapat Membantu Melawan Peradangan

Asam lemak omega 3 dapat mengurangi produksi molekul dan zat yang terkait dengan peradangan. Penelitian yang dilakukan juga telah secara konsisten menunjukkan hubungan antara asupan yang cukup akan omega 3 dan pengurangan peradangan.

6. Mencegah Penyakit Alzheimer

Penurunan fungsi otak merupakan salah satu konsekwensi yang tidak dapat dihindari dari penuaan. Beberapa studi telah menunjukkan asupan omega 3 yang lebih tinggi dikaitkan dengan mengurangi risiko akan menurunnya fungsi otak yang berkaitan dengan usia, dan juga dapat mengurangi risiko penyakit alzheimer.

7. Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia, dan asam lemak omega 3 telah lama diklaim dapat mengurangi risiko kanker tertentu. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi omega 3 memiliki risiko lebih rendah sebesar 55% terhadap kanker usus besar.

8. Mencegah Asma

Asma merupakan penyakit paru-paru dengan gejala seperti batuk dan sesak napas. Serangan asma berat bisa sangat berbahaya. Beberapa studi telah menghubungkan konsumsi omega-3 dengan risiko asma yang lebih rendah pada anak-anak dan dewasa.

9. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Beberapa studi menunjukkan bahwa omega-3 dapat meningkatkan kekuatan tulang dengan meningkatkan jumlah kalsium dalam tulang. Hal ini mengarah pada penurunan risiko osteoporosis. Omega 3 juga dapat membantu penderita arthritis, dengan mengurangi nyeri sendi.

10. Mengurangi Nyeri Haid Pada Wanita

Beberapa penelitian telah berulang kali menunjukkan bahwa wanita yang mendapat asupan omega 3 secara cukup akan mengalami nyeri haid yang lebih ringan dibanding yang tidak mendapat asupan omega 3.

11. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur yang baik merupakan salah satu dasar kesehatan yang optimal. Beberapa studi yang dilakukan pada anak-anak dan orang dewasa telah menunjukkan bahwa suplementasi omega 3 dapat membuat tidur lebih nyenyak dan memperbaiki kualitas tidur.

12. Kesehatan Kulit

Kandungan eicosapentaenoic acid (EPA) dalam omega 3 juga bermanfaat untuk kulit, termasuk mengontrol produksi minyak di kulit, mengontrol hidrasi kulit, mencegah penuaan dini pada kulit, dan mencegah jerawat. Selain itu, omega 3 juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Baca juga :

  1. Manfaat Minyak Ikan

Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa asam lemak omega 3 memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat omega 3 untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Cuka Apel serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat omega 3 untuk kesehatan :

authoritynutrition.com/17-health-benefits-of-omega-3/

www.greenmedinfo.com/blog/61-health-benefits-omega-3-fatty-acids

www.livescience.com/38477-omega3-superstars.html

image by : www.fitwirr.com

One Comment