10 Khasiat Minyak Kenanga untuk Kesehatan

Tumbuhan kenanga adalah sejenis bunga yang memiliki bau khas dan diperkirakan berasal dari Indonesia. Minyak esensial dari bunga kenanga diekstraksi dengan distilasi uap dari bunga segar dari pohon kenanga, yang umumnya ditemukan di hutan Asia tertentu dan Kepulauan Pasifik Selatan seperti Indonesia, Filipina, Jawa , Sumatera, Comoro dan Polinesia. Berikut ini artikel mengenai manfaat minyak kenanga untuk kesehatan.

Komponen utama minyak bunga kenanga adalah benzyl acetate, benzyl benzoate linalool, caryophyllene, geranyl acetate, methyl benzoate, p-cresyl methyl ether dan komponen lainnya yang dikenal sebagai Sesquiterpenes, yang semua berkontribusi untuk aroma dan sifat pengobatan. Seiring dengan digunakannya secara luas sebagai parfum dan perawatan aromaterapi karena aromanya, minyak kenanga juga digunakan untuk berbagai tujuan pengobatan.

Manfaat Minyak Kenanga

Berikut 10 manfaat minyak kenanga bagi kesehatan :

1. Sebagai Antidepresan

Minyak kenanga dipercaya baik untuk tubuh dan jiwa untuk  mengusir kecemasan, kesedihan, dan stres kronis. Minyak kenangan juga memiliki efek penyemangat untuk suasana hati dan menginduksi perasaan sukacita dan harapan. Hal ini dapat menjadi salah satu alternatif pengobatan bagi mereka yang mengalami depresi akut setelah shock atau kecelakaan.

2. Mengatasi Seborik

Seborrhoea atau Eksim seboroik adalah penyakit mengerikan yang disebabkan karena kelenjar sebaceous rusak. Gangguan ini disebabkan karena produksi sebum tidak teratur dan infeksi akibat dari sel-sel epidermis, sehingga kulit menjadi kuning putih atau pucat, kering atau berminyak, dan mulai mengelupas.

Hal ini biasanya terjadi pada kulit kepala, pipi, alis dan dimanapun folikel rambut ditemukan. Minyak kenanga dapat bermanfaat dalam menyembuhkan situasi inflamasi ini dan mengurangi iritasi kulit serta kemerahan.

3. Sebagai Antiseptik

Setiap luka seperti lecet atau luka bakar dapat mengakibatkan septik dari berbagai infeksi bakteri. Risiko komplikasi bahkan lebih besar ketika luka disebabkan oleh suatu benda yang terbuat dari besi (risiko kuman tetanus).

Minyak kenanga dapat membantu menghindari sepsis dan tetanus dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan desinfektan luka. Sehingga, minyak kenanga sangat bermanfaat untuk melindungi luka Anda dari infeksi akibat bakteri, virus dan jamur. Disamping itu juga membantu untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

4. Membantu Mengatasi Diabetes

Minyak kenanga dapat membantu menurunkan risiko kerusakan saraf akibat komplikasi diabetes dengan melindungi jaringan dan sel-sel dari kerusakan, sehingga membuatnya menjadi obat alami diabetes. Pijatkan beberapa tetes minyak ke titik refleks kaki, di atas perut dan pankreas, atau menggunakannya secara internal dapat menjadi alternatif pengobatan.

5. Membantu Menambah Energi

Jika Anda merasa selalu lelah atau frustrasi, cobalah pengobatan aromaterapi dengan menggunakan minyak kenanga karena aroma yang ditimbulkan akan membantu menambah energi dan berguna untuk melawan kelelahan atau nyeri tubuh. Tambahkan beberapa tetes pada kapas bersih kemudian oleskan ke pergelangan tangan, leher atau dada.

6. Kesehatan Jantung

Minyak kenanga dapat membantu meningkatkan aliran darah dan melawan peradangan sehingga akan mendukung sistem peredaran darah yang sehat. Untuk membantu mengendalikan tekanan darah dan mencegah aritmia jantung, minyak kenanga dapat juga dijadikan sebagai suplemen makanan (dengan takaran tertentu) dengan menambahkan satu atau dua tetes pada air atau teh hangat.

7. Mengatasi Gangguan Menstruasi Pada Wanita

Aromaterapi atau pemijatan dengan menggunakan minyak kenanga dapat membantu mengurangi gejala PMS. Secara alami dapat memperbaiki kram saat PMS, ketegangan dan stres, Anda dapat menggunakan minyak kenanga bersama dengan minyak lavender ke bagian belakang leher dan perut bagian bawah ketika sedang mengalami gangguan saat menstruasi.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Minyak kenanga ini juga bermanfaat untuk memerangi insomnia dan sindrom kelelahan kronis karena minyak ini memiliki efek obat penenang ringan dan dapat menurunkan respon stres seperti detak jantung cepat dan tekanan darah tinggi.

9. Kesehatan Syaraf

Adanya efek obat penenang dalam minyak kenanga sangat bermanfaat untuk kesehatan sistem syaraf. Minyak kenanga dapat memperbaiki kerusakan syaraf, mengurangi stress syaraf dan memperkuat sistem syaraf akibat gangguan yang telah diderita.

10. Kesehatan Kulit

Minyak kenanga juga diperkaya dengan kandungan zat alami yang sangat efektif untuk menjaga kelembaban kulit, membantu kulit yang terhidrasi, menghaluskan kulit, dan membuat kulit tampak lebih muda.


Efek Samping Mengkonsumsi Minyak Kenanga

Beberapa kasus sensitivitas, minyak kenanga dapat menyebabkan mual dan sakit kepala ketika digunakan dalam jumlah yang berlebihan. Selain itu juga dapat menyebabkan alergi bagi mereka yang mudah sensitif terhadap minyak atau produk tumbuhan lainnya.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa bunga kenanga memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat minyak kenanga untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Goji Berry serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat minyak kenanga bagi kesehatan :

draxe.com/ylang-ylang/

id.wikipedia.org/wiki/Kenanga

www.organicfacts.net/health-benefits/essential-oils/health-benefits-of-ylang-ylang-essential-oil.html

Share

Recent Posts

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com - Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh…