Herbal

9 Khasiat Minyak Kelapa Sawit untuk Kesehatan

Kelapa sawit (Elaeis guineensis) adalah tanaman asli Afrika Barat dan diimpor ke Asia Tenggara pada pertengahan abad ke-19. Minyak kelapa merupakan minyak nabati yang sangat berguna yang berasal dari berbagai jenis kelapa sawit. Berikut artikel mengenai manfaat minyak kelapa sawit untuk kesehatan.

Kelapa sawit berkembang di daerah tropis yang lembab dan dapat tumbuh subur di daerah yang berada pada 10 derajat utara dan selatan khatulistiwa. Kelapa sawit merupakan tanaman yang sangat produktif yang mampu menghasilkan lebih banyak minyak dari dibandingkan jenis minyak yang lain.

Minyak kelapa sawit alami berwarna kemerahan-oranye karena memiliki kandungan beta-karoten yang sangat tinggi. Hal ini juga salah satu dari sedikit lemak nabati jenuh alami, yang berarti minyak kelapa sawit dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

Minyak kelapa sawit umumnya digunakan sebagai minyak goreng di Afrika, Asia Tenggara, dan negara-negara tertentu di Amerika Selatan. Kemudian, minyak kelapa sawit juga digunakan untuk memproduksi bahan bakar bio untuk kendaraan bermotor dan pesawat. Disamping itu, ada sejumlah manfaat kesehatan lainnya yang dihasilkan oleh minyak kelapa sawit berikut ini.

Manfaat Minyak Kelapa Sawit

Berikut 9 manfaat minyak kelapa sawit untuk kesehatan :

1. Meningkatkan Energi

Beta-karoten adalah salah satu komponen utama dari minyak kelapa sawit. Beta-karoten ini sangat baik untuk meningkatkan energi dan meningkatkan keseimbangan hormon dalam tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Beta-karoten juga sangat penting untuk meningkatkan penglihatan. Selain itu, antioksidan dalam minyak kelapa sawit bermanfaat untuk metabolisme sel dan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas karena radikal bebas dapat menyebabkan banyak kerusakan seluler, mutasi, dan kerusakan yang dapat menyebabkan masalah penglihatan. Menggunakan minyak kelapa sawit dapat mencegah degenerasi makula dan katarak.

3. Mencegah Masalah Kardiovaskular

Minyak kelapa sawit memang memiliki kandungan HDL dan kolesterol LDL yang tinggi, akan tetapi minyak kelapa sawit tetap dapat menciptakan keseimbangan kesehatan dalam tubuh Anda yaitu mempertahankan keseimbangan kolesterol baik sehingga Anda dapat memastikan sistem kardiovaskular sehat.

4. Mencegah Kanker

Tokoferol, yaitu sejenis vitamin A yang merupakan antioksidan alami. Antioksidan adalah senyawa defensif yang dapat mencegah kanker dengan menetralisir radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan sel-sel sehat untuk bermutasi menjadi sel kanker, oleh karena itu tingginya kandungan tokoferol dalam kelapa sawit sangat bermanfaat.

5. Baik Untuk Wanita Hamil

Kekurangan vitamin adalah beberapa kondisi yang paling berbahaya yang bisa dihadapi wanita hamil dan anak-anak mereka yang belum lahir. Tingginya kandungan vitamin A, D, dan E yang ditemukan dalam minyak kelapa sawit dan karena tubuh tidak dapat secara alami mempertahankan vitamin ini, maka perlu untuk mengkonsumsinya secara teratur.

Artikel terkait mengenai minyak :

6. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Sebagai minyak yang kaya lemak, minyak kelapa sawit dapat membantu memberikan energi dan meningkatkan penyerapan nutrisi yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, dan E. Minyak kelapa sawit dapat membantu memperkuat fungsi kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan tulang, mata, mulut, paru-paru, kulit, dan hati.

7. Mencegah Penyakit Otak

Pasokan antioksidan pada kelapa sawit ini juga bermanfaat untuk membantu mencegah degenerasi saraf dengan menghentikan radikal bebas yang merusak otak dan jaringan syaraf, dan meningkatkan sirkulasi, yang meningkatkan perlindungan terhadap penyakit seperti demensia, Alzheimer, Parkinson, dan kondisi mental lainnya.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Minyak kelapa sawit dapat membantu kulit terlihat segar, lembut dan sehat melalui kandungan beta-karoten dan tokotrienol. Epidermis kulit menyerap nutrisi ini untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

9. Mencegah Stroke

Minyak kelapa sawit dapat menurunkan kolesterol yang mengurangi risiko hipertensi sehingga dapat mencegah aterosklerosis pada pembuluh darah.


Efek Samping Mengkonsumsi Minyak Kelapa Sawit

Konsumsi minyak sawit memang aman, akan tetapi juga tetap memiliki efek samping samping seperti obat pada umumnya. Bagaimanapun juga ketika Anda mengkonsumsi minyak kelapa sawit secara berlebihan maka kemungkinan dapat menyebabkan menguningnya kulit Anda. Hal ini disebabkan karena tingginya tingkat karoten dalam minyak kelapa sawit ini. Selain itu juga tidak menutup kemungkinan terjadinya alergi bagi mereka yang sensitive terhadap minyak.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa minyak kelapa sawit memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat minyak kelapa sawit untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Air Tebu serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat minyak kelapa sawit :

  • www.organicfacts.net/health-benefits/oils/palm-oil.html
  • articles.mercola.com/herbal-oils/palm-oil.aspx
  • www.konga.com/buying-guide/health-benefits-of-palm-oil/
  • www.ghanastar.com/news/health-benefits-of-palm-oil/
  • www.palmoilinvestigations.org/about-palm-oil.html
Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.