Bahan Makanan

10 Khasiat Lada Hitam untuk Kesehatan

Lada hitam atau black pepper adalah bagian keluarga Piperaceae yang dibudidayakan buahnya, yang biasanya dikeringkan dan digunakan sebagai rempah-rempah dan bumbu. Ketika kering, buah ini dikenal sebagai merica. Ketika segar dan sepenuhnya matang, lada hitam memiliki diameter sekitar 5 milimeter, berwarna merah tua, dan berisi satu biji. Lada hitam berasal dari India selatan dan budidaya lada hitam secara luas dilakukan di sana serta di tempat lain yang merupakan daerah tropis. Saat ini, Vietnam adalah produsen dan eksportir terbesar lada di dunia. Berikut artikel mengenai manfaat lada hitam untuk kesehatan.

Asal Usul Lada Hitam

Lada kering telah digunakan sejak zaman kuno untuk kuliner dan sebagai obat tradisional. Lada hitam adalah rempah-rempah yang paling banyak diperdagangkan di dunia, karena lada hitam adalah salah satu rempah-rempah yang paling umum ditambahkan ke masakan di seluruh dunia. Sebelum abad ke-16, lada tumbuh di Jawa, Sunda, Sumatera, Madagaskar, Malaysia, dan di berbagai wilayah Asia Tenggara.

Pelabuhan di daerah Malabar juga menjadi titik perhentian untuk perdagangan rempah-rempah, kemudian ke timur di Samudera Hindia. Hampir semua lada hitam yang ditemukan di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika Utara diperdagangkan dari daerah Malabar. Berikut ini manfaat lada hitam bagi kesehatan.

Manfaat Lada Hitam

Berikut 10 manfaat lada hitam untuk kesehatan.

1. Kesehatan kulit

Lada dapat menjadi obat vitiligo, yaitu penyakit kulit yang menyebabkan beberapa daerah kulit kehilangan pigmentasi normal. Menurut peneliti di London, piperine pada lada hitam dapat merangsang kulit untuk memproduksi pigmen. Hal ini akan mengurangi kemungkinan kanker kulit akibat radiasi ultraviolet yang berlebihan.

2. Mencegah Kanker

Lada hitam memiliki sifat antioksidan yang dapat melawan kanker, terutama kanker usus besar dan kanker payudara. Sebuah studi yang dilakukan di St Louis University di Missouri menemukan bahwa lada hitam dapat membantu menghambat proliferasi sel usus karena aktivitas anti-proliferasi yang signifikan. Selanjutnya, kandungan polifenol pada lada hitam berfungsi melindungi dari tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

3. Mengurangi Gangguan Kognitif

Piperin adalah salah satu komponen penting dari lada hitam, yang telah terbukti dalam berbagai studi untuk mengurangi gangguan memori dan kerusakan kognitif. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa lada hitam bermanfaat bagi pasien Alzheimer dan mereka yang menderita demensia yang  berkaitan dengan usia.

4. Meningkatkan Penyerapan Gizi

Piperine dalam lada hitam akan berfungsi meningkatkan bioavailabilitas berbagai nutrisi seperti vitamin A dan C, selenium, beta-karoten, dan lain-lain, dengan demikian akan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Bioavailabilitas mengacu pada jumlah nutrisi atau suplemen yang diserap oleh tubuh. Para peneliti telah menemukan bahwa lada hitam dapat meningkatkan bioavailabilitas senyawa curcumin hingga dua puluh kali. Curcumin membantu melawan kanker, infeksi, dan peradangan.

Selain itu, piperine akan merangsang asam amino pada lapisan usus dan menghambat enzim yang membantu metabolisme. Hal ini juga akan mencegah penghapusan zat dari sel dan mengurangi aktivitas usus, sehingga lebih banyak zat memasuki tubuh dalam bentuk aktif dan tetap tersedia untuk digunakan.

5. Meningkatkan Pencernaan

Lada hitam merangsang selera dan meningkatkan sekresi asam klorida dalam lambung yang akan membantu pencernaan. Dengan meningkatkan pencernaan, lada hitam dapat mengurangi masalah-masalah seperti kolik, kembung, gangguan pencernaan, perut kembung, dan sembelit. Lada hitam juga memiliki kualitas antibakteri yang membantu mengobati gangguan usus yang disebabkan oleh bakteri.

6. Merangsang Nafsu Makan

Selain menambahkan rasa pada makanan Anda dan meningkatkan pencernaan, lada hitam berfungsi sebagai perangsang nafsu makan. Penelitian telah menunjukkan bahwa lada hitam membantu meningkatkan nafsu makan melalui stimulasi penciuman. Hal dapat menjadi obat sederhana bagi mereka yang memiliki nafsu makan buruk.

7. Mengontrol Berat Badan

Meskipun merangsang nafsu makan, lada hitam juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Lapisan luar dari lada hitam mengandung fitonutrien yang mendorong pemecahan sel-sel lemak. Sebuah studi 2010 menunjukkan bahwa lada hitam dapat meningkatkan pembakaran kalori di dalam tubuh.

8. Membantu Meredakan Penyumbatan

Lada hitam dapat digunakan untuk membersihkan hidung tersumbat dan membantu melonggarkan dahak. Lada hitam juga memiliki sifat antimikroba, yang dapat menjadi obat bagi berbagai macam batuk dan flu.

9. Mengobati Arthritis

Piperine dalam lada hitam sangat bermanfaat untuk mengobati arthritis karena sifat anti-inflamasi dan anti-rematik nya. Selain itu, rempah-rempah ini dapat meningkatkan sirkulasi, sehingga mencegah atau mengurangi nyeri sendi yang disebabkan oleh sirkulasi yang buruk. Para peneliti juga menemukan bahwa lada hitam membantu mengurangi persepsi nyeri dan gejala rematik.

10. Bekerja Sebagai Antidepresan Alami

Piperine pada lada hitam bertindak sebagai antidepresan dengan meningkatkan produksi serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter penting untuk regulasi suasana hati. Rendahnya tingkat serotonin berhubungan dengan depresi. Selain itu, piperine juga meningkatkan beta-endorfin di otak dan meningkatkan kejernihan mental. Endorfin bekerja sebagai obat penghilang rasa sakit alami dan memperbaiki suasana hati.


Efek Samping Lada Hitam

Lada dapat menyebabkan bersin. Pasien yang telah menjalani operasi perut tidak boleh menambahkan lada berlebihan karena dapat menyebabkan efek iritasi pada usus. Lada hitam tidak harus diambil dalam konsentrasi tinggi, dan jika Anda menunjukkan tanda-tanda reaksi alergi, hentikan penggunaan dan segera konsultasikan dengan dokter.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa lada hitam atau black pepper memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat lada hitam untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Jeruk Nipis serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat lada hitam

  • en.wikipedia.org/wiki/Black_pepper
  • www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/health-benefits-of-black-pepper.html
  • www.top10homeremedies.com/kitchen-ingredients/top-10-health-benefits-black-pepper.html
Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.