Buah-Buahan

7 Khasiat Labu Kuning untuk Kesehatan

Labu kuning dapat menjadi makanan yang kaya akan nutrisi tetapi rendah kalori. Terdapat berbagai olahan masakan yang dapat dibuat dengan menggunakan labu kuning, seperti sup labu kuning, cake labu kuning, manisan, dan sebagainya. Terlepas dari berbagai olahan masakan tersebut, labu kuning juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Berikut artikel mengenai manfaat labu kuning untuk kesehatan.

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dari berbagai jenis telah lama dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai kondisi kesehatan yang terkait dengan gaya hidup. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi makanan nabati seperti labu kuning dapat meningkatkan kesehatan.

Manfaat Labu Kuning

Berikut 7 manfaat labu kuning bagi kesehatan :

1. Mencegah Penuaan Dini

Menurut Mayo Clinic, labu kuning merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A, yaitu nutrisi yang berperan sebagai anti penuaan dan membantu dalam proses pembaharuan sel kulit Anda dan juga meningkatkan produksi kolagen untuk membuat kulit tampak lebih muda dan halus.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat labu kuning untuk diet. Labu kaya akan serat yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dengan kalori yang lebih sedikit. Dengan diet kaya serat dapat membantu Anda terhindar dari makan yang berlebihan, dengan demikian dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

3. Kesehatan Mata

Warna oranye pada labu berasal dari beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Dimana vitamin A berperan penting untuk kesehatan mata. Labu juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu dua antioksidan yang diduga dapat membantu dalam mencegah katarak dan memperlambat perkembangan degenerasi makula.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin A yang terkandung dalam labu kuning dapat memberikan bantuan pada tubuh Anda lama melawan infeksi, virus, dan penyakit menular. Ekstrak labu (minyak labu) bahkan dapat membantu melawan berbagai infeksi bakteri dan jamur. Selain itu, labu juga dikemas dengan vitamin C, yang dapat membantu Anda sembuh lebih cepat dari sakit pilek.

5. Menurunkan Risiko Kanker

Selain bagus untuk mata dan kulit, beta karoten yang terkandung dalam labu kuning juga dapat membantu memerangi kanker. Pada artikel cnn, penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang mendapat asupan beta karoten yang cukup memiliki risiko yang lebih rendah terhadap beberapa jenis kanker.

6. Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi labu juga baik untuk kesehatan jantung. Kandungan serat, kalium, dan vitamin C dalam labu dapat membantu menunjang kesehatan jantung. Mendapat asupan kalium yang cukup hampir sama pentingnya dengan mengurangi asupan natrium untuk pengobatan hipertensi.

Peningkatan asupan kalium juga dikaitkan dengan penurunan risiko stroke, memberikan bantuan perlindungan terhadap kehilangan massa otot, menjaga kepadatan mineral tulang, dan penurunan terhadap risiko pembentukan batu ginjal.

7. Kesuburan

Menurut Harvard Medical School Harvard Health Publications, mendapat asupan zat besi yang bisa diperoleh melalui labu untuk wanita usia subur dapat meningkatkan kesuburan. Manfaat labu kuning untuk ibu hamil. Vitamin A (beta karoten) yang terkandung dalam labu juga penting selama masa kehamilan dan menyusui.

Baca juga :


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa labu memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat labu kuning untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kacang Polong serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat labu kuning untuk kesehatan :

www.rd.com/health/wellness/health-benefits-of-pumpkin/

www.huffingtonpost.com/2014/09/04/pumpkin-health-benefits_n_1936919.html

edition.cnn.com/2014/10/21/health/health-benefits-of-pumpkin/

www.medicalnewstoday.com/articles/279610.php

image by : www.organicfoods.com.au

Share

Recent Posts

12 Manfaat Daun Keji Beling: Tanaman Serbaguna dengan Beragam Manfaat

Daun keji beling, secara ilmiah dikenal sebagai Strobilanthes crispus, adalah tanaman berdaun hijau tua yang…

9 Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Berjemur di pagi hari merupakan kebiasaan sederhana yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh…

11 Manfaat Niacinamide untuk Kesehatan Kulit Wajah

Niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3 atau nicotinamide, adalah bentuk vitamin B yang larut dalam…

10 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Menikmatinya

Buah lontar, yang berasal dari pohon Cocos nucifera var. lontar, merupakan buah yang kaya akan…

9 Manfaat Flimty Untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Flimty adalah produk suplemen makanan yang diformulasikan untuk membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu…

9 Manfaat Susu Pediasure Untuk Anak-Anak

Pediasure adalah merek susu nutrisi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Produk ini diformulasikan untuk memberikan…