11 Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com – Seperti yang telah diketahui secara umum bahwa pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mengandung banyak gizi dan nutrisi. Namun tidak hanya bagian buahnya saja yang bergizi, bagian kulit dari buah pisang itu sendiri ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kehidupan sehari-hari, terutama untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat kulit pisang untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Kulit Pisang
Gambar kulit pisang via lancasteronline.com

Manfaat Kulit Pisang

Berikut 11 manfaat kulit pisang untuk kesehatan:

1. Mengobati Kutil

Manfaat kulit pisang untuk kesehatan yaitu dapat digunakan untuk mengobati kutil. Anda dapat menggunakannya dengan cara menggosokkan kulit pisang pada bagian kutil secara lembut dan perlahan. Jangan menggosoknya secara untuk mencegah terjadinya iritasi. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Mengatasi Gatal-Gatal dan Masalah Kulit Lainnya

Masalah kulit seperti gatal-gatal, alergi, iritasi, dan sebagainya dapat diatasi dengan menggunakan kulit pisang. Untuk penggunaannya, tempelkan kulit buah pisang pada permukaan kulit yang bermasalah dan diamkan selama semalaman. Hal ini karena kulit pisang memiliki kandungan yang dapat menyingkirkan rasa gatal, iritasi, dan lain sebagainya.

3. Mengobati Luka Memar dan Mencegah Iritasi pada Kulit

Kulit pisang memiliki kandungan antioksidan serta berbagai mineral yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka memar serta mencegah iritasi pada kulit bagian luar. Untuk memperoleh manfaat ini, cukup dengan menempelkan kulit pisang pada kulit yang terluka, diamkan selama semalaman, lalu bilas dengan air mengalir hingga bersih.

4. Melindungi Mata dari Paparan Sinar Ultraviolet

Manfaat kulit pisang untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet yang berbahaya. Untuk penggunaannya, keringkan beberapa kulit pisang dengan cara menjemurnya terlebih dahulu selama kurang lebih satu jam. Kemudian gosokkan kulit pisang tersebut pada kelopak mata, dan diamkan selama kurang lebih sepuluh menit. Lakukanlah cara ini secara rutin sebelum mandi pagi.

5. Memperbaiki Suasana Hati

Terdapat sebuah penelitian yang menyatakan bahwa mengonsumsi kulit pisang yang diolah menjadi minuman jus kulit pisang sangat bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati. Kandungan Triptofan pada kulit pisang mampu memperbaiki suasana hati dengan cara menaikan kadar serotonin, sehingga dapat membantu mengontrol emosi.

6. Meredakan Sakit Kepala

Manfaat kulit pisang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala dan migren. Anda dapat menggunakannya dengan cara menghaluskan kulit pisang, kemudian terapkan pada bagian kepala dengan bantuan kain halus, biarkan selama kurang lebih 30 menit.

7. Mengobati Kulit Akibat Gigitan Serangga

Kulit pisang ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati kulit akibat gigitan serangga maupun nyamuk. Untuk penggunaannya, gosokkan kulit pisang bagian dalam pada permukaan kulit yang terkena gigitan nyamuk atau serangga secara berulang-ulang.

8. Menyembuhkan Psoriasis

Kulit pisang yang bersifat melembabkan kulit sekaligus dapat mengurangi rasa gatal pada kulit. Oleh karena itu, penggunaan kulit pisang merupakan salah satu cara cara yang efektif untuk mengatasi psoriasis yang Anda mungkin sedang Anda alami.

Artikel terkait: Manfaat Buah Pisang

Selain 8 manfaat dan khasiat kulit pisang untuk kesehatan yang telah disebutkan tersebut, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari kulit pisang yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari kulit pisang yang dapat Anda peroleh:

9. Digunakan Sebagai Pupuk Kompos

10. Mengkilapkan Benda yang Berbahan Kulit dan Perak

11. Mengatasi Gangguan Tidur Insomnia

Artikel terkait: Manfaat Jantung Pisang

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat kulit pisang untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Rambusa atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.