Rempah-Rempah

11 Khasiat Kencur untuk Kesehatan

Kencur merupakan salah satu jenis tanaman obat yang telah dikenal sejak lama karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, disamping kegunaannya yang biasa digunakan untuk bahan makanan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan membahas tentang berbagai manfaat kencur untuk kesehatan.

Kencur via kencur.org

Pada umumnya, kencur sering digunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Disamping hal tersebut, kencur juga bermanfaat untuk meredakan masuk angin, meredakan kaki yang keseleo, mengobati sakit maag, menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit, meredakan diare, penghilang rasa nyeri, meredakan sakit kepala, serta menjadi sumber antioksidan dan serat yang baik.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut, biasanya orang-orang akan mengolahnya menjadi minuman atau yang biasa Anda kenal sebagai jamu beras kencur. Baca juga artikel terkait manfaat jamu beras kencur untuk kesehatan.

Manfaat Kencur

Berikut 11 manfaat kencur bagi kesehatan :

1. Meredakan Perut Kembung dan Masuk Angin

Khasiat kencur dapat menjadi penghangat alami untuk tubuh. Oleh karena itu, kencur dapat digunakan untuk mengatasi perut kembung dan masuk angin. Untuk mengatasinya, Anda dapat ramuan yang terbuat dari air perasan dari parutan kencur yang ditambah dengan garam dan air hangat. Minumlah ramuan tersebut selama dua kali sehari.

2. Meredakan Kaki yang Terkilir atau Keseleo

Kencur juga dapat berfungsi untuk mengobati keseleo atau kaki yang terkilir. Hal ini dikarenakan kencur dapat berfungsi sebagai penghangat alami yang mampu merilekskan otot dan urat yang tegang akibat keseleo atau terkilir.

3. Sebagai Obat Batuk Berdahak

Kandungan yang terdapat dalam kencur mampu mengencerkan dahak sehingga membuat saluran pernapasan menjadi lebih lega. Untuk mendapatkan khasiat kencur sebagai obat batuk berdahak, Anda dapat membuat ramuan yang terbuat dari parutan kencur dicampur dengan segelas air hangat, lalu disaring. Anda dapat menambahkan sedikit garam lalu minumlah selama dua kali sehari.

4. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Terkait dengan obat batuk, tanaman obat ini juga dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan. Ramuan yang terbuat dari kencur hangat dapat membuat lega saluran pernapasan, termasuk dengan mengobati sakit tenggorokan.

5. Mengobati Sakit Maag

Khasiat kencur juga dapat digunakan untuk mengobati sakit maag. Seperti yang Anda ketahui, maag dapat mengganggu aktivitas Anda ketika sakit ini menyerang. Untuk mengatasi serta mencegah maag, Anda dapat membuat ramuan yang terbuat dari parutan kencur untuk memperoleh kondisi lambung yang lebih sehat, sehingga terhindar dari sakit maag.

6. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Bugar

Supaya Anda dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar, Anda perlu menjaga kesehatan tubuh Anda dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi kencur, yang dapat dijadikan alternatif alami untuk menjaga stamina tubuh Anda.

7. Meredakan Diare

Diare merupakan salah satu jenis penyakit yang ditandai dengan frekuensi buang air besar yang lebih sering. Hal tersebut tentu sangat merepotkan ketika Anda sedang dituntut untuk melakukan suatu pekerjaan. Untuk mengatasinya, Anda dapat membuat ramuan atau jamu yang terbuat dari kencur.

8. Sebagai Penghilang Rasa Nyeri

Salah satu tanaman obat yang disebut kencur ini mengandung minyat atsiri yang dapat digunakan sebagi obat penghilang rasa nyeri. Selain itu, pegal-pegal yang Anda rasakan juga dapat berkurang ketika Anda mengkonsumsinya secara teratur.

9. Meredakan Sakit Kepala

Manfaat kencur yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala ketika dikonsumsi secara rutin. Hal ini dikarenakan kencur mengandung suatu senyawa yang dapat berfungsi untuk menghilangkan rasa nyeri di kepala atau sakit kepala.

10. Sumber Antioksidan

Kencur mengandung antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Seperti yang telah diketahui, antioksidan dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan munculnya tumor dan kanker, serta berbagai penyakit berbahaya lainnya.

11. Sumber Serat

Kencur juga mengandung serat yang sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi masalah pada pencernaan. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi kencur ini dapat membantu Anda dalam memperoleh kesehatan pencernaan yang lebih baik, yang selanjutnya dapat mencegah sembelit dan ambeien.

Artikel terkait:

  • Manfaat Jahe untuk Kesehatan
  • Manfaat Kunyit untuk Kesehatan
  • Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa tanaman kencur memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kencur untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Daun Binahong atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

12 Manfaat Daun Keji Beling: Tanaman Serbaguna dengan Beragam Manfaat

Daun keji beling, secara ilmiah dikenal sebagai Strobilanthes crispus, adalah tanaman berdaun hijau tua yang…

9 Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Berjemur di pagi hari merupakan kebiasaan sederhana yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh…

11 Manfaat Niacinamide untuk Kesehatan Kulit Wajah

Niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3 atau nicotinamide, adalah bentuk vitamin B yang larut dalam…

10 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Menikmatinya

Buah lontar, yang berasal dari pohon Cocos nucifera var. lontar, merupakan buah yang kaya akan…

9 Manfaat Flimty Untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Flimty adalah produk suplemen makanan yang diformulasikan untuk membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu…

9 Manfaat Susu Pediasure Untuk Anak-Anak

Pediasure adalah merek susu nutrisi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Produk ini diformulasikan untuk memberikan…