Sayuran

11 Khasiat Kembang Kol untuk Kesehatan

Kembang kol atau bunga kol adalah salah satu sayuran yang diyakini berasal dari Asia Kuno dan telah mengalami banyak transformasi. Bentuk kembang kol mirip dengan brokoli, perbedannya yaitu pada kembang kol terdiri dari kepala bunga yang teratur dan padat. Berikut ini artikel mengenai beberapa manfaat kembang kol untuk kesehatan yang dapat diperoleh.

Kembang kol mengandung protein, tiamin, riboflavin, niasin, kalsium, besi, magnesium, fosfor, zinc, serat makanan, vitamin B6, dan masih banyak lagi. Kembang kol merupakan tumbuhan semusim dengan daur hidup berlangsung minimal empat bulan dan maksimal setahun.

Asal Usul Kembang Kol

Kembang kol populer di Eropa, khususnya di Perancis pada abad ke-16 dan pertama kali diperkenalkan di Amerika Utara pada akhir tahun 1600-an. Tiga varietas kembang kol digambarkan di Spanyol pada abad ke-12, dan selusin kultivar kembang kol telah dikenal sejak seratus tahun yang lalu.

Hingga saat ini, kembang kol telah dikenal di seluruh dunia termasuk Indonesia. Perlu diketahui pula bahwa India, Cina, Italia, Perancis, dan Amerika Serikat masih menjadi produsen utama kembang kol di seluruh dunia.

Manfaat Kembang Kol

Berikut 11 manfaat kembang kol bagi kesehatan :

1. Melindungi Sel-sel Tubuh

Kembang kol mengandung vitamin C, mangan, dan antioksidan lain yang membantu meningkatkan sel-sel tubuh. Kembang kol juga mengandung glucosinolates yaitu phytonutrients yang penting bagi tubuh karena merupakan zat yang dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

2. Kesehatan Kardiovaskular

Kembang kol mengandung vitamin K yang memiliki sifat anti-inflamasi. Mengkonsumsi kembang kol secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah yang sehat dan membantu menjaga pembuluh darah, yang dapat dikaitkan dengan kehadiran glucoraphanin.

Glucoraphanin diubah menjadi isothiocyanates yang mengaktifkan kegiatan anti-inflamasi dan mencegah akumulasi lipid dalam pembuluh darah. Hal ini dapat membantu aliran darah, yang akan mengurangi risiko kondisi seperti aterosklerosis dan meningkatkan kesehatan jantung.

3. Mencegah Hipertensi dan Gangguan Pembuluh Darah

Kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasi dari glucoraphanin dan sulforaphane yang ada dalam kembang kol dapat membantu mengurangi stres oksidatif. Selain itu, serat dan asam lemak omega-3 yang ada dalam kembang kol juga membantu mengurangi kolesterol jahat dan mencegah pengerasan pembuluh darah.

4. Keseimbangan Elektrolit

Kembang kol mengandung kalium, yang merupakan salah satu elektrolit utama dalam tubuh. Selain itu, adanya kandungan potasium dalam kembang kol akan membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh yang penting untuk fungsi sistem saraf dalam transmisi impuls saraf dan kontraksi otot.

5. Sistem Kekebalan Tubuh

Kembang kol kaya akan antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Seiring dengan komponen sehat lainnya, kehadiran vitamin C di dalamnya juga membantu dalam mencegah berbagai macam infeksi dan memperkuat mekanisme pertahanan tubuh dengan menghambat pertumbuhan peradangan penyebab penyakit.

6. Mencegah Obesitas

Studi telah mendukung fakta bahwa mengkonsumsi kembang kol dapat bermanfaat mencegah berbagai peradangan dan gangguan metabolik dalam tubuh. Kembang kol dapat memberi stimulasi thermogenesis yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat mencegah obesitas.

[ Artikel terkait : Manfaat Sayur Kubis ]

7. Baik untuk Wanita Hamil

Mengkonsumsi kembang kol pada saat hamil sangat bermanfaat karena mengandung folat esensial yang membantu perkembangan saraf bayi yang sehat. Selain itu, kembang kol juga memiliki berbagai vitamin lain dan mineral penting, termasuk serat yang dapat mendukung kesehatan secara keseluruhan.

8. Kesehatan Otak dan Saraf

Kembang kol mengandung kolin dan fosfor, yang keduanya efektif dalam memperbaiki membran sel. Hal tersebut sangat penting untuk fungsi kerja otak dan sistem saraf. Selain itu, kehadiran kalium dan vitamin B-6 pada kembang kol juga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan otak dan mendukung komunikasi yang tepat di saraf dengan memproduksi berbagai neurotransmitter yang dibutuhkan, termasuk dopamin dan norepinefrin.

9. Mencegah Diabetes

Mengkonsumsi kembang kol secara rutin juga dapat membantu mengurangi risiko diabetes karena kehadiran vitamin C dan kalium. Rendahnya tingkat kalium dalam tubuh akhirnya dapat meningkatkan kadar glukosa darah dan menimbulkan ancaman besar bagi penderita diabetes. Kandungan potasium dalam kembang kol turut pula membantu mengatur metabolisme glukosa.

10. Anti Inflamasi

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak dari kembang kol memberikan efek anti-inflamasi pada gejala kolitis ulseratif. Efek perlindungan ini dapat dikaitkan dengan adanya kandungan phenethyl isothiocyanate yang memberikan efek penyembuhan pada kerusakan yang terjadi di jaringan usus besar dan epitel usus.

11. Kesehatan Rambut dan Kulit

Kembang kol juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan kulit yang sehat, dikarenakan adanya kandungan sulfur dan silikon yang turut membantu proses peremajaan rambut dan kulit. Sehingga akan sangat menguntungkan apabila mengkonsumsi kembang kol secara tepat dan teratur.


Efek Samping Kembang Kol

1. Kembang kol kaya akan vitamin K, yang digunakan oleh tubuh untuk pembekuan darah normal. Hal ini dapat berinteraksi dan mengurangi efektivitas antikoagulan seperti warfarin dan coumadin yang diresepkan untuk mencegah pembekuan darah dalam tubuh. Jika sedang mengkonsumsi obat antikoagulan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahli medis sebelum mengkonsumsi kembang kol atau sayuran lain yang banyak mengandung vitamin K.

2. Kembang kol mengandung karbohidrat kompleks yang tidak bisa dipecah sepenuhnya dalam saluran pencernaan. Karbohidrat ini kadang-kadang dapat menyebabkan kembung dan pelepasan gas berbau seperti hidrogen dan karbondioksida.

3. Kembang kol juga mengandung purin yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin dapat menyebabkan terbentuknya asam urat dalam tubuh, sehingga dianjurkan untuk orang-orang dengan gangguan komplikasi untuk membatasi asupan makanan yang kaya akan purin seperti kembang kol.

4. Kembang kol dapat menyebabkan alergi bagi beberapa orang, hingga pada kasus yang serius dapat mendorong anafilaksis atau alergi parah. Tanda-tanda adanya gejala alergi, yaitu seperti pembengkakan di bagian tubuh tertentu, gatal, dyspnea, dan gangguan pernapasan.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kembang kol atau bunga kol memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kembang kol untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Teh Bunga Sepatu serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel manfaat kembang kol bagi kesehatan :

  • id.wikipedia.org/wiki/Kubis_bunga
  • www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable/health-benefits-of-cauliflower.html
  • www.cauliflowerrecipes.co.uk/the-history-of-cauliflower/
Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.