Sayuran

9 Khasiat Kecipir untuk Kesehatan & Efek Sampingnya

Kecipir (Psophocarpus tetragonolobus) merupakan tanaman merambat yang biasa dimanfaatkan sebagai sayuran. Selain merambat, tumbuhan ini juga membelit dan membentuk semak menahun. Dalam budidaya kecipir, biasanya tumbuhan ini diberi penyangga. Batangnya silidris, beruas-ruas, jarang mengayu, panjangnya hingga 4 meter, berakar banyak dengan akar samping yang panjang, menjalar datar dekat permukaan tanah dan sebagian diantaranya menebal membentuk umbi. Berikut artikel mengenai manfaat kecipir untuk kesehatan.

Di Indonesia, kecipir umumnya ditanam untuk diambil buahnya yang muda, yang beserta pusuk dan daun-daun yang muda biasanya direbus untuk dijadikan bahan kuliner. Para ahli berbeda pendapat mengenai asal usul kecipir terutama karena tidak didapati jenis liarnya, semua merupakan jenis yang telah dibudidayakan.

Keanekaragaman tertinggi kecipir didapati di Papua, wilayah perbukitan di timur laut India, serta wilayah Burma yang bertetangga, sehingga diduga wilayah-wilayah itu merupakan pusat-pusat domestikasinya. Kecipir banyak didapati di Asia Tenggara dan tanaman ini menyukai tanah yang baik serta mendapat sinar matahari yang cukup.

Pada tahun 1960-an kecipir dipromosikan secara internasional sebagai tanaman serbaguna. Kemudian pada tahun 1980 penelitian tentang kecipir sudah mulai berkembang terutama pada negara-negara berkembang. Berikut ini beberapa manfaat kecipir bagi kesehatan.

Manfaat Kecipir

Berikut 9 manfaat kecipir untuk kesehatan :

1. Mencegah Penuaan Dini

Kecipir kaya akan vitamin C dan Vitamin A. Kedua vitamin ini bekerja sebagai antioksidan yang dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti munculnya keriput dan garis-garis halus pada kulit.

2. Kesehatan Kulit

Tingginya antioksidan dalam kecipir baik untuk mempertahankan pertumbuhan dan kesehatan kulit, karena antioksidan akan melindungi kulit dari radikal bebas yang sangat berbahaya bagi kulit.

3. Sebagai Sumber Energi

Kecipir mengandung jumlah kalori yang cukup besar, dimana kalori sangat dibutuhkan untuk menggerakkan sistem organ tubuh. Sebanyak 100 gram porsi kecipir mengandung sekitar 49 kalori, dan apabila benih telah matang maka dalam setiap 100 gram mengandung sekitar 409 kalori.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti disebutkan sebelumnya, kecipir kaya akan vitamin C. Vitamin C ini akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan akan melindungi tubuh dari berbagai infeksi.

5. Mencegah Kerusakan DNA

Kecipir juga mengandung berbagai mineral penting, seperti zat besi, mangan, tembaga, kalsium, fosfor, magnesium serta vitamin A, yang bermanfaat mencegah kerusakan DNA.

6. Pertumbuhan Sel dan Jaringan Syaraf

Kecipir juga merupakan sumber folat yang merupakan komponen penting untuk pengembangan DNA. Folat sangat berperan dalam proses pengembangan sel, pertumbuhan dan pembentukan jaingan syaraf.

7. Menambah Stamina

Kecipir mengandung berbagai macam lemak jenuh, lemak jenuh tunggal, dan lemak tak jenuh ganda, yang semuanya bekerja sama untuk memberikan stamina tubuh sehingga bermanfaat bagi kesehatan.

8. Kesehatan Tulang

Kecipir kaya akan kalsium dan fosfor yang dapat memelihara kesehatan tulang  serta juga membantu menghasilkan energi pada mereka yang mengalami masalah tulang.

9. Membantu Pencernaan

Kecipir mengandung jenis gula fruktosa, glukosa, laktosa, sukrosa, galaktosa, dan maltosa. Beberapa jenis gula ini sangat penting untuk pertumbuhan bakteri probiotik dalam usus yang dapat membantu pencernaan makanan.


Efek Samping Kecipir

Tanaman kecipir sangat rentan terhadap penyakit jamur, virus, bakteri dan nematoda (cacing). Sehingga Anda harus ekstra berhati-hati jika ingin mengonsumsi kecipir.

Bagi wanita yang sedang hamil, bahaya kecipir juga dapat menyebabkan alergi bagi mereka yang mudah sensitif terhadap tanaman ini, sehingga sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter apabila ingin mengkonsumsi kecipir.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kecipir memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat sayur kecipir untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Biji Labu serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat kecipir untuk kesehatan :

  • id.m.wikipedia.org/wiki/Kecipir
  • www.glinus.com/2014/04/winged-bean-psophocarpus-tetragonolobus.html
  • www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-winged-beans-for-beauty-and-health/
Ringkasan
Judul Artikel
9 Manfaat Kecipir untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya - KhasiatSehat
Deskripsi
Kecipir merupakan tanaman merambat yang biasa dimanfaatkan sebagai sayuran dan memiliki banyak manfaat, berikut khasiat dan manfaat kecipir untuk kesehatan.
Penulis
Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.