11 Khasiat Kapulaga untuk Kesehatan

Kapulaga merupakan tanaman sejenis rempah-rempah yang dihasilkan dari biji beberapa tanaman. Kapulaga termasuk rempah-rempah yang mahal di dunia, setelah kunyit dan vanili. Kapulaga sering digunakan sebagai rempah-rempah (bumbu) untuk masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu atau obat tradisional. Berikut ini artikel mengenai beberapa manfaat kapulaga untuk kesehatan.

Manfaat Kapulaga

Asal Usul Kapulaga

Tanaman kapulaga diyakini berasal dari India dan diperkenalkan ke Guatemala oleh pengusaha perkebunan kopi asal Jerman, Oscar Majus Kloeffer, sebelum Perang Dunia I. Kini Guatemala menjadi penghasil kapulaga terbesar di dunia, diikuti oleh India. Beberapa negara seperti Sri Lanka dan Indonesia juga melakukan budidaya kapulaga.

Manfaat Kapulaga

Berikut 11 manfaat kapulaga bagi kesehatan :

1. Kesehatan Pencernaan dan Perut

Kapulaga kaya akan kandungan serat yang mampu mencegah sembelit. Selain itu, kandungan minyak atsiri pada kapulaga bermanfaat untuk mencegah gas di perut.

2. Sirkulasi Darah

Serat dan kalium yang terkandung dalam kapulaga hampir seimbang. Ada sekitar 28.0g serat atau 112% DV kalsium dan 383mg atau 38% DV, yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Disamping itu, serat dan potasium juga bekerja untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah pembekuan darah.

3. Membantu Mengobati Gastritis

Penyakit maag atau gastritis adalah kelainan fungsional dalam perut ditandai dengan berbagai gejala, seperti mulas atau kram di perut. Gastritis dapat disebabkan oleh faktor saraf, psikosomatis, kebiasaan makan atau sebagai akibat dari gaya hidup yang tidak teratur. Kapulaga mampu memberikan efek dingin pada perut yang bermanfaat untuk meredakan gastritis.

Baca juga : Manfaat Kayu Manis

4. Mencegah Osteoporosis

Adanya kandungan kalsium, vitamin D, vitamin C dan mangan pada kapulaga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis yang dapat menyebabkan kerusakan tulang.

5. Meredakan Sakit Otot

Kapulaga merupakan analgesik yang dapat meredakan nyeri otot dan kejang. Nyeri otot biasanya terjadi karena terlalu banyak melakukan kegiatan, cedera ketika olahraga atau terlalu banyak bekerja. Nyeri otot dapat dirasakan di bagian manapun karena hampir semua bagian dari tubuh memiliki jaringan otot.

6. Kesehatan Ginjal

Beberapa penelitian dilakukan untuk membuktikan khasiat kapulaga sebagai diuretik yang dapat membantu melindungi ginjal dari berbagai penyakit. Kemampuan diuretik ginjal juga berguna untuk mencegah penyakit nefritis, sistitis, serta penyakit lainnya yang berhubungan dengan saluran kemih.

7. Mencegah Kanker

Kapulaga mengandung IC3 (indole-3-carbinol) dan DIM (diindolylmethane). Kedua phytochemical dapat membantu mencegah kanker yang berhubungan dengan respon hormon seperti kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker prostat. Kapulaga juga mengandung antioksidan yang memberikan perlindungan dari efek radikal bebas yang bisa memicu kanker.

Baca juga : Manfaat Cengkeh

8. Mengobati Flu dan Batuk

Kapulaga juga dapat membantu mengatasi flu, batuk, bronkitis, dan asma dengan memberikan efek menenangkan dan hangat serta membantu mengencerkan lendir sehingga dapat mengurangi penyumbatan di hidung dan tenggorokan.

9. Mengatasi Bau Mulut

Di India, banyak yang terbiasa mengunyah kapulaga setelah makan atau setiap kali mereka merasa perlu untuk menyegarkan napas. Kapulaga memang merupakan salah satu solusi yang paling efektif untuk mengatasi halitosis (bau mulut). Bahkan kapulaga telah diolah menjadi permen karet yang mampu menghilangkan bau mulut yang paling tidak nyaman sekalipun.

10. Kesehatan Kulit dan Rambut

Vitamin, minyak esensial, dan antioksidan yang terkandung dalam kapulaga dapat mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Nutrisi ini juga menghambat pembentukan keriput, sehingga Anda akan terlihat awet muda. Disamping itu, vitamin C pada kapulaga sangat efektif untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Jerawat dan bintik-bintik hitam dapat dicegah dengan mengkonsumsi kapulaga dikarenakan kapulaga memiliki sifat anti-inflamasi yang menjaga kulit dari alergi. Kapulaga juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kepala yang bermanfaat untuk membuat rambut menjadi kuat, bersih dari ketombe, dan terlihat mengkilap.

11. Mengobati Gatal di Tenggorokan

Kapulaga sangat bermanfaat bagi penderita asma dan batuk rejan. Kapulaga juga mengandung spasmodik yang dapat mencegah kejang. Anda dapat membuat ramuan alami yang digunakan untuk mengobati gatal-gatal di tenggorokan dengan mencampurnya dengan madu alam.


Efek Samping Mengkonsumsi Kapulaga

1. Jika digunakan dalam waktu yang lama dan dalam jumlah besar, kapulaga mungkin dapat menyebabkan beberapa reaksi alergi. Beberapa orang mungkin juga mengalami gatal-gatal jika mereka sensitif terhadap kapulaga.

2. Mengkonsumsi kapulaga secara berlebihan dapat menyebabkan batu empedu karena sistem pencernaan kita gagal untuk menyerap kapulaga sepenuhnya, yang akhirnya mengarah pada pertumbuhan batu kandung empedu.

3. Beberapa obat dapat berinteraksi negatif dengan kapulaga dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Sehingga jika Anda sedang dalam masa penyembuhan penyakit atau sedang mengkonsumsi obat, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan ahli medis sebelum mengkonsumsi kapulaga.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kapulaga memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kapulaga untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kismis serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat kapulaga bagi kesehatan :

drhealthbenefits.com/herbal/herbal-spices/health-benefits-of-cardamom

www.stylecraze.com/articles/cardamom-side-effects/

id.wikipedia.org/wiki/Kapulaga