Sayuran

11 Khasiat Kacang Polong untuk Kesehatan

Kacang polong atau kacang ercis merupakan salah satu sayuran yang telah dibudidayakan sejak lama. Mengandung nutrisi yang kaya dan rendah kalori, membuat kacang polong menjadi makanan yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut artikel mengenai manfaat kacang polong untuk kesehatan.

Manfaat Kacang Polong

Berikut 11 manfaat kacang polong bagi kesehatan :

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kacang polong merupakan salah satu jenis makanan yang rendah lemak dan kalori. Oleh karena itu, kacang polong sering digunakan dalam menu diet. Kandungan serat yang tinggi pada kacang polong juga dapat membantu Anda merasa kenyang yang lebih lama sehingga dapat mencegah Anda dari mengemil makanan yang berlebihan.

2. Mencegah Kanker Lambung

Kacang polong memiliki antioksidan dan agen anti-inflamasi yang dapat menjaga tubuh Anda tetap sehat dan menurunkan risiko menderita kanker. Hal ini terutama karena adanya Coumestrol, yaitu senyawa polifenol, yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker lambung.

3. Kesehatan Jantung

Niacin yang hadir dalam kacang polong dapat mengurangi kolesterol jahat, yang bertanggung jawab terhadap berbagai penyakit jantung. Selain itu, kacang polong juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah pembuluh darah dan arteri yang tersumbat. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi kacang polong dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung.

4. Mencegah Sembelit

Ketika Anda mengalami sembelit, penting bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat untuk membantu memperlancar pencernaan. Mengenai hal ini, kacang polong kaya akan serat sehingga dapat membantu Anda meringankan sembelit. Terlepas dari ini, kacang polong juga dapat meningkatkan metabolisme sehingga membantu Anda dalam pencernaan yang lebih baik.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Vitamin K, nutrisi yang terkandung dalam kacang polong dapat membantu dalam penyerapan kalsium, sehingga membuatnya menjadi makanan yang ideal untuk meningkatkan kesehatan tulang Anda. Nutrisi seperti vitamin B1 dan asam folat yang ditemukan dalam kacang polong juga dapat membantu Anda mencegah osteoporosis.

6. Mencegah Penuaan Dini

Kehadiran antioksidan dalam kacang polong dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan juga menghilangkan racun yang berbahaya dari dalam tubuh. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi lebih banyak kacang polong dapat memperlambat dan mencegah tanda-tanda penuaan.

7. Membantu Mengurangi Depresi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Affective Disorders, orang-orang yang menderita depresi disarankan untuk makan makanan yang kaya antioksidan. Kacang polong sarat dengan antioksidan, sehingga dengan mengkonsumsi kacang polong merupakan langkah yang tepat untuk menangani perubahan suasana hati.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sebuah sistem kekebalan yang kuat dapat membuat tubuh Anda mampu melawan infeksi dan melindungi Anda terhadap berbagai penyakit. Kacang polong juga merupakan sumber yang baik dari vitamin C, sehingga dengan mengkonsumsi kacang polong dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

9. Mencegah Anemia dan Mengatasi Kelelahan

Kacang polong dikemas dengan zat besi, yaitu mineral yang dapat membantu Anda dalam mencegah anemia dan mengatasi kelelahan, terutama pada wanita. Juga, kandungan vitamin yang tinggi dalam sayuran ini dapat membantu Anda dalam mengurasi rasa lelah setelah menjalani hari yang melelahkan.

10. Mencegah Alzheimer dan Arthritis

Kacang polong dianggap sebagai sumber yang baik dari vitamin K. Vitamin K yang hadir dalam kacang polong dapat membantu Anda dalam mencegah penyakit serius seperti Alzheimer dan arthritis. Pada pasien yang menderita Alzheimer, mengkonsumsi kacang polong secara teratur dapat membatasi kerusakan saraf di otak.

11. Mengontrol Gula Darah

Kandungan serat dan protein yang tinggi dalam kacang polong dapat membuat proses pencernaan gula lebih lambat. Kacang polong tidak mengandung gula tambahan, dan karenanya memungkinkan terjadinya regulasi gula darah dalam tubuh. Kandungan protein dalam kacang ini juga memainkan peran penting dalam aktivitas ini.

Baca juga :


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kacang polong memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kacang polong untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Vitamin A serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat kacang polong untuk kesehatan :

www.realfoodforlife.com/10-health-benefits-of-peas/

www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-peas/#gref

www.thehealthsite.com/fitness/give-peas-a-chance-10-health-benefits-of-this-small-wonder/

image by : www.tuku.cn

Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.