Categories: Sayuran

8 Khasiat Kacang Panjang untuk Kesehatan

Kacang panjang merupakan tanaman tahunan yang berasal dari Asia Selatan, namun kini banyak dibudidayakan di Asia Tenggara, Cina Selatan, dan Thailand. Terlepas dari hal tersebut, kacang panjang dapat memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut artikel mengenai manfaat kacang panjang untuk kesehatan dan efek sampingnya.

Kacang panjang cukup populer dan banyak digemari di Indonesia karena memiliki rasa yang enak ketika diolah menjadi hidangan masakan atau sekedar menjadi lalapan. Berbagai hidangan yang bisa Anda nikmati dengan menggunakan kacang panjang yaitu pada pecel, tumis kacang panjang, hingga diolah menjadi sayuran berkuah.

Manfaat Kacang Panjang

Kacang panjang mengandung berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh sehingga dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut 8 manfaat kacang panjang bagi kesehatan :

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa mendapat asupan vitamin C yang cukup dapat mengurangi atau memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput. Vitamin C ini sangat penting untuk kulit, ligamen, pembuluh darah, dan tendon. Yang membuatnya dapat mempercepat proses penyembuhan (1).

2. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Asam Urat

Karena kaya akan vitamin C, kacang panjang juga dapat menurunkan risiko penyakit asam urat yang menyebabkan rasa sakit. Hal ini disebabkan karena adanya asam urat yang tinggi yang membentuk kristal pada persendian. Pada kasus ini, bagi orang-orang yang mendapatkan asupan vitamin C yang cukup dapat membantu dalam mengurangi risiko terkena penyakit asam urat (1).

3. Membersihkan Radikal Bebas dalam Tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam kacang panjang juga dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas, polutan, dan bahan kimia beracun lainnya. Dimana radikal bebas dapat menyebabkan berbagai kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, kanker, dan artritis (1).

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang panjang mengandung folat dapat membantu menurunkan homosistein, yaitu asam amino yang mengandung sulfur, yang dapat menyebabkan kemungkinan terjadi serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu dengan mendapat asupan folat yang cukup dapat membantu Anda dalam mengurangi kemungkinan terserang penyakit kardiovaskular (1).

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kekurangan magnesium merupakan salah satu penyebab gangguan tidur seperti cemas dan gelisah. Magnesium yang juga terkandung dalam kacang panjang sangat penting untuk fungsi asam gamma aminobutirat yang dapat membantu menenangkan otak dan meningkatkan relaksasi. Dengan begitu kacang panjang dapat membantu mengatasi gangguan tidur yang Anda alami secara efektif (1).

6. Baik untuk Ibu Hamil

Selama kehamilan, makanan yang kaya akan folat dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya cacat lahir pada bayi. Hal ini dikarenakan folat sangat penting untuk membentuk DNA dan pertumbuhan sel janin yang tepat, sehingga dapat menunjang kehamilan yang sehat (1).

7. Menjaga Kesehatan Mata

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tiamin yang terkandung dalam kacang panjang juga dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah masalah yang terkait dengan kesehatan mata seperti katarak dan glaukoma (1).

8. Membantu Menurunkan Kolesterol Jahat

Kacang panjang mengandung sejumlah besar serat larut dan serat tidak larut. Makanan yang kaya serat juga terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dengan menurunkan reabsorpsi asam empedu pengikat kolesterol di usus besar (2).

Artikel terkait :


Tips Memilih dan Menyimpan Kacang Panjang

Ketika Anda ingin beli kacang panjang di pasar tradisional maupun modern, pilihlah kacang panjang yang memiliki permukaannya halus, kencang tetapi fleksibel, berdaging, serta panjang. Hindari memilih kacang panjang yang terlalu matang, keras atau lembek atau kekuningan, karena mungkin saja kacang tersebut merupakan persediaan lama dan memiliki cita rasa yang kurang enak.

Untuk penyimpanan, Anda dapat menyimpannya ke dalam kulkas dengan dibungkus plastik terlebih dahulu, dengan kondisi kulkas yang diatur dengan kelembaban yang optimal sehingga kesegaran kacang panjang tersebut dapat bertahan lebih lama.


Peringatan dan Efek Samping Kacang Panjang

Kacang panjang termasuk ke dalam jenis polong-polongan, sehingga apabila Anda mempunya alergi terhadap polong-polongan lebih baik hindari mengkonsumsi kacang panjang untuk mencegah terjadinya gejala alergi. Gejala alergi tersebut berupa reaksi pada kulit, reaksi pada sistem pernafasan, dan lain-lain (2).


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa sayur kacang panjang memiliki banyak manfaat, terkhususnya 8 manfaat kacang panjang untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kacang Kapri serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat kacang panjang untuk kesehatan :

(1) www.healthbenefitstimes.com/yardlong-bean/

(2) www.nutrition-and-you.com/yard-long-beans.html

(3) www.vegetafruit.com/2014/10/health-benefits-of-long-bean-for-your.html

(4) id.wikipedia.org/wiki/Kacang_panjang

(5) image by : www.diynetwork.com

Share

Recent Posts

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com - Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh…

Jangan Dikupas! 8 Kulit Buah ini Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan

Tahukah Anda, bagian kulit buah tertentu ternyata mengandung zat gizi dan mineral yang lebih kaya…