Categories: Sayuran

7 Khasiat Kacang Kapri untuk Kesehatan

Kacang kapri termasuk ke dalam kelas sayuran yang dikenal sebagai polong-polongan. Dalam dunia kuliner di Indonesia sendiri, kacang kapri sering digunakan untuk masakan capcay, nasi goreng, sup, dan sayur kapri lainnya. Terlepas dari hal tersebut, kacang kapri dapat memberikan berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan Anda. Berikut artikel mengenai manfaat kacang kapri untuk kesehatan dan efek sampingnya.

Perbedaan Kacang Kapri dengan Kacang Polong

Pada umumnya, kacang kapri masih satu jenis dengan kacang polong atau kacang ercis. Meskipun begitu, masih terdapat perbedaan antara kacang kapri dengan kacang polong ini. Perbedaan tersebut bila dilihat dari segi kuliner adalah kacang kapri selalu dimakan polongnya, sedangkan kacang polong hanya digunakan bagian bijinya dan tidak menggunakan polongnya.

Manfaat Kacang Kapri

Berikut 7 manfaat kacang kapri bagi kesehatan :

1. Rendah Kalori dan Kaya akan Nutrisi

Kacang kapri memiliki kalori yang relatif sedikit bila dibandingkan dengan kacang polong hijau, karena 100 gram kacang kapri hanya mengandung 42 kalori. Meskipun begitu, kacang kapri mengandung vitamin, mineral, serta nutrisi lainnya yang tidak kalah banyak jika dibandingkan kacang-kacangan lainnya (1).

2. Vitamin B

Kacang kapri memiliki sejumlah vitamin B dalam jumlah yang sedang. Vitamin B dapat membantu dalam memecah protein, karbohidrat, dan lemak menjadi energi. Selain itu, vitamin B juga dapat membantu fungsi saraf dan meningkatkan produksi sel darah merah (2).

3. Mengandung Asam Folat yang Baik untuk Ibu Hamil

Kacang kapri yang masih segar merupakan sumber asam folat yang sangat baik. Dimana asam folat merupakan salah satu kelompok vitamin B kompleks, yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi DNA hingga membentuk sel darah merah. Beberapa studi menunjukkan bahwa makanan yang kaya akan folat sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk mencegah terjadinya cacat pada kelahiran bayi (1).

4. Vitamin K

Vitamin K yang terkandung dalam kacang kapri memiliki peran potensial dalam meningkatkan fungsi pertumbuhan massa tulang. Vitamin K ini juga memiliki peran pada penderita penyakit Alzheimer dengan membatasi terjadinya kerusakan neuron di otak (1).

5. Vitamin A

Kacang kapri segar juga mengandung vitamin A, yang diperlukan tubuh untuk menjaga selaput lendir, kulit, dan juga untuk fungsi penglihatan yang sehat. Mengkonsumsi makanan alami yang kaya akan flavonoid juga dapat membantu dalam melindungi beberapa jenis kanker (1).

6. Kaya Akan Serat

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda. Serat makanan tidak hanya dapat membantu untuk mengontrol kadar kolesterol dan glukosa darah, tetapi juga dapat membantu memberikan rasa kenyang yang lebih lama, yang bermanfaat untuk menjalani program diet dalam menurunkan maupun menjaga berat badan (2).

7. Berbagai Sumber Mineral

Zat besi dan mangan yang terkandung dalam kacang kapri memiliki fungsi yang spesifik dalam tubuh. Peran zat besi sangat penting untuk transportasi oksigen dan mangan dapat membantu dalam mengontrol gula darah, penyerapan kalsium, produksi hormon, dan fungsi saraf (2).

Artikel terkait kacang kapri :


Tips Memilih dan Menyimpan Kacang Kapri

Ketika Anda ingin beli kacang kapri di pasar atau supermarket, pilihlah kacang kapri yang masih berwarna hijau segar yang sedikit empuk. Hindari kacang kapri yang terlalu matang karena dapat memberikan cita rasa yang kurang enak, terdapat cacat, dan perhatikan perubahan warnanya.

Untuk penyimpanan, Anda dapat menyimpannya ke dalam kulkas dengan dibungkus plastik terlebih dahulu, dengan kondisi kulkas yang diatur dengan kelembaban yang relatif tinggi sehingga kesegaran kacang kapri tersebut dapat bertahan lebih lama.


Peringatan dan Efek Samping Kacang Kapri

Terdapat beberapa kasus dimana kacang kapri dapat menyebabkan gejala alergi pada sebagian individu, sehingga Anda perlu berhati-hati dalam mengkonsumsinya bila Anda memiliki alergi terhadap makanan tertentu. Disamping hal tersebut, kacang kapri pada umumnya aman untuk dikonsumsi.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kacang kapri memiliki banyak manfaat, terkhususnya 7 manfaat kacang kapri untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Jeruk Purut serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat kacang kapri untuk kesehatan :

(1) www.nutrition-and-you.com/snap-peas.html

(2) healthyeating.sfgate.com/sugar-snap-peas-good-1620.html

(3) nutrition1.knoji.com/health-benefits-of-snow-peas/

(4) id.wikipedia.org/wiki/Kapri

(5) image by : pousselananas.ca

Share

Recent Posts

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com - Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh…