8 Manfaat Kacang Hitam untuk Kesehatan

Kacang hitam sangat populer bagi vegetarian, karena ketika kacang hitam digabungkan dengan beras merah, maka akan membentuk sebuah protein lengkap. Nutrisi yang terkandung pada kacang hitam membuat kacang hitam kaya akan manfaat kesehatan. Manfaat kacang hitam untuk kesehatan meliputi pencegahan penyakit kardiovaskular hingga mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Mengkonsumsi kacang hitam juga dapat membantu kesehatan pencernaan dan kseimbangan kadar gula dalam tubuh. Berikut ini beberapa khasiat kacang hitam bagi kesehatan.

Asal Usul Kacang Hitam

Kacang hitam (Phaseolus vulgaris ‘Black turtle’) dipopulerkan oleh masakan Amerika Latin, dan dikenal dengan banyak nama yang berbeda di berbagai budaya di seluruh Amerika Selatan dan Tengah. Meskipun budidaya kacang hitam telah dilakukan dan dimasak selama ribuan tahun di Amerika Selatan, persebaran kacang hitam tidak menyeberangi Atlantik sampai tahun 1500-an di kapal penjelajah Eropa.

8 Manfaat Kacang Hitam untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Kacang Hitam

Berikut 8 manfaat kacang hitam bagi kesehatan :

1. Kesehatan Kardiovaskular

Kacang hitam memiliki konsentrasi tinggi akan serat larut yang telah terbukti dapat membantu menurunkan kolesterol darah. Serat larut menarik air dan berubah menjadi gel selama proses pencernaan, sedangkan serat tidak larut menambahkan massal untuk makanan dan membantu melewati sistem pencernaan lebih cepat.

Menurunkan kolesterol darah dapat mengurangi penebalan dinding arteri, yang pada gilirannya dapat mencegah serangan jantung dan stroke. Kacang hitam juga memiliki asam lemak omega-3 yang memiliki efek anti-hipertensi dengan meningkatkan aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi stres oksidatif pada sistem kardiovaskular secara keseluruhan.

2. Mencegah Kanker

Kacang hitam telah terbukti mengurangi risiko jenis kanker tertentu karena flavonoid yang terkandung di dalam biji. Kacang hitam mengandung 8 flavonoid yang tiga diantaranya adalah anthocyanin. Pada dasarnya flavonoid merupakan nutrisi yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh untuk melawan penyakit dan radikal bebas, sedangkan anthocyanin adalah pigmen yang dapat memiliki efek kuat pada tubuh, termasuk menghambat pertumbuhan pembuluh darah ke tumor atau kanker, memperlambat pertumbuhan sel berbahaya, dan meningkatkan kecepatan apoptosis (kematian sel) dalam sel kanker.

3. Kesehatan Pencernaan

Kacang hitam mengandung protein dan serat yang sangat tinggi. Protein dan serat membantu pergerakan makanan melalui saluran pencernaan, yang memungkinkan tubuh mendapatkan nutrisi yang telah hilang dan membuang limbah yang tidak berguna di dalam pencernaan. Disamping itu, kandungan serat larut dalam kacang hitam akan menyerap air ke dalam feses Anda, yang dapat mengurangi masalah sembelit.

4. Mengatur Gula Darah

Kacang hitam dapat mengatur pencernaan yang tidak merata yang dapat menyebabkan kadar gula darah tidak seimbang dalam tubuh. Serat dan protein dalam kacang hitam akan membantu pencernaan agar mengalir pada tingkat yang stabil, sehingga dapat mencegah penumpukan gula darah yang berbahaya dan bahkan fatal bagi mereka yang menderita diabetes.

[ Baca juga : Manfaat Kacang Kedelai ]

5. Detoksifikasi Sulfit

Penelitian telah menunjukkan bahwa kacang hitam mengandung molybdenum yang sangat tinggi, yaitu mineral langka yang jarang ditemukan dalam makanan. Sulfit adalah senyawa asam yang ditemukan dalam anggur, buah-buahan kering, dan beberapa sayuran, dan banyak orang yang sangat sensitif terhadap efeknya, seperti sakit kepala dan disorientasi.

Molybdenum yang ditemukan di dalam kacang hitam dapat melawan efek tersebut dan menetralkan efek negatif sehingga orang dapat menikmati makanan mereka lagi. Molybdenum juga membantu dalam produksi energi sel dan perkembangan sistem saraf.

6. Kesehatan Sistem Saraf

Kacang hitam dapat membantu menyediakan asam amino dan molybdenum yang diperlukan tubuh. Kacang hitam memiliki banyak vitamin dan mineral, terutama vitamin B9 atau asam folat. Asam folat penting dalam regulasi asam amino tertentu yang dibutuhkan sistem saraf.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan asam folat dapat menyebabkan peningkatan kadar homosistein yang dapat menyebabkan penyakit neurodegenerative seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

7. Kesehatan Janin

Manfaat lain dari asam folat yang terkandung dalam kacang hitam ialah perannya untuk melindungi bayi dalam kandungan. Tingkat asam folat dalam tubuh wanita merupakan elemen penting untuk perkembangan janin yang sehat dan normal, terutama untuk otak dan sumsum tulang belakang.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Asam folat dalam kacang hitam memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, banyak penyakit yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi kacang hitam secara teratur, seperti batuk dan pilek.


Efek Samping Kacang Hitam

Asam fitat yang melindungi benih dari perkecambahan dini dapat mengikat mineral umum seperti kalsium, magnesium, dan tembaga, sehingga mencegah penyerapan nutrisi dalam tubuh. Mineral yang terserap tersebut dapat membangun dan menyebabkan banyak kondisi berbahaya, seperti iritasi, gangguan pencernaan, gangguan hormonal dan gangguan fungsi otak. Oleh karena itu, sebelum mengkonsumsi kacang hitam pastikan bahwa kacang hitam direndam dalam air untuk menetralkan efek berbahaya dari asam fitat, kemudian baru dimasak dan dikonsumsi.

Kacang hitam mengandung gula kompleks yang disebut oligosakarida, dan tubuh manusia tidak menghasilkan enzim yang secara alami dapat menurunkan tingkat gula. Jadi selain menetralkan efek asam fitat, merendam biji kacang hitam dalam air dan memastikan bahwa biji telah matang juga dapat mengurangi jumlah oligosakarida dalam kacang sekaligus mengurangi semua bagian organik lain dari kacang hitam yang sulit dicerna atau diproses.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kacang hitam memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kacang hitam untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Daun Alpukat serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat kacang hitam untuk kesehatan :

  • www.organicfacts.net/health-benefits/cereal/health-benefits-of-black-beans.html
  • www.thealthbenefitsof.com/the-untold-health-benefits-of-black-bean/
One Comment