Kacang-Kacangan

11 Khasiat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Kacang hijau atau kacang ijo termasuk dalam suku polong-polongan yang memiliki beragam manfaat dan sebagai sumber bahan pangan yang berprotein nabati tinggi. Di Indonesia, kacang hijau menempati urutan ketiga setelah kacang kedelai dan kacang tanah sebagai tanaman pangan legum yang terpenting dan biasa diolah menjadi bubur kacang hijau. Berikut ini artikel mengenai beberapa manfaat kacang hijau untuk kesehatan yang dapat kita peroleh.

Asal Usul Kacang Hijau

Kacang hijau pertama kali ditemukan di India, dimana kacang hijau tumbuh sebagai tanaman liar. Bukti arkeologi menunjukkan bahwa kacang hijau yang tumbuh di peradaban Harappa di Punjab dan Haryana bagian India sudah ada sejak sekitar 4.500 tahun yang lalu.

Kacang hijau dibagi menjadi dua spesies yang berbeda, yaitu jenis yang tumbuh di India selatan dan jenis yang tumbuh di India utara. Kacang hijau dibudidayakan dan menyebar dari India ke China serta negara-negara lainnya di Asia Tenggara.

Sekitar abad ke-9 atau abad ke-10, kacang hijau juga dibudidayakan di Afrika, kemudian Eropa dan Amerika Serikat. Di Amerika Serikat, budidaya kacang hijau telah dilakukan sejak sekitar tahun 1830-an dan saat ini 75% dari 15-20 juta pon kacang hijau juga telah dikonsumsi diluar Amerika Serikat.

Manfaat Kacang Hijau

Berikut 11 manfaat kacang hijau bagi kesehatan :

1. Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2011 (dipublikasikan dalam Journal of Human and Experimental Toxicology) menemukan bahwa kacang hijau sangat efektif dalam menghambat oksidasi LDL (kolesterol jahat). Oksidasi LDL dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Kacang hijau memiliki kemampuan untuk mengatur kadar kolesterol karena adanya antioksidan yang dapat membuang radikal bebas, memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Kacang hijau juga memiliki kemampuan untuk menjaga arteri dan meningkatkan sirkulasi darah.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kacang hijau memiliki sifat anti-hipertensi yang berasal dari kandungan protein yang dikenal sebagai peptida. Hal ini akan membantu mengurangi konstriksi pembuluh darah yang dapat meningkatkan tekanan darah.

3. Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Tingginya kadar asam amino (oligosakarida dan polifenol) pada kacang hijau berperan sebagai kontributor antioksidan yang dapat melawan perkembangan kanker. Dalam studi klinis, kacang hijau menunjukkan aktivitas anti-tumor dan mampu melindungi kerusakan DNA dan mutasi sel yang berbahaya.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa kapasitas antioksidan kacang hijau berasal dari vitexin dan isovitexin, yaitu dua jenis flavonoid pelindung yang memiliki kemampuan untuk mengatasi radikal bebas penyebab kanker.

Baca juga : Manfaat Kacang Kedelai

4. Membantu Mencegah dan Mengobati Diabetes Tipe 2

Kadang hijau memiliki efek anti-diabetes yang signifikan dan secara alami dapat membantu mencegah atau mengobati kasus diabetes tipe 2. Kacang hijau dapat menurunkan glukosa darah, plasma C-peptida, glukagon, kolesterol total dan trigliserida, sehingga akan berguna bagi penderita diabetes tipe-2.

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kacang hijau mengandung berbagai fitonutrien yang dianggap sebagai anti-mikroba dan anti-inflamasi, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan melawan bakteri, virus, pilek, ruam, iritasi dan masalah kesehatan lainnya. Kacang hijau juga membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh.

6. Mencegah Obesitas dan Membantu Menurunkan Berat Badan

Kacang hijau kaya akan serat dan protein yang dapat menghasilkan dua kali lipat hormon kenyang yang disebut cholecystokinin. Oleh karena itu, mengkonsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu mengurangi asupan makanan dan membantu penurunan berat badan.

Baca juga : Manfaat Kacang Hitam

7. Mengurangi Gejala yang Berkaitan dengan PMS

Kacang hijau mengandung vitamin B, termasuk vitamin B6 dan folat, yang keduanya penting untuk mengendalikan fluktuasi hormon yang dapat menyebabkan gejala PMS. Vitamin B, folat dan magnesium berguna untuk menurunkan tingkat keparahan dan rasa sakit yang berkaitan dengan PMS, seperti kram, sakit kepala, perubahan suasana hati, kelelahan dan nyeri otot.

8. Kesehatan Pencernaan

Kacang hijau dianggap salah satu kacang yang paling mudah dicerna dan benar-benar dapat membantu detoksifikasi dalam beberapa kasus. Kacang hijau memiliki banyak manfaat untuk pencernaan karena kandungan serat yang tinggi yang dapat membantu mencegah gejala IBS (Irritable Bowel Syndrome), misalnya sembelit.

9. Kesehatan Kulit Kepala

Kandungan tembaga yang hadir dalam kacang hijau merupakan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Tembaga juga dapat membantu peran zat besi, kalsium dan magnesium yang ada dalam tubuh manusia.

10. Kesehatan Tulang

Kacang hijau dapat digunakan sebagai suplemen kalsium alami. Hal ini membuat kacang hijau dapat bermanfaat untuk mencegah masalah tulang , misalnya patah tulang atau masalah tulang lainnya yang berkaitan dengan usia.

11. Mencegah Penuaan Dini

Kacang hijau dapat berperan sebagai anti-penuaan yang sangat efektif, yaitu karena adanya kandungan tembaga yang dapat mengurangi keriput, bintik-bintik dan garis usia pada kulit. Mengkonsumsi kacang hijau secara teratur dapat membuat Anda terlihat lebih muda dari usia asli Anda.


Perhatian dan Efek Samping Mengkonsumsi Kacang Hijau

1. Kacang hijau harus dimasak hingga matang untuk menjaga nutrisi didalamnya. Selain itu bau khas kacang hijau dapat menyebabkan mual dan muntah setelah konsumsi apabila tidak dimasak hingga matang.

2. Kacang hijau tidak selalu cocok untuk segala jenis usia karena memiliki sifat dingin. Dianjurkan untuk berhati-hati dalam memasak dan mengkonsumsi kacang hijau, karena apabila dikonsumsi secara berlebihan akan dapat menyebabkan sakit perut, diare, lelah, nyeri dingin di punggung bawah dan kaki, gastritis kronis dan penyakit pencernaan lainnya.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kacang hijau ini memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kacang hijau untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Kacang Kola serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat kacang hijau untuk kesehatan :

id.wikipedia.org/wiki/Kacang_hijau

draxe.com/mung-beans-nutrition/

www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-mung-beans/

Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.