8 Khasiat Kacang Edamame untuk Kesehatan

Edamame adalah “kacang kedelai muda”, dimana tanaman ini dipanen lebih awal sebelum sepenuhnya matang dan mengeras. Edamame biasa direbus atau dikukus sebelum dikupas dan dimasak sebagai sayur atau lauk pauk. Selain itu, kacang edamame juga dapat menjadi camilan yang sehat dan renyah ketika kering. Edamame  juga sering menjadi menu makanan untuk vegetarian karena kandungan berbagai nutrisinya. Berikut artikel mengenai manfaat kacang edamame untuk kesehatan.

Manfaat Kacang Edamame

Kandungan Nutrisi Kacang Edamame

Kacang edamame atau kedelai edamame mengandung protein, serat, karbohidrat, berbagai asam amino, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, vitamin C, riboflavin, thiamin, niacin, asam pantotenat, vitamin B6, folat, vitamin E, dan memiliki kadar lemak dan gula yang rendah. Nutrisi-nutrisi inilah yang membantu dalam mempertahankan kesehatan dan mencegah berbagai risiko kesehatan.

Asal Usul Kacang Edamame

Istilah “edamame” berawal ketika biksu Jepang Nichiren menulis catatan terima kasih kepada jemaat karena “edamame” telah membuatnya meninggalkan kuil pada tahun 1275, kemudian pertama kali diakui di Amerika Serikat pada tahun 1855 ketika seorang petani mengungkapkan kesulitannya setelah panen.

Manfaat Kacang Edamame

Berikut 8 manfaat kacang edamame bagi kesehatan :

1. Kesehatan Kulit

Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang rentan terhadap kerusakan akibat kondisi eksternal, seperti cuaca dan obat-obatan, sehingga perlu perawatan yang tepat. Asupan edamame yang mengandung antioksidan dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan memperbaiki sel kulit yang rusak. Edamame juga mengandung isoflavon yang bermanfaat mengatasi perubahan kulit yang berkaitan dengan usia.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin dan antioksidan dalam edamame dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sebuah sistem kekebalan tubuh yang sehat diperlukan bagi tubuh untuk melindungi diri terhadap mikroorganisme yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

3. Kesehatan Tulang

Edamame mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin E, dan nutrisi lain yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang. Mengkonsumsi edamame dapat membantu memperkuat tulang dan mempertahankan kepadatan tulang. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa edamame dapat mengurangi risiko patah tulang, terutama pada wanita pascamenopause.

4. Kesehatan Paru-Paru

Edamame juga mengandung genistein yang bermanfaat membantu dalam meningkatkan fungsi paru-paru dan membantu mengobati pasien yang menderita asma.

Baca juga : Manfaat Kacang Kedelai

5. Mengontrol Berat Badan

Edamame memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah kalori, sehingga membuat edamame menjadi makanan ringan yang ideal untuk mengatur berat badan.

6. Kesehatan Pencernaan

Edamame kaya akan serat yang membantu mencegah sembelit dan kembung. Selain itu, kandungan serat pada edamame juga berperan meningkatkan kelancaran sistem pencernaan.

7. Anti-kanker dan Anti-tumor

Suatu penelitian telah menyebutkan bahwa edamame memiliki sifat anti-kanker. Selain itu, ekstrak kedelai dapat secara signifikan mengurangi pertumbuhan tumor dan memiliki potensi untuk menghambat pertumbuhan tumor.

8. Kesehatan Kardiovaskular

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006 menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang berasal dari kedelai, termasuk edamame dapat meningkatkan kontrol kadar insulin dan glukosa darah sehingga akan meningkatkan kesehatan organ kardiovaskular.


Efek Samping Mengkonsumsi Kacang Edamame

Meskipun edamame memiliki banyak manfaat kesehatan, akan tetapi kacang-kacangan kaya nutrisi ini tidak sepenuhnya aman bagi semua orang. Beberapa orang mungkin akan mengalami alergi ketika mengkonsumsi kacang-kacangan dan dapat memicu sejumlah gejala yang tidak menyenangkan, termasuk sakit perut, pusing, gatal-gatal, gatal, sesak napas dan bahkan anafilaksis dalam kasus yang ekstrim.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa edamame memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kacang edamame untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Artichoke serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat edamame untuk kesehatan :

en.wikipedia.org/wiki/Edamame

www.trimdownclub.com/what-is-edamame/

healthyeating.sfgate.com/health-effects-edamame-soybeans-3657.html

www.organicfacts.net/health-benefits/edamame.html

2 Comments