Categories: Kacang-Kacangan

7 Khasiat Kacang Arab untuk Kesehatan

Kacang arab, juga disebut sebagai chickpea di luar negeri, termasuk dalam keluarga kacang-kacangan yang kaya akan kandungan protein dan serat, serta mengandung beberapa vitamin dan mineral yang juga dikenal sangat baik untuk kesehatan manusia. Dan pada artikel ini akan membahas tentang apa saja manfaat kacang arab untuk kesehatan, jenis-jenis kacang polong, serta efek sampingnya.

Kacang arab merupakan sejenis kacang polong yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Berbagai manfaat kacang arab tersebut termasuk dapat membantu menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan kulit, kesehatan tulang, kesehatan jantung, mencegah kanker, membantu menurunkan berat badan, serta meningkatkan kesehatan pencernaan yang akan dijelaskan secara lebih rinci pada berikut ini.

Manfaat Kacang Arab

Berikut 7 manfaat kacang arab bagi kesehatan :

1. Membantu Menurunkan Kolesterol

Dengan mengkonsumsi kacang arab dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan akan serat harian Anda. Kacang arab juga mengandung serat larut dan serat tidak larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) (1).

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Kacang arab dapat bertindak seperti sunblock atau tabir surya alami, dengan kadar nutrisinya yang tinggi seperti mangan. Sebanyak satu cangkir kacang arab yang dimasak mengandung sekitar 85 persen nilai harian mineral Anda, yang dapat berfungsi sebagai antioksidan pada sel kulit. Hal ini dapat melindungi Anda dari kerusakan kulit yang disebabkan akibat sinar UV (1).

3. Kesehatan Tulang

Kandungan zat besi, fosfat, kalsium, magnesium, mangan, seng, dan vitamin K yang terkandung dalam kacang arab semuanya berkontribusi untuk membangun dan menjaga struktur dan kekuatan tulang. Meskipun fosfat dan kalsium keduanya penting dalam struktur tulang, keseimbangan kedua mineral tersebut perlu dilakukan untuk mineralisasi tulang yang tepat (2).

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, potasium, vitamin C, dan vitamin B6 pada kacang arab dapat menunjang kesehatan jantung. Kacang arab juga mengandung serat yang cukup signifikan, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung (2).

5. Mencegah Kanker

Selenium yang terkandung dalam kacang arab memiliki peran dalam fungsi enzim hati, dan membantu mendetoksifikasi beberapa senyawa penyebab kanker di dalam tubuh. Selain itu, selenium dapat mencegah peradangan dan juga menurunkan tingkat pertumbuhan tumor.

Kacang arab mengandung folat, yang berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA, sehingga mencegah terbentuknya sel kanker akibat dari mutasi DNA. Saponin, yang merupakan fitokimia yang terkandung dalam kacang arab, dapat membantu mencegah sel kanker berkembang biak dan menyebar ke seluruh tubuh.

Selain itu, asupan serat yang tingi dari kacang arab telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kolorektal. Serta vitamin C yang dapat berfungsi sebagai antioksidan yang kuat dan dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas (2).

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kacang arab tinggi akan protein dan serat, yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mencegah perasaan ingin ngemil terhadap makanan yang kurang sehat (3). Karena kacang arab rendah kalori namun tinggi akan serat dan protein, kacang arab dapat menjadi makanan yang ideal bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

7. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat yang terkandung dalam kacang arab dapat meningkatkan fungsi pencernaan yang lebih sehat sehingga dapat mencegah sembelit dan gejala Irritable bowel syndrome (IBS). Serat juga dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH dan bakteri dalam usus, dengan meningkatkan bakteri sehat sekaligus bakteri yang tidak sehat (3).

Baca juga artikel lain terkait kacang-kacangan, seperti :


Jenis Kacang Arab

Beberapa jenis kacang arab telah banyak dibudidayakan di seluruh dunia. Namun yang paling umum adalah kacang arab jenis desi dan kabuli (5).

Desi

Kacang arab jenis desi memiliki ukuran yang lebih kecil, berwarna lebih gelap, dan lapisan kulit yang kasar. Sebagian besar jenis ini ditanam di India, Etiopia, Meksiko, dan juga Iran.

Kabuli

Kacang arab jenis kabuli memiliki warna yang lebih terang, ukuran lebih besar, dan dengan lapisan kulit yang lebih halus. Umumnya, jenis ini tumbuh di Mediterania, Eropa Selatan, Afrika Utara, Amerika Selatan, dan benua India.


Peringatan dan Efek Samping Kacang Arab

Beberapa orang memiliki kemungkinan dapat mengalami ketidaknyamanan pada sistem pencernaan ketika mengkonsumsi kacang arab, hal ini karena kandungan serat dan patinya yang cukup tinggi. Jika hal ini terjadi pada Anda, cobalah siapkan kacang arab (bentuk kering) dan rendam selama semalam terlebih dahulu. Hal ini dapat membantu mengurangi senyawa tertentu yang dapat menyebabkan masalah pencernaan, termasuk kembung atau perut bergas (3).


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kacang arab atau chickpea memiliki banyak manfaat, terkhususnya 7 manfaat kacang arab untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Granola serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat kacang arab untuk kesehatan :

(1) www.healthfitnessrevolution.com/top-10-health-benefits-chickpeas-garbanzo-beans/

(2) www.medicalnewstoday.com/articles/280244.php

(3) draxe.com/chickpeas-nutrition/

(4) healthyeating.sfgate.com/nutrients-benefits-chick-peas-garbanzo-beans-7490.html

(5) en.wikipedia.org/wiki/Chickpea

(6) image by : www.maureenabood.com

Recent Posts

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com - Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh…