16 Khasiat Kacang Almond untuk Kesehatan

Kacang almond sangat kaya akan nutrisi-nurisi yang penting bagi tubuh, antara lain sumber vitamin E, kalsium, fosfor, besi dan magnesium. Selain itu, kacang almond juga mengandung zinc, selenium, tembaga dan niacin. Dibandingkan dengan semua kacang lainnya, kacang almond merupakan kacang yang paling banyak mengandung komponen-komponen menguntungkan. Berikut artikel mengenai manfaat kacang almond bagi kesehatan.

Asal Usul Almond

Almond berasal dari wilayah iklim Mediterania Timur Tengah, ke arah timur sejauh Sungai Yamuna di India. Di Iran, India, Pakistan, Afghanistan, Azerbaijan dan negara-negara Asia Tengah lainnya almond dikenal sebagai Badam. Almond disebarkan oleh manusia di zaman kuno di sepanjang pantai Mediterania ke Afrika Utara dan Eropa Selatan, dan baru disebarkan ke daerah-daerah lain terutama California, Amerika Serikat.

16 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Kacang Almond

Berikut 16 manfaat kacang almond untuk kesehatan

1. Kesehatan Otak Manusia

Almond merupakan sumber dari banyak nutrisi yang membantu dalam pengembangan dan kesehatan otak manusia. Almond mengandung dua nutrisi yang penting untuk otak, yaitu riboflavin dan L-carnitine yang berfungsi meningkatkan aktivitas otak, sehingga memperlancar jalur saraf dan menurunkan risiko penyakit alzheimer. Penelitian telah menunjukkan bahwa almond dan minyak almond, adalah nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan sistem saraf secara keseluruhan.

2. Mengontrol Tingkat Kolesterol

Mengkonsumsi almond secara teratur dapat membantu meningkatkan tingkat HDL dan tingkat LDL. Keseimbangan ini sangat penting untuk tingkat kolesterol yang sehat.

3. Kesehatan Tulang

Almond merupakan sumber vitamin, mineral, dan fosfor. Fosfor sangat berperan untuk meningkatkan daya tahan tulang dan gigi, serta dapat mencegah timbulnya penyakit terkait usia seperti osteoporosis.

4. Kesehatan Jantung

Vitamin E dan magnesium yang terkandung dalam almond berperan dalam kesehatan jantung. Vitamin E adalah antioksidan yang efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung, sedangkan magnesium dalam almond dapat membantu menghindari serangan jantung.

5. Memperbaiki Fungsi Pembuluh Darah

Almond membantu mengurangi keberadaan dan dampak protein C-reaktif yang dapat menyebabkan peradangan arteri yang merusak. Almond juga merupakan sumber asam folat, oleh karenanya almond juga membantu mengurangi tingkat homocysteine yang menyebabkan penumpukan plak lemak dalam arteri. Selain itu, flavonoid dalam kulit almond berfungsi untuk menggabungkan vitamin E yang mencegah kerusakan dinding arteri.

6. Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh memiliki banyak komponen, termasuk sistem alkalinitas. Almond merupakan sumber alkali yang meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh, serta mencegah penyakit dan menghadapi berbagai kondisi kesehatan.

7. Melindungi dari Radikal Bebas

Almond juga memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Vitamin E termasuk antioksidan kuatyang berfungsi mencari dan menghilangkan semua radikal bebas berbahaya dalam tubuh.

8. Perawatan Kulit

Manfaat almond dalam hal kesehatan kulit sudah banyak dikenal, begitu pula dengan pijat minyak almond yang sering direkomendasikan untuk bayi yang baru lahir. Susu almond juga dapat ditambahkan ke beberapa jenis sabun, karena almond diyakini dapat meningkatkan corak kulit.

9. Anti-Peradangan

Almond memiliki dua asam lemak yang sangat penting, yaitu linoleat dan asam linolenat. Asam-asam lemak tersebut membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Asam lemak juga membantu mengurangi kadar kolesterol “jahat” (LDL).

10. Mengatur Tekanan Darah

Kalium yang terkandung dalam almond dapat membantu mengatur tekanan darah. Selain itu almond juga mengandung sodium yang sangat rendah, hal ini akan membantu mengontrol fluktuasi tekanan darah.

11. Meningkatkan Energi

Kehadiran mangan, tembaga dan Riboflavin dalam almond membantu dalam produksi energi dan meningkatkan metabolisme. Jika Anda sedang bepergian, segenggam almond bisa menjadi pengganti kalori atau lemak.

12. Pencegah Kanker

Almond dapat meningkatkan pergerakan makanan melalui usus besar, sehingga dapat mencegah kanker usus besar. National Cancer Center telah melakukan penelitian tentang hubungan serat dalam almond yang dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

13. Melindungi dari Diabetes

Almond berfungsi membantu mengatur penyerapan dan pengolahan glukosa. Selain itu, almond juga membantu untuk mengurangi kenaikan reaksioner kadar glukosa dan insulin. Hal inilah yang menjadi fungsi penting almond bagi penderita diabetes.

14. Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang almond untuk ibu hamil. Almond mengandung asam folat, yang membantu mengurangi kejadian cacat lahir pada bayi yang baru lahir. Hal ini juga dapat merangsang pertumbuhan sel sehat dan pembentukan jaringan. Dokter sering menyarankan untuk mengkonsumsi suplemen asam folat bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi.

15. Menurunkan Berat Badan

Lemak mono-unsaturated yang terkandung dalam almond dapat memenuhi nafsu makan dan mencegah makan yang berlebihan. Penelitian telah mengungkapkan bahwa, diet rendah kalori yang kaya almond baik untuk orang gemuk untuk membantu menurunkan kelebihan berat badan mereka.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang secara teratur mengkonsumsi almond (setidaknya dua kali seminggu) jauh lebih mungkin untuk tetap memiliki berat badan ideal mereka, daripada mereka yang jarang atau tidak pernah mengkonsumsi almond.

16. Mencegah Sembelit

Almond kaya serat, dan seperti kebanyakan makanan kaya serat lainnya, almond membantu mencegah sembelit. Jumlah serat dalam 4 atau 5 almond cukup untuk menjaga gerakan pencernaan dan usus Anda secara teratur.


Efek Samping Mengkonsumsi Almond

Almond juga mengandung oksalat, sehingga apabila mengkonsumsi almond secara beelebihan dapat menyebabkan kristalisasi, yang dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Pada beberapa kasus terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung oksalat dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Bagi Anda yang memiliki gangguan ginjal atau kandung empedu hendaknya tidak mengkonsumsi almond. Akan tetapi jika memang sangat ingin mengkonsumsinya, dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kacang almond memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kacang almond untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Umbi Talas serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat kacang almond :

  • www.organicfacts.net/health-benefits/seed-and-nut/health-benefits-of-almonds.html
  • en.wikipedia.org/wiki/Almond
  • id.wikipedia.org/wiki/Badam
2 Comments