10 Khasiat Jeruk Purut untuk Kesehatan

Jeruk purut, bisa juga disebut sebagai jeruk limau atau jeruk limo, merupakan salah satu buah-buahan tropis yang berasal dari berbagai daerah di Asia, termasuk Indonesia. Selain digunakan dalam dunia kuliner, jeruk purut juga dapat digunakan dalam dunia pengobatan herbal, karena kandungan senyawa organiknya yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Dan pada artikel kali ini akan membahas tentang berbagai manfaat jeruk purut untuk kesehatan dan efek sampingnya.

Manfaat Jeruk Purut

Minyak yang diekstraksi dari daunnya, begitu pula daun jeruk purut itu sendiri, dapat digunakan untuk keperluan pengobatan. Minyaknya sering dicampur ke dalam sampo, sabun, salep, aromaterapi, dan produk kosmetik lainnya, sedangkan daunnya dapat digunakan untuk dioleskan pada bagian luar tubuh untuk mendapatkan khasiatnya (3).

Manfaat Jeruk Purut

Berikut 10 manfaat jeruk purut bagi kesehatan :

1. Menjaga Kesehatan Mulut

Salah satu manfaat jeruk purut yang paling penting adalah kemampuannya untuk melindungi kesehatan gusi dan gigi Anda. Daunnya memiliki sifat antibakteri dan bila digosok pada bagian gusi dapat memberikan perlindungan dari masalah gusi dengan mencegah infeksi bakteri.

Aroma daun jeruk purut dapat meningkatkan produksi air liur di mulut, yang dapat membantu dalam menghilangkan sisa-sisa makanan dari mulut dan di antara gigi. Karena efek yang bermanfaat ini, minyak esensial yang diperoleh dari jeruk purut ini sering digunakan pada pasta gigi dan obat kumur (1).

2. Kesehatan Sistem Pencernaan

Di Thailang, jeruk purut digunakan sebagai obat tradisional atau obat herbal untuk menyembuhkan gangguan pencernaan dan masalah pencernaan lainnya. Hal ini dikarenakan jeruk purut mengandung banyak senyawa yang memiliki sifat anti inflamasi, yang dapat membantu mencegah peradangan pada sistem pencernaan.

Rebusan daun jeruk purut dapat digunakan untuk merangsang buang air besar secara teratur, sehingga dapat menjadi obat yang efektif untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. Selain itu jeruk ini juga bermanfaat dalam mencegah penyakit tertentu yang berkaitan dengan sistem pencernaan (1).

3. Menghilangkan Racun dalam Darah (Detoksifikasi)

Minyak yang diperoleh dari ekstrak jeruk purut dapat bertindak sebagai agen detoksifikasi darah yang sangat baik. Ekstrak jeruk purut ini sering dikombinasikan dengan berbagai decoctions (jamu-jamuan yang direbus) dan biasa dikonsumsi oleh orang-orang yang menderita gangguan darah yang terkait. Dengan manfaat detoksifikasi inilah, jeruk purut dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan (1).

4. Membantu Mencegah Penuaan Dini

Ekstrak dan jus yang terbuat dari jeruk purut sering digunakan di banyak produk perawatan kulit karena memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Senyawa ini membantu menetralkan efek berbahaya dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini seperti keriput dan garis halus (1).

5. Kesehatan Kulit Secara Keseluruhan

Jeruk purut mengandung vitamin C yang selain berfungsi sebagai antioksidan kuat, juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat meningkatkan elastisitas kulit. Penggunaan jeruk limau secara teratur dapat membantu Anda dalam memperoleh kondisi kulit yang lebih halus, kenyal, dan terlihat lebih muda.

Selain itu, jeruk purut memiliki sifat astringent dan dapat digunakan sebagai obat dan mencegah timbulnya jerawat. Sabun badan yang mengandung jeruk purut juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membersihkan kulit Anda dan memberikan aroma yang segar (1).

6. Menjaga Kesehatan Rambut

Di Thailand, obat tradisional yang menggunakan jeruk purut dapat digunakan sebagai shampo untuk mengatasi ketombe dan rambut rontok. Hal ini dapat mencegah pertumbuhan mikroba yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit kepala, dengan demikian dapat melindungi kesehatan rambut Anda dan mendorong pertumbuhan rambut yang lebih sehat (1).

7. Mengurangi Rasa Sakit Akibat Peradangan

Jeruk purut memiliki khasiat anti inflamasi yang manjur, yang membuatnya dapat menjadi obat yang efektif untuk mengobati kondisi inflamasi atau peradangan seperti asam urat, rematik, dan lain-lain. Selain itu, sifat anti inflamasi atau peradangan pada jeruk purut juga dapat bermanfaat untuk mengobati sakit kepala dan migrain (1).

8. Dapat Digunakan Sebagai Penghilang Stres

Minyak esensial yang diperoleh dari jeruk purut sering digunakan dalam aromaterapi karena memiliki aroma yang menyenangkan dan menenangkan. Dengan menghirup aroma dari jeruk purut dapat memberikan efek menenangkan yang dapat membantu mengatasi stres dan masalah mental lainnya seperti kegelisahan dan depresi (1).

9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jeruk purut mengandung fitokimia aktif yang memiliki kemampuan untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit. Hal ini dikarenakan jeruk purut kaya akan vitamin C, yaitu nutrisi penting yang berperan besar dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh (1).

10. Dapat Digunakan untuk Mengusir Nyamuk

Beberapa senyawa yang terkandung dalam jeruk purut dapat berguna untuk mengusir nyamuk dan serangga. Oleh karena itu dengan menerapkan lotion atau salep yang terbuat dari jeruk purut pada kulit dapat membantu nyamuk dan gigitan serangga lainnya (1).

Artikel terkait buah jeruk :


Peringatan dan Efek Samping Jeruk Purut

Jika Anda ingin menggunakan minyak jeruk purut (minyak atsiri) yang diekstraksi, tidak disarankan untuk dikonsumsi secara langsung, karena dapat menyebabkan mual, muntah, pusing, dan efek samping yang tidak menyenangkan lainnya (2).


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah jeruk memiliki banyak manfaat, terkhususnya 10 manfaat jeruk purut untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Langsat serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat jeruk purut untuk kesehatan :

(1) www.valuefood.info/2874/9-amazing-benefits-of-kaffir-lime-zest-leaf/

(2) www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/kaffir-lime.html

(3) www.wellbeingart.com/9-health-benefits-kaffir-limes/

(4) id.wikipedia.org/wiki/Jeruk_purut

(5) image by : www.waimeanurseries.co.nz