17 Khasiat Ikan Salmon untuk Kesehatan

Salmon merupakan ikan dari genus Salmo dan Oncorhynchus yang berasal dari Salmo Latin, yang kemudian menjadi Samoun dalam bahasa Inggris Tengah. Banyak suku asli Amerika yang sangat bergantung pada salmon untuk diet mereka. Ikan salmon banyak ditemukan di pantai Timur dan Barat Amerika. Berikut artikel mengenai manfaat ikan salmon untuk kesehatan.

Manfaat Ikan Salmon

Pada tahun 1840 New England merupakan negara pertama yang mulai mengemas ikan salmon dengan pengalengan. Ada delapan spesies ikan salmon di perairan Amerika Utara dan lima di perairan Pasifik. Di seluruh dunia, produksi salmon komersial melebihi satu miliar pound per tahun, dengan sekitar tujuh puluh persen berasal dari budidaya peternakan salmon.

Ikan salmon dianggap sebagai salah satu makanan sehat dan paling bergizi di dunia karena ikan salmon kaya nutrisi serta bermanfaat bagi kesehatan manusia. Ada banyak jenis ikan salmon yang tidak hanya lezat tetapi juga dianggap sebagai makanan berkelanjutan sehingga tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mengkonsumsi ikan salmon. Berikut ini beberapa manfaat ikan salmon bagi kesehatan.

Manfaat Ikan Salmon

Berikut 17 khasiat dan manfaat ikan salmon bagi kesehatan :

1. Kesehatan Tulang

Kombinasi asam lemak omega 3 dan protein kalsitonin yang terkandung dalam ikan salmon telah terbukti dapat meningkatkan kekuatan tulang.Selain itu, ikan salmon yang juga merupakan kaya akan mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor dan selenium yang baik untuk kesehatan tulang dan mencegah segala macam masalah tulang.

2. Membantu Mengurangi Depresi

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam ikan salmon seperti vitamin A, vitamin D dan kemudian dikombinasikan dengan asam lemak omega 3 membuat ikan salmon memiliki efek antidepresan.

3. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Serangan jantung disebabkan ketika jantung dipaksa keras untuk menghasilkan darah karena arteri mengeras. Mineral dan asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan salmon dapat mempertahankan pembuluh darah untuk menghindari plak yang dapat menyebabkan serangan jantung.

4. Mengurangi Risiko Stroke

Ikan salmon kaya asam lemak omega 3 dan zat besi yang memberikan kontribusi dalam menghilangkan plak dari pembuluh darah dan meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga dapat mengurangi risiko stroke.

5. Mengontrol Kolesterol

Asam lemak omega 3 dapat membantu dalam mengoptimalkan produksi HDL atau kolesterol baik dan mengontrol jumlah kelebihan LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Baik Untuk Wanita Hamil

Selama kehamilan wanita harus memastikan bahwa semua nutrisi untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu. Ikan salmon tidak hanya baik untuk perkembangan janin, akan tetapi vitamin dan mineral yang terkandung pada ikan salmon juga baik untuk menjaga stamina ibu selama dan setelah kehamilan.

7. Meningkatkan Kualitas Memori

Asam lemak omega 3 pada ikan salmon juga baik untuk meningkatkan memori. Beberapa penelitian yang dilakukan untuk beberapa anak yang ibunya memberikan mereka ikan salmon secara teratur dibandingkan dengan kelompok lain dari anak-anak yang tidak mengkonsumsi ikan salmon menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan. Anak-anak yang mengkonsumsi ikan salmon secara teratur memiliki memori yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

8. Mencegah Penyakit Alzheimer dan Parkinson

Mengkonsumsi asam lemak omega 3 dapat membantu dalam mencegah Alzheimer serta Parkinson. FDA dan DHA ditemukan dalam ikan salmon memiliki peran penting dalam meningkatkan fungsi otak.

Baca juga : Manfaat Ikan Teri

9. Melindungi Sistem Saraf

Asam lemak omega 3, DHA, FTA dan beberapa mineral yang ditemukan dalam ikan salmon memiliki kontribusi besar dalam memastikan perkembangan optimal sistem saraf.

10. Mengurangi Risiko Kanker

Ikan salmon tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral, tetapi juga beberapa asam amino yang telah terbukti dapat melawan kanker. Sebagai antioksidan seperti karotenoid yang ditemukan dalam ikan salmon mampu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas sehingga mengkonsumsi salmon dapat membantu melindungi tubuh dari risiko kanker dengan mencegah perkembangan sel-sel kanker.

11. Membantu dalam Mengatasi Tumor

Mengkonsumsi ikan salmon secara rutin bagi pasien dengan beberapa kondisi yang berkaitan dengan tumor dapat membantu menyembuhkannya.Mengkonsumsi ikan salmon tidak hanya akan menghambat perkembangan tumor akan tetapi juga membunuh tumor.

12. Mencegah Lupus

Lupus terjadi ketika ada kelainan pada sel-sel darah putih. Mengkonsumsi ikan salmon yang kaya akan omega 3 dapat membantu mengurangi gejala serta mencegah perkembangan lupus dengan mengontrol auto imun.

13. Mengontrol Diabetes

Mengkonsumsi ikan salmon dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sehingga sangat bermanfaat bagi pasien yang menderita diabetes tipe 2. Selain itu, ikan salmon juga dapat membantu dalam memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan pada saat yang sama dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah penambahan berat badan.

14. Melindungi Tubuh Dari Radikal Bebas

Karotenoid adalah salah satu jenis antioksidan yang ditemukan pada ikan salmon yang berperan membantu melindungi tubuh Anda dari radikal bebas.

15. Kesehatan Rambut

Asam lemak omega 3 juga baik untuk kesehatan kulit kepala, sementara itu zat besi pada ikan salmon juga turut membantu memastikan pasokan oksigen yang optimal ke kulit kepala.

Baca juga : Manfaat Ikan Sarden

16. Mencegah Degenerasi Makula

Degenerasi makula disebabkan ketika tubuh tidak lagi mampu untuk mempromosikan regenerasi optimal sel. Namun, meskipun tidak mungkin untuk menghindari tetapi masih mungkin untuk diperlambat. Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan salmon akan memastikan proses perlambatan degenerasi tersebut.

17. Membantu dalam Mengobati Hepatitis C

Ikan salmon dapat dimanfaatkan untuk mengobati pasien penderita hepatitis C dikarenakan nilai terapeutik yang terkandung dalam asam lemak omega 3 ikan salmon.


Efek Samping Mengkonsumsi Ikan Salmon

1. Terlalu banyak mengkonsumsi ikan salmon berarti terlalu banyak asam lemak omega 3 dalam tubuh. Asam lemak ini mungkin bermanfaat, tetapi bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan tertentu dapat menyebabkan kondisi pendarahan.

2. Ikan salmon memang baik untuk produksi insulin bagi penderita diabetes, akan tetapi hal tersebut juga dapat mempengaruhi tingkat gula darah. Asam lemak omega 3 yang berlebiha juga harus diperhatikan bagi mereka yang memiliki tekanan darah rendah, menderita kekurangan vitamin E, sedang dalam terapi hormon dan bagi mereka yang alergi terhadap makanan laut.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa salmon memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat ikan salmon untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Ikan Sarden serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat ikan salmon bagi kesehatan :

drhealthbenefits.com/food-bevarages/fish/benefits-of-salmon

homecooking.about.com/od/foodhistory/a/salmonhistory.htm

One Comment