Categories: Ikan dan Seafood

11 Khasiat Ikan Mas untuk Kesehatan

Ikan mas merupakan ikan air tawar yang banyak ditemui di Indonesia. Selain di Indonesia, budidaya ikan mas juga dilakukan di daerah tertentu di Eropa dan menjadi sumber makanan. Ketika dimasak dengan cara yang benar, ikan mas memiliki tekstur yang lembut dan beraroma, sehingga ikan mas ideal untuk dihidangkan dalam berbagai masakan. Berikut artikel mengenai manfaat ikan mas untuk kesehatan.

Manfaat Ikan Mas

Berikut 11 manfaat ikan mas bagi kesehatan :

1. Kesehatan Jantung

Dengan meningkatkan keseimbangan omega-3 dengan omega-6, ikan mas dapat membantu mengurangi penumpukan plak dan menurunkan risiko aterosklerosis. Hal ini juga dapat membantu mengurangi tekanan darah, menghilangkan ketegangan pada sistem kardiovaskular, dan menurunkan risiko serangan jantung atau stroke.

2. Meningkatkan Sistem kekebalan Tubuh

Ikan mas juga kaya akan seng yang berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

3. Kesehatan Pencernaan

Peradangan usus dan sistem pencernaan sangat umum terjadi, tetapi dapat menyebabkan sejumlah kondisi yang mengerikan termasuk ulcerative colitis dan penyakit Crohn. Jika Anda ingin meningkatkan efisiensi pencernaan dan mengurangi gejala kembung, sembelit, wasir dan gangguan perut, maka tambahkanlah ikan mas dalam makanan Anda. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan mas dapat mengurangi risiko sindrom usus inflamasi dalam berbagai penelitian.

4. Mencegah Penyakit Kronis

Banyak vitamin dan mineral yang ditemukan dalam ikan mas yang memiliki berbagai fungsi, bahkan dapat berperan sebagai antioksidan, seperti vitamin A yang merupakan antioksidan yang dapat menghilangkan radikal bebas dari tubuh Anda. Radikal bebas dapat menyebabkan sel-sel sehat untuk bermutasi, menyebabkan kanker dan penyakit kronis lainnya.

5. Kesehatan Sistem Pernapasan

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsentrasi kaya mineral dan nutrisi dalam ikan mas dapat bermanfaat untuk kesehatan pernapasan. Jika Anda menderita bronkitis, gangguan pernapasan kronis, atau penyakit lain yang terhubung ke paru-paru dan saluran pernafasan, menambahkan ikan mas untuk diet Anda akan menjadi pilihan yang baik. Selain mengurangi peradangan dalam sistem pernapasan, ikan mas juga dapat mempercepat penyembuhan ke bagian-bagian yang mengalami kerusakan.

6. Kesehatan Tulang dan Gigi

Fosfor yang terkandung dalam ikan mas sangat penting dalam pengembangan dan retensi kepadatan mineral tulang dalam tubuh, dan juga berfungsi sebagai komponen dalam gigi kita. Fosfor dapat membantu mencegah kondisi seperti osteoporosis, serta melemah atau rusaknya enamel.

7. Mencegah Penuaan Dini

Ikan mas mengandung sejumlah zat antioksidan yang sangat baik untuk memperlambat proses penuaan.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kandungan magnesium dalam ikan mas sangat penting bagi mereka yang memiliki masalah tidur. Magnesium memicu pelepasan neurotransmiter tertentu yang menenangkan sistem saraf dan dapat menginduksi tidur nyenyak. Untuk orang yang menderita insomnia atau konsisten bangun sepanjang perjalanan malam, menambahkan ikan mas untuk satu atau dua kali per minggu dapat membantu mengatasi masalah Anda.

9. Mengoptimalkan Tingkat Hormon

Tingginya kadar vitamin B dalam ikan dapat membantu mengoptimalkan metabolisme dan keseimbangan berbagai tingkatan hormon. Kandungan yodium ikan mas juga membantu dalam menyeimbangkan fungsi kelenjar tiroid dan pusat-pusat hormonal lainnya dalam tubuh.

10. Kesehatan Mata

Beta-karoten dalam ikan mas merupakan provitamin kuat yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Secara khusus, beta-karoten berperan meningkatkan kesehatan mata dan kekuatan retina Anda.

11. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Omega-3, antioksidan, seng dan selenium dalam ikan mas dapat membantu merangsang jalur saraf baru dan mencegah stres oksidatif di kapiler dan pembuluh darah otak. Hal ini menyebabkan tingkat yang lebih tinggi dari konsentrasi, fokus, berpikir logis dan memori, serta mencegah timbulnya demensia awal atau Alzheimer.


Efek Samping Mengkonsumsi Ikan Mas

Bagi Anda yang sensitif terhadap makanan ini, harap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin mengkonsumsi ikan mas karena pada kondisi tertentu ikan mas tetap dapat menyebabkan alergi.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa ikan mas memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat ikan mas untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Ikan Tuna serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat ikan mas bagi kesehatan :

www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/health-benefits-of-carp.html

id.wikipedia.org/wiki/Ikan_mas

Recent Posts

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…