Ikan dan Seafood

11 Khasiat Ikan Mas untuk Kesehatan

Ikan mas merupakan ikan air tawar yang banyak ditemui di Indonesia. Selain di Indonesia, budidaya ikan mas juga dilakukan di daerah tertentu di Eropa dan menjadi sumber makanan. Ketika dimasak dengan cara yang benar, ikan mas memiliki tekstur yang lembut dan beraroma, sehingga ikan mas ideal untuk dihidangkan dalam berbagai masakan. Berikut artikel mengenai manfaat ikan mas untuk kesehatan.

Manfaat Ikan Mas

Berikut 11 manfaat ikan mas bagi kesehatan :

1. Kesehatan Jantung

Dengan meningkatkan keseimbangan omega-3 dengan omega-6, ikan mas dapat membantu mengurangi penumpukan plak dan menurunkan risiko aterosklerosis. Hal ini juga dapat membantu mengurangi tekanan darah, menghilangkan ketegangan pada sistem kardiovaskular, dan menurunkan risiko serangan jantung atau stroke.

2. Meningkatkan Sistem kekebalan Tubuh

Ikan mas juga kaya akan seng yang berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

3. Kesehatan Pencernaan

Peradangan usus dan sistem pencernaan sangat umum terjadi, tetapi dapat menyebabkan sejumlah kondisi yang mengerikan termasuk ulcerative colitis dan penyakit Crohn. Jika Anda ingin meningkatkan efisiensi pencernaan dan mengurangi gejala kembung, sembelit, wasir dan gangguan perut, maka tambahkanlah ikan mas dalam makanan Anda. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan mas dapat mengurangi risiko sindrom usus inflamasi dalam berbagai penelitian.

4. Mencegah Penyakit Kronis

Banyak vitamin dan mineral yang ditemukan dalam ikan mas yang memiliki berbagai fungsi, bahkan dapat berperan sebagai antioksidan, seperti vitamin A yang merupakan antioksidan yang dapat menghilangkan radikal bebas dari tubuh Anda. Radikal bebas dapat menyebabkan sel-sel sehat untuk bermutasi, menyebabkan kanker dan penyakit kronis lainnya.

5. Kesehatan Sistem Pernapasan

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsentrasi kaya mineral dan nutrisi dalam ikan mas dapat bermanfaat untuk kesehatan pernapasan. Jika Anda menderita bronkitis, gangguan pernapasan kronis, atau penyakit lain yang terhubung ke paru-paru dan saluran pernafasan, menambahkan ikan mas untuk diet Anda akan menjadi pilihan yang baik. Selain mengurangi peradangan dalam sistem pernapasan, ikan mas juga dapat mempercepat penyembuhan ke bagian-bagian yang mengalami kerusakan.

6. Kesehatan Tulang dan Gigi

Fosfor yang terkandung dalam ikan mas sangat penting dalam pengembangan dan retensi kepadatan mineral tulang dalam tubuh, dan juga berfungsi sebagai komponen dalam gigi kita. Fosfor dapat membantu mencegah kondisi seperti osteoporosis, serta melemah atau rusaknya enamel.

7. Mencegah Penuaan Dini

Ikan mas mengandung sejumlah zat antioksidan yang sangat baik untuk memperlambat proses penuaan.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kandungan magnesium dalam ikan mas sangat penting bagi mereka yang memiliki masalah tidur. Magnesium memicu pelepasan neurotransmiter tertentu yang menenangkan sistem saraf dan dapat menginduksi tidur nyenyak. Untuk orang yang menderita insomnia atau konsisten bangun sepanjang perjalanan malam, menambahkan ikan mas untuk satu atau dua kali per minggu dapat membantu mengatasi masalah Anda.

9. Mengoptimalkan Tingkat Hormon

Tingginya kadar vitamin B dalam ikan dapat membantu mengoptimalkan metabolisme dan keseimbangan berbagai tingkatan hormon. Kandungan yodium ikan mas juga membantu dalam menyeimbangkan fungsi kelenjar tiroid dan pusat-pusat hormonal lainnya dalam tubuh.

10. Kesehatan Mata

Beta-karoten dalam ikan mas merupakan provitamin kuat yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Secara khusus, beta-karoten berperan meningkatkan kesehatan mata dan kekuatan retina Anda.

11. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Omega-3, antioksidan, seng dan selenium dalam ikan mas dapat membantu merangsang jalur saraf baru dan mencegah stres oksidatif di kapiler dan pembuluh darah otak. Hal ini menyebabkan tingkat yang lebih tinggi dari konsentrasi, fokus, berpikir logis dan memori, serta mencegah timbulnya demensia awal atau Alzheimer.


Efek Samping Mengkonsumsi Ikan Mas

Bagi Anda yang sensitif terhadap makanan ini, harap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin mengkonsumsi ikan mas karena pada kondisi tertentu ikan mas tetap dapat menyebabkan alergi.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa ikan mas memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat ikan mas untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Ikan Tuna serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat ikan mas bagi kesehatan :

www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/health-benefits-of-carp.html

id.wikipedia.org/wiki/Ikan_mas

Recent Posts

12 Manfaat Daun Keji Beling: Tanaman Serbaguna dengan Beragam Manfaat

Daun keji beling, secara ilmiah dikenal sebagai Strobilanthes crispus, adalah tanaman berdaun hijau tua yang…

9 Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Berjemur di pagi hari merupakan kebiasaan sederhana yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh…

11 Manfaat Niacinamide untuk Kesehatan Kulit Wajah

Niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3 atau nicotinamide, adalah bentuk vitamin B yang larut dalam…

10 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Menikmatinya

Buah lontar, yang berasal dari pohon Cocos nucifera var. lontar, merupakan buah yang kaya akan…

9 Manfaat Flimty Untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Flimty adalah produk suplemen makanan yang diformulasikan untuk membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu…

9 Manfaat Susu Pediasure Untuk Anak-Anak

Pediasure adalah merek susu nutrisi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Produk ini diformulasikan untuk memberikan…