Categories: Makanan

8 Khasiat Granola untuk Kesehatan

Granola adalah makanan yang biasa dikonsumsi saat sarapan dan menjadi cemilan sehat yang sangat populer di beberapa negara bagian. Setiap variasi granola memiliki nilai gizi yang sedikit berbeda-beda tergantung bahannya yang digunakan. Terlepas dari hal tersebut, granola dapat memberikan berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan Anda. Berikut manfaat granola untuk kesehatan.

Selain digunakan sebagai sarapan dan cemilan diet, granola juga sering dibawa oleh orang-orang yang sedang melakukan pendakian, berkemah, atau dalam perjalanan karena berkhasiat, mudah dibawa, kalori yang cukup tinggi,dan mudah untuk disimpan.

Manfaat Granola

Berikut 8 manfaat granola bagi kesehatan :

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Karena kandungan seratnya yang tinggi, granola dapat menjadi makanan yang sangat baik untuk membantu menurunkan kolesterol jahat, membantu meningkatkan sistem pencernaan, dan mencegah terjadinya sembelit.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat granola untuk diet. Serat yang terkandung dalam granola dapat membuat tubuh terasa kenyang lebih lama. Karena hal tesebut, granola dapat membantu menekan nafsu makan dan menghambat pelepasan ghrelin, yaitu hormon yang membuat tubuh terasa lapar. Dengan begitu, granola dapat menjadi sereal untuk diet maupun cemilan untuk diet yang ideal.

3. Membantu Mengurangi Kolesterol

Serat larut dalam granola dikenal dapat mengurangi kolesterol LDL yang berbahaya dan meningkatkan penyebaran kolesterol sehat di seluruh tubuh. Dengan mengurangi kolesterol jahat di aliran darah, dapat mencegah perkembangan plak di arteri dan vena pada tubuh Anda, yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan ketegangan pada sistem kardiovaskular.

4. Mencegah Kanker

Granola mengandung kadar vitamin C yang rendah namun mengandung mangan yang tinggi, yang memiliki sifat antoksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara umum, merangsang sel-sel darah putih, dan dapat membantu mencegah terbentuknya kanker atau bermetastasis.

5. Membantu Mencegah Anemia

Pada dasarnya, anemia disebabkan karena kekurangan zat besi dalam darah, yang merupakan bagian penting dalam membangun sel darah merah. Anemia dapat menyebabkan kelelahan yang berlebih, sakit kepala, depresi, dan sebagainya. Pada kasus ini, granola memiliki sejumlah zat besi yang signifikan, sehingga dapat menangkal berbagai gejala anemia.

6. Sumber yang Baik dari Vitamin E

Granola juga merupakan sumber vitamin E yang baik. Vitamin E dapat mempengaruhi sejumlah proses dalam tubuh, termasuk melindungi kulit dari penuaan dini, memperkuat dinding kapiler, dan memperbaiki kesehatan jantung, juga melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari.

7. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kandungan mangan pada granola dapat membantu dalam mengontrol gula darah dalam tubuh, dan dapat merangsang ataupun menghambat pelepasan insulin. Dengan mengontrol kadar gula tersebut, granola dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadi lonjakan gula darah yang sangat tidak menguntungkan bagi penderita diabetes.

8. Manfaat Lain-Lain dari Granola

Selain pengaruhnya terhadap diabetes, kandungan mangan dalam granola juga memiliki peran dalam produksi faktor pembekuan darah untuk mempercepat proses penyembuhan luka, serta produksi jaringan baru untuk mempercepat perbaikan sel dan organ.


Bahan-Bahan yang Biasa Digunakan dalam Granola :


Pertimbangan dalam Mengkonsumsi Granola

Meskipun kebanyakan lemak pada granola berasal dari kacang-kacangan dan terdiri dari lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung, Anda tetap perlu mengkonsumsinya secukupnya. Cara terbaiknya adalah dengan membuat granola sendiri sehingga Anda dapat membatasi dan mengontrol asupan kadar gula dan lemak. Jika Anda memilih untuk beli granola, pilihlah granola yang rendah lemak dan perhatikan kadar gula yang terkandungnya pada label.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa granola memiliki banyak manfaat, terkhususnya 8 manfaat granola untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Cranberry serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat granola untuk kesehatan :

en.wikipedia.org/wiki/Granola

woman.thenest.com/benefits-granola-5832.html

www.livestrong.com/article/411678-granola-health-benefits/

healthyeating.sfgate.com/granola-healthy-7223.html

www.organicfacts.net/health-benefits/other/granola.html

www.figurellausa.com/healthy-benefits-of-granola-and-its-properties/

image by : thelodown.com

Share

Recent Posts

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com - Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh…

Jangan Dikupas! 8 Kulit Buah ini Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan

Tahukah Anda, bagian kulit buah tertentu ternyata mengandung zat gizi dan mineral yang lebih kaya…