Herbal

13 Khasiat Ginseng untuk Kesehatan

Ginseng (Panax) populer sebagai tanaman yang memiliki khasiat obat. Ada dua jenis utama dari ginseng, yaitu Ginseng Amerika (Panax quinquefolium) yang memiliki sifat pendingin, dan Ginseng Asia atau Ginseng Cina (Panax ginseng) yang memiliki sifat pemanas. Baik ginseng Asia maupun Amerika sama-sama memiliki sejarah digunakan sebagai obat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, mulai dari flu biasa sampai kanker. Berikut artikel mengenai manfaat ginseng untuk kesehatan.

Kekuatan penyembuhan ginseng dikaitkan dengan fakta bahwa ginseng mengandung adaptogen, yaitu zat yang meningkatkan resistensi tubuh terhadap stres dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, baik fisik dan mental. Efek adaptogenik dari ginseng, membuat ginseng menjadi ramuan yang sangat berguna untuk berbagai kondisi, seperti kelelahan kronis, kekurangan energi, kurangnya vitalitas, kehilangan konsentrasi, kehilangan stamina, memori miskin, serta selama pemulihan dari penyakit.

Asal Usul Ginseng

Tanaman ginseng merupakan spesies yang berasal dalam suku Araliaceae. Ginseng tumbuh di wilayah belahan bumi utara terutama Siberia, Manchuria, Korea dan Amerika Serikat. Ginseng juga sudah sejak lama digunakan sebagai obat herbal di Cina kuno. Ginseng pertama kali digunakan oleh orang-orang Cina sekitar 500 SM sampai sekitar 200 SM.  Sedangkan di Indonesia, terdapat pula tanaman yang memiliki khasiat sama seperti ginseng yaitu ginseng Jawa atau som jawa, Talinum triangulare Wild.

Manfaat Ginseng

Berikut 13 manfaat ginseng untuk kesehatan :

1. Mengurangi Stres

Kandungan ginsenosides yang ditemukan dalam ginseng dapat meningkatkan kewaspadaan dan kejernihan mental. Hal ini sangat baik, karena dengan demikian ginseng memiliki anti-depresan dan anti-kecemasan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mental.

2. Membantu Mengobati Diabetes Tipe 2

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa ginseng dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Sebagai contoh, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2000, peneliti memberikan kapsul ginseng Amerika untuk penderita diabetes yang juga menerima pengobatan konvensional dalam resep obat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapsul ginseng lebih efektif menurunkan tingkat gularah dibanding pengobatan konvensional tersebut.

3. Merangsang Sistem Kekebalan Tubuh

Sifat adaptogenik pada ginseng dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah sel darah putih dan antibodi dalam darah. Hal ini akan membantu Anda melawan flu dan infeksi lainnya.

4. Mencegah Kanker

Ginseng mengandung ginsenosides yang diyakini memiliki sifat anti-kanker. Ginsenosides dapat menghambat perkembangan siklus sel, sehingga memperlambat pertumbuhan sel kanker.

5. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Dalam beberapa penelitian, adanya ginsenosides dalam ginseng terbukti dapat menurunkan tingkat LDL (kolesterol jahat).

6. Meredakan Kelelahan

Ginseng dikenal sebagai adaptogen yang dapat memerangi kelelahan dan memperkuat sistem saraf. Dalam satu penelitian di Inggris dilakukan pada perawat yang melakukan pergeseran pekerjaan, dimana ginseng terbukti dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan suasana hati mereka. Para perawat juga dapat lebih cepat berkoordinasi.

7. Meningkatkan Stamina

Terlepas dari menghilangkan kelelahan, adaptogen juga meningkatkan tingkat energi dan stamina. Oleh karena itu, ginseng merupakan ramuan stimulan yang populer bagi para atlet.

Artikel terkait mengenai herbal :

8. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Ginseng Asia atau korean ginseng adalah obat yang bagus untuk mengobati gangguan perut seperti, diare, nafsu makan kurang, mual, muntah dan gangguan pencernaan.

9. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Manfaat kesehatan lain dari mengkonsumsi ginseng Asia adalah kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan jantung dengan menghambat agregasi platelet dan menjaga kadar kolesterol. Namun, beberapa studi klinis menunjukkan bahwa ginseng dapat memperburuk kondisi hipertensi. Jadi, bagi orang-orang yang memiliki hipertensi harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mulai mengkonsumsi ginseng.

10. Menurunkan Berat Badan

Kombinasi yang kuat dari bahan kimia yang ditemukan dalam ginseng memiliki berbagai efek, terutama mengurangi nafsu makan. Ginseng kering atau ginseng bubuk dapat dengan cepat menekan “hormon lapar”, sehingga membantu mereka yang sendang berupaya menurunkan berat badan dan mencegah keingan mereka untuk ngemil di sela-sela waktu makan.

11. Mengurangi Rasa Ketidaknyamanan Saat Menstruasi

Sebagai zat yang menenangkan dan memiliki sifat anti-inflamasi, ginseng sering disarankan untuk wanita yang menderita ketidaknyamanan saat menstruasi seperti kram. Selain itu, ginseng juga dapat membantu mengurangi perubahan suasana hati yang umumnya berterkaitan dengan menstruasi dan perubahan menopause pada wanita paruh baya.

12. Kesehatan Rambut

Salah satu karbohidrat alami yang ditemukan dalam ginseng dapat mencegah alopecia dan kebotakan pada pria. Dengan menerapkan salep ginseng atau mengkonsumsi rempah-rempah langsung ke kulit kepala dapat meningkatkan kesehatan folikel rambut, mencegah ketombe, dan mengurangi rambut rontok secara signifikan.

13. Kesehatan Kulit

Dengan merangsang aliran darah ke seluruh tubuh, terutama pada sel-sel kulit, ginseng mampu menjaga kulit tampak muda dan terhidrasi. Selain dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, ginseng ini juga bermanfaat untuk detoksifikasi kulit dan meningkatkan respon imun di organ tubuh.

Efek Samping Mengkonsumsi Ginseng

Ginseng merupakan rempah-rempah yang sangat kuat dan dapat menyebabkan reaksi negatif dalam tubuh, seperti sakit perut, sakit kepala, masalah tidur, dan reaksi alergi. Sehingga Anda harus tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi ginseng.

Ginseng juga dapat mempengaruhi estrogen dalam tubuh. Ada beberapa laporan bahwa beberapa wanita mengalami ketidakteraturan menstruasi, nyeri payudara dan perdarahan menstruasi setelah mengkonsumsi ekstrak ginseng secara berlebihan. Sehingga untuk takaran atau dosis mengkonsumsi ginseng dianjurkan berkonsultasi dengan ahli medis. Selain itu ekstrak ginseng juga tidak disarankan bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui.

Beberapa spesies ginseng seperti ginseng Korea dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah seseorang. Banyak orang telah melaporkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah setelah mengkonsumsi teh ginseng. Jadi jika Anda memiliki tekanan darah tinggi agar berhati-hati apabila ingin mengkonsumsi ginseng.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa ginseng memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat ginseng untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Sawo serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel manfaat ginseng untuk kesehatan :

  • www.ehealthzine.com/top-10-health-benefits-of-ginseng.html
  • medlicker.com/1026-ginseng-tea
  • id.m.wikipedia.org/wiki/Ginseng
  • www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/ginseng.html
Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.