Tumbuhan

9 Khasiat Daun Waru untuk Kesehatan

Daun waru baik untuk kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi penting dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Daun waru dapat dikonsumsi maupun digunakan secara eksternal. Beberapa manfaat daun waru untuk kesehatan yaitu membantu mengobati amandel membengkak, membantu menurunkan berat badan, dan masih banyak lagi yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Manfaat Daun Waru

Berikut 9 manfaat daun waru bagi kesehatan :

1. Kaya akan Antioksidan

Daun waru kaya akan antioksidan, yang dapat membersihkan tubuh Anda dari racun yang berbahaya dan tidak diinginkan. Manfaat kesehatan ini diperoleh melalui teh (rebusan air)yang dibuat dengan daun waru. Kandungan antioksidan yang diperoleh melalui teh daun waru dapat membantu melawan penyakit seperti kanker, membantu menurunkan berat badan, dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Membantu Mengobati TBC

Daun waru dipercaya mampu membantu mengobati tuberkulosis. Tuberkulosis atau TBC dapat menyebabkan kerusakan pada paru-paru, yang dapat menimbulkan gangguan berupa batuk dan sesak napas. Dengan mengkonsumsi rebusan daun waru, dapat membantu mengobati TBC.

3. Membantu Mengobati Amandel yang Membengkak

Amandel adalah salah satu dari kelenjar yang terletak di sekitar daerah tenggorokan. Ketika amandel membengkak, maka yang akan dirasakan adalah rasa sakit dan nyeri di tenggorokan dan sulit untuk menelan makanan. Untuk membantu proses penyembuhan amandel, Anda dapat mengkonsumsi air rebusan daun waru.

4. Membantu Mengobati Peradangan Usus Besar (Kolitis)

Penyakit radang usus adalah suatu kondisi di mana usus mengalami cedera atau infeksi yang menyebabkan peradangan yang dapat mengganggu pencernaan, dan sering menyebabkan luka di perut. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengkonsumsi daun waru sebagai lalapan untuk membantu menyembuhkan peradangan usus.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti yang telah disebutkan, daun waru memiliki antioksidan yang dapat membantu membersihkan racun yang tidak diingankan. Hal ini dapat membantu untuk menghilangkan lemak yang tidak perlu dan kalori yang terakumulasi dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi berat badan.

Selain itu, secangkir teh atau air rebusan daun waru yang dikonsumsi secara rutin dapat meningkatkan metabolisme Anda. Peningkatan metabolisme juga dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan demikian, daun waru dapat menurunkan berat badan dan menjaga kebugaran tubuh.

6. Memperbaiki Suasana Hati

Selama periode menstruasi, wanita mengalami banyak perubahan hormonal yang dapat merubah suasana hati. Untuk menyeimbangkan hormon ini, air rebusan daun waru dapat menjadi solusi. Waru dapat menenangkan emosi wanita secara instan selama mengalami masa mens atau haid.

7. Meningkatkan Energi

Teh daun waru atau air rebusan daun waru dapat meningkatkan energi secara instan. Hal ini juga dapat kembali memperbaiki kadar cairan tubuh yang selanjutnya dapat membantu dalam merevitalisasi tubuh. Singkatnya, secangkir air rebusan daun waru dapat membantu Anda mengatasi stres dan ketegangan yang dapat menguras energi.

8. Pereda Pilek

Manfaat kesehatan lain dari daun waru yaitu dalam membantu meringankan pilek. Hibiscus juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu dalam melawan virus yang menyebabkan pilek. Oleh karena itu, daun waru dapat menjadi obat untuk mengatasi pilek, batuk, sakit tenggorokan dan sakit kepala ringan.

9. Kesehatan Rambut

Manfaat daun waru untuk rambut. Daun waru memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut Anda. Selain itu, daun waru juga dapat membantu untuk memelihara dan juga membantu menjaga kesehatan rambut, seperti memperkuat akar rambut dan mencegah rambut rontok.

Baca juga :

  1. Manfaat Daun Sirih
  2. Manfaat Daun Mint
  3. Manfaat Daun Salam

Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa waru memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat daun waru untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Teh Putih serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat daun waru untuk kesehatan :

www.boldsky.com/health/nutrition/2014/top-six-health-benefits-of-hibiscus-leaves-037926/toxin-cleaner-pf30993-037926.html

inetarticle.com/10-top-benefits-of-hibiscus-leaves-for-health/

image by : caratono.blogspot.co.id

Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.