12 Khasiat Daun Suji untuk Kesehatan

Daun suji merupakan bagian dari salah satu jenis tanaman perdu yang dapat memberikan banyak manfaat, tak terkecuali untuk manfaat kesehatan. Meskipun tidak dikenal secara luas, daun suji menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan yang tidak kalah beragam jika dibandingkan dengan daun pandan. Lalu apa saja manfaat daun suji untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Daun Suji
Tanaman suji via wikipedia.com

Perbedaan Daun Suji dengan Daun Pandan

Bagi orang awam, mungkin akan sulit membedakan antara daun suji dengan daun pandan. Padahal jika dilihat secara teliti, daun suji memiliki perbedaan yang sedikit mencolok jika dibandingkan dengan daun pandan. Berikut perbedaannya.

Daun suji memiliki warna hijau yang lebih tua dan mengkilap daripada daun pandan. Selain itu, daun suji juga saat digunakan dalam olahan masakan tidak memiliki bau jika dibandingkan dengan menggunakan daun pandan. Baca juga artikel terkait yaitu manfaat daun pandan.

Manfaat Daun Suji

Berikut 12 manfaat daun suji bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat daun suji yang pertama adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan daun suji mengandung vitamin C yang dapat berperan meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Selain itu, kandungan polifenol pada daun suji juga dapat meningkatkan sistem imun yang selanjutnya dapat membantu mencegah serangan berbagai penyakit.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Radikal bebas dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit, yang dapat membuat kulit menjadi kusam dan rentan terhadap gejala penuaan dini. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengkonsumsi daun suji dalam bentuk air rebusan untuk mencegah kerusakan pada kulit yang disebabkan karena radikal bebas.

3. Mencegah Kerusakan Sel

Selain menyebabkan kerusakan pada kulit, radikal bebas juga dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh. Untuk mencegah hal ini, Anda dapat mengatasinya dengan memanfaatkan khasiat daun suji. Dimana daun suji mengandung polifenol dan flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah kerusakan sel.

4. Mengobati Gusi Berdarah

Seperti yang telah diketahui bahwa gusi berdarah disebabkan karena adanya infeksi dari bakter-bakteri yang ada di gusi. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat berkumur dengan menggunakan air rebusan daun suji yang masih hangat.

5. Mengobati Sakit Gigi

Tidak hanya mengobati gusi berdarah, daun suji yang dikonsumsi dalam bentuk air rebusan juga dapat meredakan sakit gigi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan tanin dan flavonoid yang berperan sebagai antiseptik, yang dapat mengatasi bakteri penyebab sakit gigi.

6. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Daun suji mengandung tanin yang dipercaya sangat bermanfaat dalam memperlancar pergerakan makanan dalam usus. Dengan memiliki pencernaan yang sehat, Anda dapat terhindar dari sembelit dan penyakit terkait lainnya.

7. Mencegah Kanker

Seperti yang telah disebutkan, daun suji dapat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Dimana radikal bebas juga dapat menyebabkan kanker. Pada kasus ini, daun suji mengandung zat flavonoid yang dapat membantu tubuh Anda dalam menangkal radikal bebas, yang selanjutnya dapat mencegah timbulnya sel kanker.

8. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan suatu kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah melampaui kadar kolesterol yang normal dan dapat mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit. Anda dapat menjaga kolesterol dengan mengatur pola makan dan pola hidup yang sehat. Disamping itu, manfaat daun suji juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol.

Penggunaan ramuan daun suji untuk menurunkan kolesterol:

  • Siapkan lima lembar daun suji yang telah dicuci hingga bersih.
  • Rebus dengan takaran air sebanyak dua gelas.
  • Biarkan hingga mendidih dan tersisa setengah.
  • Minumlah tiga kali sehari.

9. Sebagai Penawar Racun

Khasiat daun suji juga dapat digunakan sebagai penawar racun, seperti keracunan makanan atau minuman. Hal ini dikarenakan kandungan alkaloid pada daun suji dapat berfungsi sebagai antiseptik yang dapat menetralisir racun yang ada dalam tubuh.

Penggunaan daun suji sebagai penawar racun:

  • Siapkan akar daun suji sebanyak 20 gram yang telah dicuci bersih.
  • Rebuslah dengan takaran air dua gelas.
  • Biarkan hingga mendidih dan tersisa setengahnya.
  • Minumlah sehari sekali.

10. Mengobati Batuk Berdarah

Kandungan alkaloid dalam daun suji memiliki manfaat untuk meredakan infeksi dalam tenggorokan. Dimana infeksi tersebut dapat mengakibatkan batuk berdarah. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan daun suji sebagai pengobatan alami.

Penggunaan daun suji untuk mengobati batuk berdarah:

  • Siapkan sekitar lima belas lembar daun suji yang telah dicuci bersih.
  • Lalu tumbuk daun suji tersebut hingga halus.
  • Seduh daun suji yang telah dihaluskan tersebut dengan setengah gelas air panas.
  • Kemudian peras daun suji yang telah diseduh tersebut ke dalam gelas.
  • Minumlah air perasan daun suji sebanyak dua kali sehari, pagi dan sore.

11. Mengobati Disentri

Manfaat daun suji yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mengobati disentri. Seperti yang telah diketahui bahwa disentri adalah infeksi pada usus yang menyebabkan diare disertai dengan darah atau lendir. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengolah daun suji menjadi sebuah ramuan yang digunakan untuk mengobati disentri.

Cara penggunaan daun suji untuk mengobati disentri:

  • Sediakan tiga lembar daun suji yang telah dicuci bersih.
  • Rebuslah dengan air bersih sebanyak dua gelas.
  • Biarkan hingga mendidih dan tersisa setengah air.
  • Minumlah secara rutin.

12. Meredakan Nyeri Haid pada Wanita

Seperti manfaat daun sirih, daun suji juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri haid pada wanita, terutama haid pada hari pertama dan kedua.

Penggunaan daun suji untuk meredakan nyeri haid:

  • Siapkan lima lembar daun suji yang telah dibersihkan.
  • Rebuslah dengan satu liter air bersih.
  • Biarkan hingga mendidih dan tersisa setengahnya.
  • Minumlah secara rutin, selama masa haid.

Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa daun suji memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat daun suji untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Air Beras untuk Wajah atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Bagikan :