Tumbuhan

26 Khasiat Daun Sambiloto untuk Kesehatan

Sambiloto merupakan salah satu jenis tumbuhan yang telah terkenal sejak lama karena khasiatnya yang dapat digunakan untuk pengobatan dan menjaga kesehatan. Dan seiring berjalannya waktu, banyak penelitian ilmiah yang telah membuktikan khasiat dari daun sambiloto ini. Lalu apa saja manfaat daun sambiloto untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Tanaman sambiloto via wikipedia.org

Banyak sebutan untuk tanaman sambiloto ini, misalnya saja sambilata (Melayu), ampadu tanah (Sumatera Barat), andiloto (Jawa Tengah), ki oray (Sunda), pepaitan (Madura), dan masih banyak lagi. Selain itu, ternyata tidak hanya bagian daunnya saja yang bermanfaat, bagian batang sambiloto juga berkhasiat sehingga sering digunakan dalam pengobatan tradisional.

Manfaat Daun Sambiloto

Berikut 26 manfaat daun sambiloto bagi kesehatan:

1. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat sambiloto yang pertama yaitu dapat membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini dikarenakan daun sambiloto mengandung kalium yang dapat berperan dalam menurunkan tekanan darah, sehingga dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan penyakit stroke.

2. Menyembuhkan Tipes (Tifus)

Khasiat daun sambiloto yang mengandung beberapa senyawa seperti andrographolid, flavonoid, saponin, dan tanin secara efektif dapat membantu mengatasi infeksi bakteri, salah satunya membantu menekan pertumbuhan bakteri salmonella, yang merupakan penyebab utama penyakit tipes.

3. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Seperti yang telah diketahui bahwa kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya, yang diakibatkan karena pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh dan dapat menyebabkan kematian. Pada kasus ini, daun sambiloto dapat membantu Anda dalam mencegah kanker.

4. Meredakan Demam

Manfaat sambiloto yang selanjutnya yaitu dapat membantu menyembuhkan demam. Hal ini dikarenakan daun sambiloto memiliki kandungan antipiretik, dimana kandungan antipiretik ini ternyata sangat efektif dalam membantu menurunkan demam.

5. Mengatasi Jerawat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa daun sambiloto mengandung senyawa antibakteri dan antiinflamasi. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi daun sambiloto secara teratur dapat membantu Anda dalam mengatasi jerawat yang membandel.

6. Mengobati Asam Urat

Khasiat sambiloto juga ternyata dapat membantu mengobati asam urat. Hal ini dikarenakan daun sambiloto memiliki berbagai senyawa yang dapat berperan untuk mengobati asam urat. Beberapa kandungan tersebut yaitu aldehid, keton, flavonoid, alkane, kalium, natrium, dan kalsium.

7. Mencegah dan Mengobati Diabetes

Manfaat sambiloto untuk diabetes. Seperti yang telah diketahui bahwa diabetes merupakan suatu penyakit yang terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman atau makanan yang manis (mengandung gula). Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat membuat ramuan rebusan daun sambiloto dan jangan lupa untuk menyaringnya terlebih dahulu.

8. Mengobati Disentri

Bagi Anda yang sedang mengalami disentri, Anda dapat mengkonsumsi daun sambiloto secara rutin dengan cara menguapkan beberapa helai daun sambiloto, haluskan dengan cara ditumbuk lalu peraslah. Perasan tersebut dapat Anda campur dengan bubuk daun sambiloto lalu diaduk hingga merata.

Artikel terkait:

Selain 8 manfaat sambiloto yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat duan sambiloto lainnya:

9. Menjaga Daya Tahan Tubuh

10. Menjaga Kesehatan Kulit

11. Meredakan Sakit Gigi

12. Mencegah Gejala Penuaan Dini Seperti Flek Hitam

13. Meredakan Sakit Kepala

14. Mengatasi Malaria

15. Mengobati Radang Paru

16. Membantu Pengobatan Influenza

17. Mengobati Radang Mulut

18. Mengobati Faringitis atau Radang Amandel

19. Mengobati Radang Tenggorokan

20. Menjaga Kesehatan Jantung

21. Menjaga Kesehatan Liver

22. Mencegah Terjadinya Infeksi

23. Mengatasi Bisul

24. Mengatasi Infeksi pada Saluran Empedu

25. Mencegah Radang Usus Buntu

26. Efektif untuk Penawar Racun


Efek Samping Daun Sambiloto

Pada dasarnya ramuan yang terbuat dari daun sambiloto dan dikonsumsi secara tepat akan memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh. Namun, pada beberapa kasus daun sambiloto juga dapat menyebabkan efek samping seperti kehilangan nafsu makan, diare, muntah, ruam, dan lain-lain.

Selain itu, bagi ibu hamil dan wanita menyusui juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi daun sambiloto, karena ada kekhawatiran bahwa daun sambiloto tidak aman dikonsumsi hingga memiliki kemungkinan dapat menyebabkan keguguran. Oleh karena itu, berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsinya merupakan langkah yang paling tepat.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa tanaman sambiloto memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat daun sambiloto untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kecombrang atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

12 Manfaat Daun Keji Beling: Tanaman Serbaguna dengan Beragam Manfaat

Daun keji beling, secara ilmiah dikenal sebagai Strobilanthes crispus, adalah tanaman berdaun hijau tua yang…

9 Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Berjemur di pagi hari merupakan kebiasaan sederhana yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh…

11 Manfaat Niacinamide untuk Kesehatan Kulit Wajah

Niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3 atau nicotinamide, adalah bentuk vitamin B yang larut dalam…

10 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Menikmatinya

Buah lontar, yang berasal dari pohon Cocos nucifera var. lontar, merupakan buah yang kaya akan…

9 Manfaat Flimty Untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Flimty adalah produk suplemen makanan yang diformulasikan untuk membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu…

9 Manfaat Susu Pediasure Untuk Anak-Anak

Pediasure adalah merek susu nutrisi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Produk ini diformulasikan untuk memberikan…