13 Manfaat Daun Pisang untuk Kesehatan

Pisang merupakan salah satu tanaman penghasil buah yang sudah pasti Anda ketahui, yaitu buah pisang. Namun kali ini bukan membahas tentang bagian buahnya, melainkan bagian daunnya yang ternyata juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat daun pisang untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Daun Pisang
Gambar beberapa lembar daun pisang via beyondmeresustenance.com

Daun pisang mengandung beberapa senyawa penting seperti polifenol, lignin, hemiselulosa, protein, allantoin, dan sebagainya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika daun pisang yang biasanya hanya digunakan sebagai pembungkus makanan ini ternyata dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan serta untuk pengobatan.

Manfaat Daun Pisang

Berikut 13 manfaat daun pisang bagi kesehatan:

1. Mengobati Gigitan Serangga

Manfaat daun pisang yang pertama yaitu dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga. Hal ini karena adanya antioksidan alami yang terkandung di dalamnya, sehingga dapat mengobati gigitan serangga. Selain itu, daun pisang juga dapat mencegah terjadinya iritasi pada kulit.

2. Mengatasi Iritasi pada Kulit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa daun pisang dapat digunakan untuk mengatasi iritasi pada kulit. Cara mengatasi iritasi menggunakan daun pisang ini adalah dengan menggunakannya sebagai salep atau pelembab alami. Caranya yaitu dengan mengekstrak daun pisang, tambahkan minyak zaitun secukupnya lalu oleskan pada kulit yang mengalami iritasi.

3. Meregenerasi Sel Kulit

Manfaat daun pisang yang selanjutnya yaitu dapat membantu mengganti sel-sel kulit mati. Hal ini karena adanya senyawa allantoin yang berkhasiat untuk meregenerasi sel kulit. Selain itu, senyawa allantoin tersebut juga dapat membantu dalam mempercepat proses penyembuhan luka.

4. Meredakan Demam

Siapa sangka kegunaan daun pisang ternyata dapat untuk meredakan demam. Untuk penggunaannya, siapkan sehelai daun pisang yang telah dibersihkan lalu oleskan minyak kelapa secara merata pada permukaan daun pisang. Terapkan daun pisang tersebut pada bagian dahi.

5. Menjaga Kesehatan Rambut

Kesehatan rambut ini berupa mengatasi ketombe dari kulit kepala. Untuk penggunaannya, Anda hanya perlu menghaluskan daun pisang lalu gunakan secara teratur sebagai masker rambut pada pada saat keramas. Penggunaan yang tepat dan rutin akan membantu mengatasi ketombe di kulit kepala Anda.

6. Untuk Mengatasi Mimisan

Kasus pendarahan seperti mimisan ternyata dapat diobati dengan menggunakan daun pisang. Untuk penggunaannya, Anda dapat menerapkan daun pisang yang telah dibersihkan tersebut pada bagian lubang hidung. Oleh karena itu, daun pisang dapat menjadi alternatif lain untuk mengatasi mimisan ketika daun sirih tidak tersedia.

7. Mengobati Disentri

Daun pisang memiliki suatu senyawa aktif yang dapat berperan dalam menghentikan peradangan pada usus yang bisa mengakibatkan keluarnya darah ketika buang air besar. Anda hanya perlu meminum air rebusan daun pisang minimal sekali sehari untuk mengobati disentri.

8. Mengobati Sakit Tenggorokan

Manfaat daun pisang yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, seperti rasa sakit saat menelan makanan atau minum. Oleh karena itu, mengonsumsi air rebusan daun pisang yang telah dikeringkan terlebih dahulu dapat menjadi alternatif yang alami. Konsumsilah sebanyak satu hingga dua gelas per hari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Baca juga: Manfaat Buah Pisang

Selain manfaat dan khasiat daun pisang untuk kesehatan yang telah disebutkan di atas, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari daun pisang ini yang tidak boleh Anda lewatkan. Beberapa manfaat lainnya dari daun pisang yaitu sebagai:

9. Pembungkus Makanan

10. Bahan Baku Kerajinan Tangan

11. Pakan Ternak

12. Hiasan dalam Upacara Adat

13. Media Budidaya Jamur


CARA MEMBUAT RAMUAN HERBAL DARI DAUN PISANG

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat obat herbal dari daun pisang:

  1. Pilih daun pisang yang kering atau Anda mengeringkan sendiri di bawah terik matahari.
  2. Cucilah hingga bersih.
  3. Siapkan air bersih sebanyak 3 hingga 4 gelas ke dalam panci.
  4. Masukkan daun pisang yang telah kering ke dalam panci.
  5. Rebuslah hingga airnya hanya menyisakan 1 gelas saja.
  6. Diamkan air rebusan daun pisang tersebut hingga menjadi hangat.
  7. Anda dapat menambahkan madu murni jika Anda suka.
  8. Ramuan herbal daun pisang siap dikonsumsi.

Baca juga: Manfaat Jantung Pisang

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat daun pisang untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Senam Aerobik atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: