14 Khasiat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Pepaya, merupakan buah tropis yang berasal dari Amerika Utara, sebagian besar di Meksiko. Buah pepaya banyak ditanam di seluruh dunia yang memiliki iklim tropis dan dapat tumbuh hingga ketinggian 30 meter. Tidak hanya buahnya yang dapat dikonsumsi, tetapi daunnya pun memiliki beragam manfaat jika dikonsumsi. Berikut artikel mengenai manfaat daun pepaya untuk kesehatan.

Manfaat Daun Pepaya

Daun pepaya dapat diolah menjadi makanan yang lezat. Disamping dapat diolah menjadi makanan yang lezat, daun pepaya juga dapat pula dijadikan sebagai alternatif pengobatan untuk beberapa jenis penyakit. Berikut ini beberapa manfaat daun papaya bagi kesehatan.

Manfaat Daun Pepaya

Berikut 14 manfaat daun pepaya bagi kesehatan :

1. Mengurangi Gejala Demam Berdarah

Beberapa studi menunjukkan bahwa daun pepaya mengandung enzim yang dapat meningkatkan dan menormalkan jumlah trombosit dan kerusakan hati yang disebabkan oleh penyakit demam berdarah dan kemudian akan membantu pemulihan dari penyakit demam berdarah.

2. Anti-Malaria

Daun pepaya telah terbukti sangat efisien untuk mencegah penyakit malaria. Beberapa studi menunjukkan bahwa rasa pahit dari daun pepaya sangat efektif untuk menyembuhkan sakit malaria.

3. Kesehatan Kulit

Daun papaya mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan yang akan melawan radikal bebas. Antioksidan ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah kulit dari penyakit seperti jerawat, keriput, dan pigmentasi berat.

4. Membantu dalam Melawan Infeksi

Daun pepaya juga dikenal karena kemampuannya untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh virus seperti pilek atau influenza. Berbagai komponen vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan Vitamin E akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga sangat berguna untuk membuat Anda sehat dan terhindar dari gangguan infeksi virus apapun.

5. Mencegah Penyakit Emfisema

Emfisema adalah salah satu penyakit mematikan yang terdiri Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). Penyakit ini banyak dikaitkan dengan kerusakan bertahap jaringan paru-paru, termasuk penghancuran alveoli. Untuk mencegah Anda dari penyakit emfisema ini, Anda membutuhkan jumlah yang cukup dari Vitamin D. Daun papaya kaya akan vitamin D yang akan melindungi tubuh Anda dari penyakit yang berhubungan dengan emfisema paru-paru.

6. Membantu Menyembuhkan Penyakit Eksim

Daun pepaya juga dapat menjadi solusi yang baik untuk mengobati penyakit eksim. Daun pepaya memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan penyakit eksim.

7. Kesehatan Rambut

Daun pepaya juga mengandung senyawa yang disebut karpain yang dapat membersihkan kotoran dan minyak dari rambut, serta memperkuat rambut Anda tanpa efek samping.

8. Mengatur Tingkat Gula Darah

Daun pepaya dapat merangsang aktivitas insulin dalam tubuh, sehingga akan membantu Anda untuk mengatur kadar gula darah dan dapat mencegah penyakit diabetes. Selain itu, daun pepaya juga dapat menurunkan risiko komplikasi yang disebabkan oleh diabetes seperti kerusakan ginjal.

9. Meningkatkan Jumlah Trombosit

Daun papaya dapat bermanfaat untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh Anda. Banyak penelitian yang dilakukan di seluruh dunia bahwa mengkonsumsi daun pepaya dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh Anda dengan cepat.

10. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Salah satu manfaat kesehatan dari daun pepaya adalah mencegah pertumbuhan bakteri, terutama bakteri jahat yang dapat menyebabkan beberapa masalah di usus. Beberapa penelitian membuktikan bahwa daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan aktif yang dapat mencegah masuknya bakteri jahat dalam tubuh.

Senyawa karpain yang terkandung dalam daun pepaya juga bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri jahat dalam tubuh, dan kandungan senyawa tanin dalam daun pepaya dapat menghambat pertumbuhan cacing yang dapat melekat pada usus.

11. Mencegah Penyakit Ulkus Lambung

Daun pepaya juga mengandung senyawa yang dapat mencegah penyakit ulkus lambung. Para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi daun pepaya dapat meningkatkan aktivitas glutation peroksidase, yaitu salah satu antioksidan penting yang akan melawan radikal bebas.

12. Kesehatan Sistem Pencernaan

Adanya kandungan enzim papain, chymopapain, protease, dan amilase dalam daun pepaya akan sangat berguna untuk memecah nutrisi seperti protein, karbohidrat, dan mineral dari makanan yang akan mendukung sistem pencernaan. Daun papaya juga akan melindungi Anda dari penyakit pencernaan karena mengandung agen anti-mikroba dengan membunuh bakteri berbahaya yang akan menyebabkan tukak lambung.

13. Mencegah Penyakit Arteri Koroner

Penyakit arteri koroner bisa terjadi jika Anda memiliki jumlah tinggi kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Untuk mencegah penyakit ini, Anda perlu memiliki banyak Vitamin C yang terkandung dalam daun pepaya, yang kemudian akan membentuk antioksidan yang dapat meningkatkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh. Antioksidan ini sangat berguna juga untuk melindungi kesehatan jantung Anda dari penyakit arteri koroner.

14. Mencegah Kanker

Daun pepaya mengandung senyawa yang disebut acetogenin, yaitu senyawa yang secara luas dikenal memiliki khasiat terhadap berbagai jenis kanker.


Efek Samping Mengkonsumsi Daun Pepaya

1. Menimbulkan Gejala Alergi

Enzim papain yang terkandung dalam daun pepaya dapat merangsang beberapa alergi dengan menimbulkan gejala seperti, mata gatal dan hidung meler.

2. Berpotensi Berbahaya untuk Ibu Hamil

Ada saran bahwa ibu hamil lebih baik tidak mengkonsumsi daun papaya, karena ketika enzim papain diproses, dapat menjadi beracun bagi janin dan dapat menyebabkan cacat lahir. Sehingga daun pepaya untuk ibu hamil lebih lanjutnya bisa berkonsultasi dahulu dengan dokter ahli jika ingin mengkonsumsinya.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa pepaya memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat daun pepaya untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Daun Kucai serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat daun pepaya bagi kesehatan :

drhealthbenefits.com/herbal/leaves/health-benefits-of-papaya-leaves

id.wikipedia.org/wiki/Daun_pepaya

2 Comments