9 Khasiat Daun Legundi untuk Kesehatan

Legundi, yang memiliki nama latin Vitex trifolia L., merupakan salah satu tanaman yang sangat terkenal dalam dunia medis karena memiliki banyak khasiat herbal dan manfaat bagi kesehatan, serta dapat digunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Lalu apa saja manfaat daun legundi untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Daun Legundi
Tanaman legundi via drfarrahcancercenter.com

Kandungan dalam Tanaman Legundi

Tanaman legundi mengandung sejumlah nutrisi seperti viteksin, casticin, artemetin, luteolin, friedelin, sitosterol, glukosida, trimetil quercetagetin, triterpenoid friedelin, isoorientin, dan glukuronid. Bagian daun dan buah legundi mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu, semua bagian dari tanaman legundi ini mengandung minyak astiri. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika daun legundi ini sangatlah bermanfaat.

Manfaat Daun Legundi

Berikut 9 manfaat daun legundi bagi kesehatan:

1. Mengobati Sakit Tenggorokan

Manfaat daun legundi yang pertama yaitu dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Dimana sakit tenggorokan biasanya akan menyebabkan sakit ketika menelan makanan dan minuman. Untuk mengobatinya, Anda bisa menggunakan daun legundi yang direbus, lalu minum airnya 1 kali sehari secara rutin.

2. Mengobati Rahim Bengkak pada Wanita

Salah satu khasiat dan manfaat daun legundi yaitu dapat digunakan untuk mengobati pembesaran rahim atau rahim bengkak ini. Sebelum menggunakan daun legundi untuk pengobatan, disarankan untuk berkonsultasi dengan yang ahli terlebih dahulu mengenai anjuran penggunaannya agar dapat meminimalkan efek samping dari daun legundi.

3. Mengobati Sakit Batuk

Seperti yang telah diketahui bahwa terdapat berbagai jenis batuk, seperti batuk kering hingga batuk berdahak. Untuk digunakan sebagai obat batuk dan meringankan rasa sakit ketika batuk terutama pada area paru-paru, Anda dapat mengonsumsi air rebusan daun legundi secara teratur atau meminumnya menjelang istirahat malam untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Membantu Mengobati Penyakit TBC

TBC atau dikenal juga dengan penyakit tuberkulosis (TB) merupakan salah satu penyakit menular yang cukup berbahaya dan dapat menyebabkan keluarnya darah ketika batuk. Untuk digunakan sebagai obat TBC, Anda dapat mengonsumsi air rebusan daun legundi secara teratur untuk mengurangi terjadinya pendarahan pada saat batuk.

5. Mengobati Penyakit Cacingan

Seperti yang telah diketahui bahwa penyakit cacingan seringkali banyak diderita oleh anak-anak. Untuk mengobati cacingan ini, Anda dapat memberikan air rebusan daun legundi dengan dosis beberapa sendok saja setelah makan pada anak-anak untuk mencegah sekaligus membunuh cacing yang terdapat dalam perut.

Artikel terkait: Manfaat Daun Kelor

Selain 5 manfaat dan khasiat daun legundi yang telah disebutkan diatas, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari tanaman legundi yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari daun legundi:

6. Mengobati Sesak Nafas

7. Sebagai Obat Muntah Darah

8. Meredakan Demam Setelah Melahirkan

9. Meredakan Sakit Kepala


CARA MEMBUAT RAMUAN DAUN LEGUNDI

  1. Siapkan beberapa lembar daun legundi
  2. Cucilah hingga bersih
  3. Siapkan air putih sebanyak 3 hingga 4 gelas air putih ke dalam panci
  4. Tambahkan daun legundi yang telah dicuci bersih ke dalam panci
  5. Tunggu hingga mendidih dan tersisa kurang lebih sebanyak 1 gelas saja
  6. Jika Anda suka, Anda dapat menambahkan madu murni agar terasa lebih enak
  7. Ramuan obat herbal daun legundi siap dikonsumsi

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat daun legundi untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Maja atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

One Comment