Sayuran

11 Khasiat Daun Kucai untuk Kesehatan

Kucai atau bawang kucai dikenal sebagai sayuran daun. Daun kucai biasa digunakan dalam masakan bubur ayam. Kucai berdaun pipih dan bunganya berwarna putih. Daunnya beraroma tajam dan pekat namun berbeda dengan aroma daun bawang. Bunga kucai dapat digunakan pula sebagai rempah penyedap. Berikut artikel mengenai manfaat daun kucai untuk kesehatan.

Kucai merupakan tanaman berumbi, tetapi juga memiliki batang yang panjang dan berlubang yang merupakan bagian tanaman yang dapat dimakan. Dalam hal pengobatan, kucai juga memiliki sifat seperti bawang putih. Berikut ini manfaat kucai bagi kesehatan.

Manfaat Daun Kucai

Berikut 11 manfaat daun kucai bagi kesehatan :

1. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan senyawa organik yang terkandung dalam daun kucai dapat meringankan ketidaknyamanan pencernaan. Selain itu, daun kucai memiliki kualitas antibakteri alami yang dapat menghilangkan berbagai bakteri, terutama salmonella yang dapat mengganggu sistem pencernaan.

2. Kesehatan Kardiovaskular

Salah satu senyawa organik yang paling penting yang dapat ditemukan dalam daun kucai adalah allicin yang dapat menurunkan tingkat “kolesterol jahat” dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung.

Allicin juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi ketegangan kardiovaskular. Selanjutnya, quercetin dalam daun kucai juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan plak di arteri, mencegah aterosklerosis, menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tingginya kandungan vitamin C dalam daun kucai dapat membantu meningkatkan efektivitas sistem kekebalan tubuh dengan merangsang produksi sel darah putih dan merangsang produksi kolagen, yang merupakan komponen penting dalam penciptaan pembuluh darah, sel, jaringan, dan otot baru.

Baca juga : Manfaat Bawang Putih

4. Kesehatan Tulang

Adanya vitamin K dalam daun kucai sangat penting dalam pemeliharaan densitas mineral tulang dan integritas tulang, karena apabila kepadatan mineral tulang kita mulai menurun akan menyebabkan kondisi seperti osteoporosis dan memperburuk kondisi peradangan seperti arthritis.

5. Mencegah Risiko Kanker

Kandungan quercetin dalam daun kucai efektif dalam mencegah berbagai macam kanker, termasuk kanker payudara, prostat, usus, paru-paru, dan ovarium. Selain itu, vitamin C dan vitamin K juga membantu menurunkan kadar radikal bebas dalam tubuh yang dapat mempercepat penyebaran atau munculnya sel kanker. Kemudian, adanya zeaxanthin dan lutein yang merupakan senyawa antioksidan yang dapat menurunkan risiko kanker mulut.

6. Kesehatan Mata

Lutein dan zeaxanthin dalam daun kucai juga berfungsi mengurangi stres oksidatif dalam sistem mata dan menunda munculnya katarak di mata. Kedua zat tersebut dapat membantu memperlambat atau mencegah degenerasi makula, menjaga mata Anda sehat hingga usia tua.

Baca juga : Manfaat Bawang Merah

7. Mencegah Cacat Lahir

Kandungan asam folat dalam daun kucai sangat penting bagi ibu hamil yang ingin memastikan perkembangan kesehatan bayi mereka. Asam folat juga diyakini dapat mencegah cacat tabung saraf bagi bayi yang baru lahir.

8. Sistem Peredaran Darah

Hadirnya flavonoid dalam daun kucai  berperan menstabilkan tekanan darah dan mengurangi hipertensi, sedangkan vitamin C dapat membantu meningkatkan elastisitas pembuluh kapiler darah dan memfasilitasi penyerapan zat besi dalam tubuh. Kemudian, kandungan asam folat juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dengan mencegah penyempitan pembuluh darah dan mencegah pembekuan darah.

9. Anti Penuaan Dini

Vitamin C dan E dalam daun kucai memiliki sifat antioksidan yang dapat memerangi radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel dan mencegah penuaan kulit seperti garis-garis halus dan kerutan.

Baca juga : Manfaat Daun Bawang

10. Membantu Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Daun kucai kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan larut dalam air. Vitamin ini dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan kulit, mencegah memar dan dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat.

11. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Daun kucai dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan akar rambut. Selain itu, daun kucai juga efektif dalam mengurangi atau menghilangkan rasa gatal di kulit kepala.


Efek Samping Mengkonsumsi Daun Kucai

Mengkonsumsi daun kucai secara berlebihan dapat menyebabkan rasa ketidaknyamanan pada perut. Jika Anda alergi terhadap bawang atau anggota lain dari genus Allium, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli medis terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi daun kucai.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kucai memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat daun kucai untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Jengkol serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat daun kucai bagi kesehatan :

www.stylecraze.com/articles/benefits-of-chives-for-skin-hair-and-health/#gref

www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/chives.html

id.wikipedia.org/wiki/Kucai

Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.