8 Khasiat Daun Kersen untuk Kesehatan

Kersen merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat dan cukup populer dalam dunia kesehatan. Tidak hanya bagian buahnya, bagian daun dari tanaman kersen pun memiliki beragam manfaat yang sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Berikut artikel mengenai manfaat daun kersen untuk kesehatan dan efek sampingnya.

Manfaat Daun Kersen
Daun kersen via cloudmind.info

Tanaman kersen memiliki ranting yang berkarakter, berambut halus, dan memiliki cabang ranting yang mendatar serta menggantung di ujungnya. Bentuk dari daun kersen sendiri tidak terlihat simetris pada helaian daunnya, berseling dengan tepi yang bergerigi, bentuknya yang runcing pada bagian ujung, dan berwarna hijau muda hingga hijau tua.

Manfaat Daun Kersen

Berikut 8 manfaat daun kersen bagi kesehatan :

1. Baik untuk Penderita Diabetes

Manfaat daun kersen untuk diabetes. Tidak hanya bagian buahnya yang bermanfaat untuk diabetes, bagian daun dari tanaman kersen juga dapat digunakan untuk menyembuhkan diabetes. Kandungan saponin dan flavonoid pada daun kersen mampu menyereksi hormon insulin yang dibutuhkan tubuh dalam metabolisme gula.

2. Membantu Mengatasi Asam Urat

Manfaat daun kersen untuk asam urat. Asam urat merupakan penyakit yang sering dirasakan bagi individu lanjut usia, tetapi asam urat juga dapat menyerang kalangan dewasa maupun remaja. Untuk mengatasi asam urat, Anda dapat membuat ramuan yang dibuat dari air rebusan daun kersen.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat daun kersen yang selanjutnya adalah dapat membantu mencegah pertumbuhan tumor. Hal ini dikarenakan daun kersen mengandung flavonoid, tannin, dan saponin. Selain itu, ramuan yang terbuat dari rebusan daun kersen juga dapat menjadi antiseptik yang baik, yang dapat membantu mencegah peradangan.

4. Membantu Mengatasi Hipertensi

Daun kersen juga dapat digunakan untuk mengatasi hipertensi. Yang perlu Anda lakukan yaitu ambil daun kersen secukupnya, cuci bersih, lalu jemur hingga kering. Daun kersen kering ini dapat Anda gunakan sebagai ramuan yang diseduh ke dalam air panas, kemudian aduk hingga berubah warna kemerahan.

5. Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daun kersen mengandung antioksidan, yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang selanjutnya dapat membantu tubuh dalam mencegah berbagai serangan penyakit. Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk minuman yang terbuat dari rebusan daun kersen.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Daun kersen mengandung berbagai nutrisi yang berperan penting bagi kesehatan tubuh, salah satunya yaitu dapat menurunkan risiko terkena kanker dengan cara menghilangkan radikal bebas yang terdapat dalam tubuh.

7. Anti Inflamasi (Anti Peradangan)

Mengkonsumsi air rebusan daun kersen juga dapat membantu Anda dalam mengatasi peradangan. Hal ini dikarenakan daun kersen kaya akan vitamin yang dapat berfungsi dalam mencegah peradangan, seperti sariawan atau panas dalam.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat lain dari daun kersen adalah untuk menjaga otot jantung agar tetap berfungsi dengan baik. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan yang terdapat dalam daun kersen dapat bekerja secara aktif dalam melindungi fungsi otot jantung.

Artikel terkait :


Peringatan dan Efek Samping Daun Kersen

Meskipun daun kersen dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, daun kersen juga memiliki efek samping yang perlu Anda pertimbangkan. Daun kersen yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti gejala alergi, sakit perut, muntah, hingga gangguan ginjal. Selain itu, ibu hamil juga dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi daun kersen sebelum berkonsultasi dengan yang ahli atau dokter.

Selain konsumsi yang berlebihan, efek samping daun kersen juga dapat disebabkan karena daun kersen yang kurang bersih ketika diolah. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini Anda perlu mencuci dengan air bersih yang mengalir untuk mengurangi bakteri dan kotoran lainnya.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa tanaman kersen memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat daun kersen untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Air Tajin atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

One Comment