Categories: HerbalTumbuhan

27 Khasiat Daun Binahong untuk Kesehatan

Binahong merupakan salah satu tanaman obat yang memiliki banyak khasiat dalam mencegah serta mengobati berbagai macam penyakit. Bagian tanaman binahong yang biasa digunakan sebagai pengobatan adalah daunnya. Oleh karena itu, pada artikel ini akan membahas tentang berbagai manfaat daun binahong untuk kesehatan dan efek sampingnya.

Daun binahong via blogspot.com

Pada dasarnya, daun binahong telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional di beberapa negara bagian. Di negara Cina sendiri, seluruh bagian tanaman binahong dapat digunakan untuk pengobatan, termasuk bagian umbi dan batangnya. Kini tanaman binahong juga banyak ditemui di Indonesia dan digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Daun Binahong

Berikut 27 manfaat daun binahong bagi kesehatan :

1. Mencegah Kanker

Manfaat daun binahong yang pertama adalah untuk mengurangi risiko terkena kanker. Hal ini dikarenakan daun binahong mengandung antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas pembentuk kanker. Selain itu, kandungan vitamin C dalam daun binahong juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Khasiat daun binahong mengandung minyak atsiri dan asam askorbat yang sangat bermanfaat untuk menutup luka dan menjadi antiseptik alami. Untuk mendapatkan khasiat daun binahong untuk mempercepat penyembuhan luka, Anda dapat menumbuk beberapa daun binahong hingga halus, kemudian oleskan pada bagian yang terluka.

3. Memulihkan Stamina Tubuh

Kandungan yang terdapat pada daun binahong juga dapat membantu mengembalikan tenaga dan stamina pada tubuh Anda setelah melakukan aktivitas seharian. Untuk penggunaannya, Anda dapat merebus selembar daun binahong dengan dua gelas air mendidih hingga tersisa setengahnya. Lalu minumlah ramuan tersebut secara rutin.

4. Mencegah Diabetes

Manfaat daun binahong untuk diabetes. Kandungan zat alkoloid dalam daun binahong dapat membantu memulihkan kesehatan bagi penderita diabetes. Hal ini dikarenakan zat alkoloid memiliki sifat hipoglikemik yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

5. Membantu Mencegah dan Mengobati Asma

Daun binahong juga sangat berkhasiat dalam mencegah terjadinya sesak nafas. Dimana daun yang menyehatkan ini dapat membantu memperlancar sistem pernafasan Anda, sehingga kinerja paru-paru akan menjadi lebih baik. Oleh karena itu, manfaat daun bihanong ini sangat cocok digunakan oleh penderita asma.

6. Mencegah Tekanan Darah Rendah

Khasiat daun binahong sering digunakan dalam pengobatan tradisional atau herbal untuk mencegah terjadinya tekanan darah rendah. Dimana tekanan darah rendah dapat membuat tubuh Anda mudah terasa letih dan lemas. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan daun binahong secara rutin untuk menormalkan tekanan darah.

7. Meredakan Sakit Batuk

Kegunaan daun binahong sebagai obat yaitu dapat menjadi daun yang menyehatkan untuk meredakan gejala batuk. Daun binahong ini juga sangat efektif untuk menghentikan pendarahan yang terjadi ketika sakit batuk menjadi semakin parah atau batuk berdarah.

8. Sebagai Pengobatan Sakit Maag

Khasiat daun binahong yang selanjutnya yaitu dapat menjadi obat untuk mengobati sakit maag. Untuk membuatnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu merebus daun binahong sebanyak sepuluh lembar ke dalam satu gelas air hingga mendidih. Air rebusan daun binahong tersebut dapat Anda konsumsi selama tiga kali sehari.

Artikel terkait:

Selain delapan manfaat daun binahong untuk kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat banyak manfaat daun binahong lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut berbagai manfaat daun binahong lainnya:

9. Mengobati asam urat

10. Menghangatkan badan

11. Meningkatkan nafsu makan

12. Mengatasi jerawat

13. Mengobati gusi berdarah

14. Pengobatan hidung mimisan

15. Mengobati disentri

16. Digunakan sebagai pengobatan luka bakar

17. Pengobatan ambeyen berdarah

18. Mengatasi radang

19. Menyembuhkan memar

20. Mencegah stroke

21. Mengobati sakit kepala

22. Obat gatal pada kulit

23. Mencegah radang usus

24. Menyehatkan tubuh setelah melahirkan

25. Sebagai obat rematik

26. Menghaluskan kulit

27. Mencegah penuaan dini


Efek Samping Daun Binahong

Ketika menggunakan daun binahong sebagai pengobatan alternatif, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, hindari penggunaan daun binahong bersamaan dengan makanan yang mengandung kafein seperti kopi dan teh untuk mengurangi dampak efek sampingnya. Bagi ibu hamil dan wanita menyusui juga disarankan untuk menghindari penggunaan daun binahong.

Pada kasus tertentu, efek samping daun binahong dapat menyebabkan pusing, rasa gelisah, emosi tidak menentu, sulit tidur atau insomnia, sakit kepala, rasa mual, muntah, kesemutan, sulit buang air kecil, detak jantung berdebar, dan sebagainya. Oleh karena itu, berkonsultasi dengan yang ahli atau dokter sebelum menggunakan daun binahong merupakan langkah yang tepat untuk mencegah terjadinya efek samping.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa tanaman binahong memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat daun binahong untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Cempedak atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Ringkasan
Judul Artikel
27 Khasiat Daun Binahong untuk Kesehatan
Deskripsi
Manfaat daun binahong yaitu dapat untuk mencegah kanker, mempercepat penyembuhan luka, memulihkan stamina tubuh, mencegah diabetes, mengatasi sakit asma, mencegah tekanan darah rendah, meredakan sakit batuk, sebagai pengobatan sakit maag, dan sebagainya.
Penulis
Penerbit
Khasiat Sehat
Logo Penerbit
Share

Recent Posts

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com - Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh…