15 Khasiat Daun Bawang untuk Kesehatan

Daun bawang merupakan salah satu dari berbagai jenis spesies Allium. Daunnya segar, renyah, berukuran menengah, lurus dan tinggi dengan tubulus hijau dan bola putih. Daun bawang memiliki daun hijau berongga, memiliki rasa bawang yang relatif ringan, dan dapat dikonsumsi sebagai sayuran, baik mentah atau dimasak. Daun bawang dapat tumbuh sekitar 20 inci tingginya. Berikut artikel mengenai manfaat daun bawang untuk kesehatan.

Membersihkan daun bawang sebelum dikonsumsi sangatlah penting dikarenakan ketika masa perawatan tanaman sebagian besar petani daun bawang menggunakan pestisida. Daun bawang harus dibilas di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan debu serta pestisida. Setelah bersih, maka daun bawang sudah siap untuk dikonsumsi sebagai makanan maupun sebagai obat herbal.

Asal Usul Daun Bawang

Daun bawang ini telah menjadi obat populer dalam pengobatan tradisional Asia selama ribuan tahun, pertama kali dijelaskan sekitar 2.000 tahun yang lalu di Cina. Tumbuhan ini berkembang di iklim hangat. Daun bawang memang berasal dari Asia, akan tetapi kini sudah tumbuh di banyak negara bagian di dunia.

15 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Daun Bawang

Berikut 15 manfaat daun bawang untuk kesehatan.

1. Kesehatan Mata

Kesehatan mata adalah salah satu manfaat daun bawang yang terbesar. Daun bawang menghasilkan protein yang disebut rhodopsin dan memiliki vitamin A di dalamnya. Rhodopsin sangat penting bagi retina untuk menyerap lebih banyak cahaya, sehingga akan mencegah Anda dari kebutaan malam dan juga dapat mempertajam penglihatan Anda. Sedangkan vitamin A dalam daun bawang juga akan melindungi mata dari berbagai gangguan seperti katarak dan ulkus kornea.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun bawang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Menurut ahli kesehatan, daun bawang memiliki phytochemical di dalamnya, terutama flavonoid seperti antosianin dan quercetin. Nutrisi tersebut sangat penting untuk meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh.

3. Mencegah Kanker

Daun bawang memiliki sumber besar flavonoid yang berfungsi mencegah kanker. Senyawa flavonoid ini akan mencegah kanker dengan cara menghambat enzim yang akan melepaskan radikal bebas dalam tubuh kita yang akan melakukan beberapa kerusakan pada DNA.

Selain itu, seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa daun bawang juga mengandung banyak Vitamin A. Kombinasi Vitamin A dan jenis flavonoid seperti lutein, karoten, dan zeaxanthine akan sangat baik untuk melindungi Anda dari kanker paru-paru.

4. Kesehatan Jantung

Selain vitamin A, daun bawang juga banyak mengandung vitamin C. Kedua vitamin ini dikenal sifat antioksidannya. Antioksidan akan bermanfaat untuk melindungi kesehatan jaringan selular dan DNA karena antioksidan akan melawan radikal bebas. Selain itu, vitamin C dalam daun bawang juga akan mengurangi tekanan darah tinggi, yang kemudian akan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Meningkatkan Kekuatan Tulang Anda

Tidak hanya produk susu yang dapat meningkatkan kekuatan tulang, tetapi daun bawang juga memiliki kemampuan besar untuk meningkatkan kekuatan tulan. Hal ini dikarenakan daun bawang mengandung banyak vitamin K dan vitamin C yang sangat penting untuk meningkatkan kepadatan tulang.

Pada sekitar 12 gram daun bawang, Anda akan mendapatkan sekitar 20 mikrogram vitamin K dan 1,6 miligram untuk Vitamin C. Kedua vitamin ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang Anda.

6. Kesehatan Pembuluh Darah

Daun bawang mengandung senyawa yang disebut allicin berfungsi meredakan kekakuan pada pembuluh darah karena dapat melepaskan nitrat oksida. Selain itu, allicin juga berfungsi untuk mencegah pembekuan darah, serta akan melindungi Anda dari penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

7. Mengobati dan Mencegah Diabetes

Menurut ahli kesehatan, daun bawang mengandung sulfur yang benar-benar bermanfaat untuk menurunkan tingkat gula darah dalam tubuh. Tidak hanya itu, senyawa sulfur dalam daun bawang juga sangat baik untuk merangsang sensitivitas insulin dan meningkatkan tingkat insulin. Jadi, daun bawang akan sangat berguna bagi mereka yang menderita diabetes maupun mereka yang ingin menghindari diabetes.

8. Kesehatan Pencernaan

Daun bawang memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri yang berfungsi membunuh bakteri jahat yang akan menyebabkan diare. Selain itu, senyawa Vitamin C yang terkandung dalam daun bawang ini akan meningkatkan penyerapan nutrisi dan membantu pencernaan makanan, sehingga akan mencegah sembelit atau tinja berair.

9. Mengurangi Nyeri Saat Haid

Menurut pengobatan Cina, nyeri haid atau kram menstruasi akan terjadi setiap kali tubuh perempuan terlalu dingin. Jadi, untuk mengatasi hal itu Anda perlu mengkonsumsi makanan yang memiliki efek pemanasan pada tubuh. Beberapa makanan yang memiliki efek pemanasan pada tubuh ialah seperti jahe, kayu manis, gula merah, pala, dan semua jenis bawang.

10. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Senyawa allicin yang terkandung pada daun bawang juga berfungsi melindungi kulit Anda dari penuaan dini dan kerutan. Selain itu, allicin dari daun bawang akan membuat kulit tampak bersinar.

11. Meringankan Peradangan

Daun bawang bermanfaat untuk meredakan peradangan karena mengandung aquercetin, yang merupakan antioksidan yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-histamin.

12. Mencegah Obesitas

Daun bawang memiliki kalori yang sangat rendah. Dalam 1 cangkir daun bawang hanya mengandung sekitar 32 kalori. Tidak hanya itu, daun bawang juga mengandung nutrisi-nutrisi yang bermanfaat untuk mencegah obesitas. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa mengkonsumsi daun bawang secara rutin dapat menghilangkan kelebihan lemak.

13. Mengobati Anemia

Daun bawang bawang dapat mengobati anemia dikarenakan daun bawang mengandung banyak zat besi, yang akan berfungsi menghasilkan hemoglobin dan sel darah merah.

14. Menyembuhkan Luka

Daun bawang juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka, terutama luka terbuka. Hal ini dikarenakan daun bawang bawang mengandung senyawa sulfur yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai cedera luka. Selain itu, daun bawang memiliki sifat anti-bakteri, sehingga akan membunuh berbagai bakteri yang akan memperburuk luka Anda dalam sepersekian detik.

15. Baik Untuk Wanita Hamil

Daun bawang mengandung asam folat juga vitamin B3. Asam folat adalah nutrisi yang akan membawa efek baik untuk perkembangan janin. Tidak hanya itu, asam folat dapat mengurangi risiko cacat pada bayi. Sehingga daun bawang akan sangat bermanfaat bagi wanita yang sedang hamil.


Cara Menyimpan bawang daun bawang

  • Jika Anda hanya tidak akan segera mengkonsumsi daun bawang, Anda dapat menempatkannya di kantong plastik dan dan menyimpannya dalam lemari es (maksimal dalam kurun waktu 5 hari).
  • Anda dapat membungkus daun bawang dengan kertas tebal, dan kemudian disimpan dalam suhu kering dan sejuk. Jangan menyimpan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Peringatan Ketika Mengkonsumsi Daun Bawang

Efek samping dari bawang daun bawang masih belum diketahui sampai sekarang. Tetapi Anda perlu mengetahui bahwa kekuatan daun bawang dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Selain itu, sesuai dengan pengobatan Cina, daun bawang tidak harus dikombinasikan dengan madu. Akan lebih baik jika mengkombinasikan daun bawang dengan jahe, lada putih, dan sayuran lainnya.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa daun bawang memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat daun bawang untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Singkong serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi Artikel Manfaat Daun Bawang :

  • drhealthbenefits.com/food-bevarages/vegetables/health-benefits-of-scallions-onion
  • www.encyclopedia.com/plants-and-animals/plants/plants/scallion
4 Comments