20 Khasiat Daun Alpukat untuk Kesehatan

Alpukat sudah biasa dikonsumsi sebagai buah yang banyak memiliki khasiat kesehatan. Selain memiliki rasa yang lezat, alpukat juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Namun perlu diketahui bahwa nutrisi bermanfaat tidak hanya diperoleh dari buah alpukat melainkan dapat pula diperoleh dari daun alpukat. Berikut artikel mengenai manfaat daun alpukat untuk kesehatan.

Daun alpukat merupakan daun herbal yang berguna untuk berbagai keperluan pengobatan tradisional dan telah lama digunakan sebagai ramuan yang bisa meringankan berbagai keluhan kesehatan. Daun alpukat mengandung banyak zat yang berguna bagi tubuh kita, seperti flavonol, quercetin, glikosida, polifenol, estragole, alpha dan beta pinene, cineol, limonene, serotonin, flavonoid, dan lain-lain. Berikut ini beberapa manfaat daun alpukat bagi kesehatan.

20 Manfaat Daun Alpukat untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Daun Alpukat

Berikut 20 manfaat daun alpukat bagi kesehatan :

1. Melindungi Tubuh Dari Penyakit Degeneratif

Senyawa flavonol dalam daun alpukat memiliki mekanisme untuk melindungi tubuh dari penyakit degeneratif, seperti osteoarthritis. Hal ini dapat menjadikan daun alpukat sebagai alternative alami untuk mencegah penuaan dini.

2. Bertindak Sebagai Diuretik

Daun alpukat mengandung quercetin yang bertindak sebagai agen diuretik yang akan membantu Anda untuk buang air kecil dan menghilangkan sisa-sisa metabolisme.

3. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Daun alpukat mengandung polifenol dan pinene, yaitu  zat yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Disamping itu Anda juga dapat memanfaatkan daun alpukat untuk mencegah infeksi.

4. Membantu Mengobati Batu Ginjal

Daun alpukat mengandung alkaloid, flavonoid, dan saponin yang dapat memecah batu ginjal dan meningkatkan fungsi ginjal.

5. Menstabilkan Tekanan Darah

Limonene yang terkandung dalam daun alpukat dapat bertindak sebagai obat alami untuk menstabilkan tekanan darah dan mencegah hipertensi.

6. Mengurangi Serangan Asma

Daun alpukat mengandung pinene yang dapat mengurangi serangan asma melalui beberapa mekanisme. Zat ini memiliki efek bronkodilator, mengurangi peradangan, dan meningkatkan aliran udara ke paru-paru. Hal inilah yang membuat daun alpukat menjadi obat serangan asma.

7. Membantu Menyembuhkan Sakit Kepala

Quercetin dan pinene pada daun alpukat dapat membantu menyembuhkan sakit kepala, gejala nyeri dan gangguan di otak.

8. Membantu Mencegah Kanker

Kandungan pinene dan limonene pada daun alpukat dapat mencegah kanker, yaitu dengan menghambat pertumbuhan sel kanker dan bertindak sebagai chemoprotective agent.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Daun alpukat mengandung antioksidan yang dapat membantu membersihkan kulit dan pori-pori. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan yang besar bagi kesehatan kulit Anda. Untuk mendapatkan manfaat ini Anda harus menumbuk daun alpukat muda dan menerapkannya dengan mengoleskan pada kulit Anda selama 5-10 menit, lalu cuci.

10. Mengurangi Nyeri Punggung

Pinene yang terkandung dalam daun alpukat dapat mengurangi rasa sakit di semua bagian tubuh, terutama untuk nyeri punggung.

[ Baca juga : Manfaat Buah Alpukat ]

11. Mengurangi Pembengkakan

Kandungan quercetin pada daun alpukat dapat mengurangi pembengkakan tubuh melalui mekanisme dalam meminimalkan zat inflamasi. Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan ini dengan menumbuk daun alpukat kemudian tumbukan tersebut ditaruh ke daerah pembengkakan, diamkan selama  4-5 jam dan kemudian mencucinya.

12. Mengobati Sariawan

Sariawan dapat berasal dari bakteri atau kerusakan di daerah rongga mulut. Hal ini dapat dihilangkan dengan kandungan polifenol dalam daun alpukat.

13. Membantu Mengobati Diabetes

Daun alpukat dapat mengobati diabetes yang berasal dari kandungan glikosida nya. Glikosida dapat menggantikan gula yang dibutuhkan tubuh sehingga akan mengurangi asupan gula berlebih pada tubuh Anda.

14. Mengurangi Tingkat Kolesterol

Limonene pada daun alpukat dapat mengurangi trigliserida dan kolesterol total secara efektif sehingga sangat bermanfaat untuk mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh.

15. Membantu Mengobati Radang Sendi

Adanya senyawa quercetin dalam daun alpukat juga dapat bertindak sebagai agen anti-inflamasi sehingga dapat membantu mengobati penyakit arthritis.

16. Bertindak Sebagai Agen Detoksifikasi

Senyawa flavonol dalam daun alpukat dapat membersihkan darah dari zat beracun dan membuangnya melalui urine. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan yang luar biasa dari daun alpukat sebagai agen detoksifikasi.

17. Membantu Mengobati Diare

Limonene yang terkandung dalam daun alpukat juga memiliki mekanisme untuk menjaga keseimbangan pencernaan dan meningkatkan fungsi usus. Ini bermanfaat untuk mengobati diare dan masalah pencernaan lainnya.

18. Meningkatkan Produksi ASI Selama Menyusui

Daun alpukat dapat berguna bagi perempuan selama menyusui. Kandungan estragole  dalam daun alpukat dapat meningkatkan produksi ASI pada wanita.

19. Mengurangi Kecemasan dan Mencegah Insomnia

Daun alpukat juga dapat mengurangi kecemasan dan mencegah insomnia yang melalui kandungan serotonin nya. Serotonin memainkan peran penting dalam mengatur suasana hati, mengendalikan nafsu makan, dan tidur. Selain itu, kandungan limonene juga turut memberikan manfaat kesehatan untuk mengurangi kecemasan.

20. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun alpukat mengandung limonene yang bertindak sebagai penekan nafsu makan sehingga mencegah penambahan berat badan Anda.


Efek Samping Daun Alpukat

Selain memberikan sejumlah manfaat kesehatan, daun alpukat juga memiliki beberapa efek samping, seperti adanya efek toksik. Beberapa ahli menyatakan bahwa tanaman alpukat dapat menghasilkan daun yang dapat menjadi racun. Oleh karena itu dianjurkan untuk mengkonsumsi daun alpukat secukupnya dan tidak berlebihan.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa daun alpukat memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat daun alpukat untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Daging Domba serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat daun alpukat untuk kesehatan :

  • drhealthbenefits.com/herbal/leaves/health-benefits-of-avocado-leaves
  • www.thealthbenefitsof.com/health-benefits-of-avocado-leaves/
One Comment