14 Khasiat Daging Sapi untuk Kesehatan

Daging sapi merupakan salah satu jenis bahan makanan berbasis daging yang paling banyak digemari oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan tidak hanya memiliki rasa yang lezat, daging sapi yang dimasak dengan cara yang tepat juga dapat memberikan berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat daging sapi untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Daging Sapi
Gambar daging sapi via Indiatimes.com

KANDUNGAN GIZI DAGING SAPI

Daging sapi memiliki kandungan gizi yang sangat beragam. Dimana setiap 100 gram daging mengandung protein 26 gram, lemak 15 gram, kolesterol 90 mg, natrium 72 mg, kalium 318 mg, kalsium 18 mg, zat besi 2,6 mg, vitamin D IU, vitamin B6 0,4 mg, vitamin B12 2,6 mikroram, Magnesium 21 mg. Berbagai kombinasi dari nutrisi tersebutlah yang membuat daging ini menjadi sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Daging Sapi

Berikut 14 manfaat daging sapi bagi kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat daging sapi yang pertama yaitu dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan daging ini memiliki berbagai kandungan mineral, vitamin, serta protein yang berperan penting untuk meregenerasi sel kulit, sehingga kesehatan kulit dapat tetap terjaga.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daging sapi yang selanjutnya yaitu dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Dimana protein yang terkandung pada daging sapi merupakan suatu senyawa yang sangat berperan penting untuk mempercepat proses penyembuhan luka, sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut.

3. Mencegah Stroke

Salah satu penyebab stroke adalah karena sel-sel syaraf tidak mendapat asupan oksigen yang cukup dari pembuluh darah kapiler. Kandungan asam lemak jenuh dalam daging sapi dapat memperlancar sistem sirkulasi darah. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah cara mengolahnya, karena yang terbaik tentu dari cara direbus atau dipanggang.

4. Mencegah Penyakit Anemia

Kandungan zat besi yang terdapat dalam daging sapi merupakan salah satu struktur penyusun utama sel-sel darah merah. Produksi sel darah merah pun dapat meningkat dan mampu mencukupi kebutuhan tubuh. Sehingga, dapat mencegah dari penyakit kekurangan darah merah atau anemia.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam daging sapi ternyata dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Hal inilah yang membuat orang-orang yang rutin mengonsumsi daging ini memiliki tingkat daya tahan tubuh yang lebih baik.

6. Meningkatkan Kecerdasan Otak (Kognitif)

Meningkatkan kecerdasan otak merupakan salah satu khasiat daging sapi yang terbaik untuk masa tumbuh kembang anak. Hal ini karena adanya kandungan zat protein, omega 3, dan omega 6. Dimana berbagai kandungan tersebut dapat membantu kemampuan kognitif si anak dapat meningkat secara efektif.

7. Sebagai Sumber Energi

Daging sapi dapat menjadi sumber energi yang ideal. Dimana setiap 100 gram daging sapi dapat memberikan energi sekitar 250 kkal. Hal itu merupakan jumlah energi yang cukup besar sehingga dapat mencukupi kebutuhan energi harian, di samping dari sumber karbohidrat.

8. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daging ini sangat baik untuk program diet Anda. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daging ini dapat berperan sebagai sumber energi dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga secara tidak langsung dapat membuat berat badan tetap ideal sehingga tubuh tetap sehat dan tak mudah terserang penyakit.

9. Perkembangan Massa Otot

Daging sapi mengandung protein yang cukup tinggi tinggi sehingga dapat membantu tubuh Anda dalam meningkatkan massa otot, mengencangkan, sekaligus menguatkan. Beberapa atlet binaragawan juga menyertakan daging ini ke dalam menu harian sehat mereka. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang membentuk tubuh agar menjadi lebih berotot tidak ada salahnya mengonsumsi daging ini.

Artikel terkait:

Selain 9 khasiat dan manfaat daging sapi yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari daging ini yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari daging sapi:

10. Mencegah Obesitas

11. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

12. Meningkatkan Fokus / Konsentrasi

13. Menjaga Fungsi Hati

14. Meningatkan Kesuburan Pria


TIPS MEMILIH DAGING SAPI

Berikut beberapa ciri-ciri daging sapi yang segar, sehat, dan layak dikonsumsi:

  • Perhatikan warna daging, yaitu berwarna merah, tidak pucat, mengkilat, dan tidak kotor.
  • Perhatikan tekstur daging, yaitu tekstur elastis atau kenyal atau tidak lembek.
  • Perhatikan aroma daging, yaitu hindari bau daging yang terasa asam atau menyengat.
  • Hindari memilih daging sapi yang berlendir atau berair.

EFEK SAMPING DAGING SAPI

Pada dasarnya daging sapi dapat memberikan beragam manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi pada batas wajar atau tidak berlebihan. Karena jika mengonsumsi daging sapi terlalu sering atau berlebihan dapat meningkatkan kadar protein lemak dalam tubuh yang dapat berisiko obesitas dan meningkatnya kadar kolesterol jahat (LDL).

Tidak hanya itu saja, tetapi risiko terkena serangan penyakit jantung pun dapat meningkat dan efek yang dihasilkan karena mengonsumsi daging merah yang berlebih juga dapat meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, konsumsilah daging ini secukupnya dan diimbangi dengan asupan nutrisi lainnya yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsi buah buahan dan sayuran.


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat daging sapi untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kedelai Hitam atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: