Bahan Makanan

10 Khasiat Cuka Apel untuk Kesehatan

Cuka apel merupakan salah satu jenis cuka yang paling populer dalam hal kesehatan. Cuka apel diklaim dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, yang beberapa diantaranya didukung oleh ilmu pengetahuan. Berikut artikel mengenai manfaat cuka apel untuk kesehatan.

Kandungan Gizi Cuka Apel

Cuka sari apel diketahui mengandung unsur-unsur seperti berikut: vitamin, mineral, asam amino, asam organik (asam asetat dan asam sitrat), dan senyawa polifenol (mikronutrien yang dikenal untuk peran mereka dalam mencegah penyakit), serta magnesium dan vitamin B6, yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap sehat.

Manfaat Cuka Apel

Selama berabad-abad, cuka telah digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga dan memasak. Disamping itu, cuka (terkhususnya cuka apel) juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Berikut 10 manfaat cuka apel untuk kesehatan :

1. Membantu Mengatasi Masalah Perut

Minum cuka apel yang dicampur dengan air untuk mengatasi sakit perut. Jika diare Anda disebabkan oleh infeksi bakteri, cuka apel dapat membantu mengatasinya berkat sifat antibiotiknya. Terlebih lagi, beberapa ahli pengobatan berpendapat bahwa cuka sari apel mengandung pektin, yang dapat membantu menenangkan kejang usus.

2. Membantu Menurunkan Kolesterol

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan hubungan cuka apel dengan kemampuannya menurunkan kolesterol pada manusia, tetapi ada sebuah studi di tahun 2006 menyatakan bahwa asam asetat dalam cuka dapat menurunkan kolesterol jahat pada hewan tikus.

3. Mencegah Gangguan Pencernaan

Untuk mencegah gangguan pencernaan, Anda dapat membuat ramuan tradisional: tambahkan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh cuka apel yang dicampurkan kedalam segelas air hangat, minumlah 30 menit sebelum Anda akan makan.

4. Membantu Mengatasi Ketombe

Pada websitenya, Dr. Mehmet Oz menyarankan cuka apel untuk mengatasi ketombe. Keasaman cuka apel dapat mengubah pH kulit kepala Anda, sehingga mencegah pertumbuhan ketombe.

5. Membantu Mengatasi Jerawat

Cuka apel dapat digunakan sebagai toner alami yang dapat bertindak sebagai pengobatan alami untuk mengatasi jerawat dan membuat kulit tampak lebih sehat. Sifat antibakteri dapat membantu mencegah jerawat, serta asam malat dan laktat yang dapat ditemukan dalam cuka apel dapat melembutkan kulit dan menyeimbangkan pH kulit Anda.

6. Meningkatkan Energi

Cuka apel mengandung kalium dan enzim yang dapat menghilangkan perasaan lelah. Ketika Anda merasa kelelahan, tambahkan satu atau dua sendok makan cuka apel ke dalam segelas air untuk meningkatkan energi Anda.

7. Mengatasi Bau Mulut

Anda dapat menghilangkan bau mulut dengan menggunakan cuka apel. Anda dapat berkumur menggunakan cuka apel, atau minum satu sendok teh cuka apel (Anda dapat mencampurkannya dengan air untuk lebih encer) untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut.

8. Membantu Memutihkan Gigi dan Kesehatan Mulut

Berkumurlah dengan cuka apel di pagi hari. Cuka dapat membantu menghilangkan noda, memutihkan gigi, dan membunuh bakteri di mulut dan gusi. Kemudian Anda dapat menggosok gigi seperti biasa setelah Anda berkumur. Selain itu Anda juga dapat menggunakan garam sebagai alternatif pasta gigi.

9. Mencegah Risiko Diabetes

Beberapa penelitian telah menunjukkan korelasi antara cuka apel dan kadar gula darah. Dalam sebuah studi, peserta mengkonsumsi dua sendok makan cuka apel sebelum tidur dan melihat gula darah mereka turun 4 sampai 6 persen pada saat mereka terbangun. Hal ini dikarenakan efek anti-glikemik dari asam dalam cuka apel.

10. Detoksifikasi

Sebagai bagian dari menyeimbangkan pH tubuh, cuka ape juga dapat menciptakan detoksifikasi pada keseluruhan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa hal itu dapat membantu merangsang sirkulasi kardiovaskular dan membantu detoksifikasi hati.

Baca juga :

  1. Manfaat Buah Apel
  2. Manfaat Madu

Peringatan dan Efek Samping Cuka Apel

Secara umum, mengkonsumsi cuka apel dalam jumlah kecil dianggap sangat aman. Namun, banyak dokter menyarankan agar Anda tidak mengkonsumsi cuka apel secara berlebihan karena dikaitkan dengan kadar kalium rendah yang dapat menyebabkan kram otot maupun kondisi lainnya.

Anda juga disarankan agar lebih baik tidak mengkonsumsi cuka apel secara langsung, karena cuka apel memiliki rasa yang sangat asam, dan hal itu dapat membahayakan kerongkongan Anda dan mungkin saja menyebabkan kerusakan gigi.

Jika Anda memiliki jenis kondisi kesehatan yang kronis, maka lebih bijaksana jika Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi cuka apel.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa cuka memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat cuka apel untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Teh Hitam serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat cuka apel untuk kesehatan :

www.rd.com/health/wellness/apple-cider-vinegar-benefits/

www.cosmopolitan.com/health-fitness/a48500/apple-cider-vinegar-benefits/

authoritynutrition.com/6-proven-health-benefits-of-apple-cider-vinegar/

mamavation.com/2015/01/25-ways-apple-cider-vinegar-will-change-life.html

www.mindbodygreen.com/0-5875/15-Reasons-to-Use-Apple-Cider-Vinegar-Every-Day.html

image by : www.huffingtonpost.com

Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.