13 Khasiat Chia Seed untuk Kesehatan

Chia seed atau biji chia telah menjadi salah satu makanan yang paling populer dalam komunitas kesehatan. Chia seed awalnya tumbuh di Meksiko, dan menjadi bahan makanan yang sangat dihargai karena memiliki sifat pengobatan dan nilai gizinya. Berikut artikel mengenai manfaat chia seed untuk kesehatan.

Kandungan Gizi Chia Seed

1 ons (28 gram) porsi chia seed atau biji chia mengandung 11 gram serat, 4 gram protein, 4915 mg asam lemak omega 3, 1620 asam lemak omega 6, 77 mg kalsium, 0.1 mg tembaga, 265 mg, 44.8 mg kalium, 1 mg zinc.

Selain itu, chia seed juga mengandung nucin, strontium, vitamin A, vitamin B, vitamin E, dan vitamin D, serta mengandung beberapa mineral termasuk belerang, zat besi, yodium, magnesium, mangan, niasin, dan tiamin, yang semuanya merupakan sumber yang kaya akan antioksidan.

Manfaat Chia Seed

Berikut manfaat chia seed bagi kesehatan :

1. Kaya akan Antioksidan

Chia seed atau biji chia kaya akan antioksidan yang dapat membantu Anda dalam melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, penuaan dini, dan juga kanker.

2. Asam Lemak Omega 3

Chia seed kaya akan lemak tak jenuh ganda, terutama asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 dalam chia seed dapat membantu Anda dalam mengurangi peradangan, meningkatkan kinerja kognitif, dan membantu dalam mengurangi kolesterol tinggi. Baca juga : Manfaat Omega 3

3. Mengontrol Gula Darah

Chia seed dapat memainkan peran penting dalam mengatur kadar insulin. Chia seed atau biji chia dapat mengurangi resistensi insulin dan menurunkan tingkat tinggi insulin dalam darah.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Chia seed kaya akan serat, yang dapat membuat Anda merasa lebih kenyang lebih cepat. Dengan begitu, chia seed dapat mengekang rasa lapar dan menekan nafsu makan, yang juga dapat membantu Anda dapat menurunkan berat badan.

5. Kesehatan Jantung

Peningkatan asupan serat telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Studi terbaru juga menunjukkan bahwa serat makanan memiliki kemungkinan memainkan peran dalam mengatur sistem kekebalan tubuh dan peradangan. Dengan begitu, chia seeds dapat menurunkan risiko kondisi terkait peradangan seperti penyakit jantung, diabetes, kanker, dan juga obesitas.

6. Kesehatan Pencernaan dan Detoksifikasi

Menjalani diet dengan serat yang memadai dapat mencegah sembelit dan menjaga saluran pencernaan yang sehat. Dengan buang air besar yang teratur merupakan hal yang penting untuk membuang racun dari dalam tubuh.

7. Kesehatan Tulang

Chia seed mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, termasuk kalsium, fosfor, magnesium, dan protein. Selain itu, chia seeds juga dapat menjadi alternatif sumber kalsium bagi Anda yang tidak mengkonsumsi susu. Baca juga : Manfaat Susu

8. Memberikan Tambahan Energi

Chia seed dapat memberikan tambahan energi untuk Anda. Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Strength and Conditioning, menyimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi chia seeds dapat meningkatkan kinerja olahraga yang dilakukan selama 90 menit.

9. Mencegah Kanker

Chia seed kaya akan asam alpha lineic (atau ALA), yaitu asam lemak omega 3. Dalam Journal of Molecular Biokimia, menemukan bahwa ALA dapat membatasi pertumbuhan sel kanker payudara dan kanker leher rahim. Lebih lanjut, juga menemukan bahwa hal tersebut dapat menyebabkan kematian bagi sel sel kanker tanpa merusak sel-sel yang sehat.

10. Kesehatan Gigi

Chia seeds dikemas dengan kalsium, fosfor, vitamin A, zinc, dan sebagainya sehingga tak mengherankan bahwa chia seed merupakan makanan yang dapat menyehatkan bagi gigi. Kalsium diperlukan untuk meningkatkan kesehatan gigi, sedangkan vitamin A dan fosfor juga penting untuk gigi yang kuat dan mulut yang sehat.

Manfaat Chia Seed untuk Ibu Hamil

Salah satu manfaat mengkonsumsi chia seed atau biji chia yaitu dapat membantu menggantikan nutrisi yang hilang selama kehamilan. Manfaat ini tidak hanya baik untuk kesehatan ibu, tetapi juga bagi perkembangan bayi. Berikut manfaat chia seed bagi ibu hamil :

11. Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 sangat penting untuk perkembangan otak pada janin atau bayi. Sehingga chia seed dapat menjadi alternatif akan sumber asam lemak omega 3 dari ikan salmon maupun suplemen minyak ikan.

12. Mengisi Nutrisi yang Hilang

Chia seed tinggi akan mineral seperti kalsium, fosfor, magnesium, mangan, tembaga, seng, zat besi, dan niacin yang dapat berperan penting selama kehamilan.

13. Memperlambat Penyerapan Gula

Gula darah tinggi dapat membuat kehamilan yang berisiko. Pada kasus ini, chia seed memiliki efek dapat memperlambat pencernaan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Baca juga artikel lain, seperti :

Peringatan dan Potensi Efek Samping Chia Seed

Beberapa orang mungkin akan mengalami ketidaknyamanan pada perut ketika mengkonsumsi chia seed, terutama dalam jumlah besar karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit dan menjaga kesehatan tubuh, lebih baik mengkonsumsi chia seed secara tidak berlebihan.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa chia seed atau biji chia memiliki banyak kegunaan, terkhususnya manfaat chia seed untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Quinoa serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat chia seed untuk kesehatan :

www.medicalnewstoday.com/articles/291334.php

authoritynutrition.com/11-proven-health-benefits-of-chia-seeds/

draxe.com/chia-seeds-benefits-side-effects/

www.foodmatters.com/article/14-proven-health-benefits-of-chia-seeds

image by : lifesum.com

Share

Recent Posts

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com - Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh…