Bahan Makanan

10 Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan

Cengkeh atau cengkih merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga Myrtaceae. Tanaman ini merupakan tanaman cemara yang dapat tumbuh dalam kondisi tropis dan subtropis. Cengkeh juga telah digunakan selama ribuan tahun di negara-negara seperti India dan China sebagai bumbu maupun sebagai obat untuk berbagai penyakit. Berikut ini artikel mengenai manfaat cengkeh kesehatan bagi kesehatan.

Asal Usul Cengkeh atau Cengkih

Cengkeh atau cengkih ( Syzigium aromaticum ) merupakan tanaman asli Kepulauan Maluku (Indonesia) dan merupakan rempah-rempah pertama yang diperdagangkan. Disamping buah pala, cengkeh adalah salah satu rempah-rempah yang paling berharga dari abad ke-16 dan ke-17. Bahkan harga cengkeh yang tinggi, menyebabkan banyak perang yang dilancarkan untuk menguasai kepulauan Maluku selama kedua periode abad tersebut.

Peperangan dimenangkan oleh Belanda sehingga Belanda memegang kepulauan Maluku untuk waktu yang sangat lama. Pada abad ke-18 pohon cengkeh sudah tumbuh di tempat-tempat lain seperti Zanzibar, Madagaskar, Brazil, Mauritius, Ternate, Tidore, dan Tanzania. Hingga saat ini budidaya cengkeh telah tersebar ke seluruh dunia.

Manfaat Cengkeh

Berikut 10 manfaat cengkeh untuk kesehatan :

1. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Adanya sifat karminatif (mencegah pembentukan gas dan meredakan perut kembung) pada cengkeh dapat bermanfaat bagi proses pencernaan. Cengkeh akan membantu meningkatkan pencernaan dengan meningkatkan produksi enzim dalam saluran pencernaan.

2. Kesehatan Tulang

Ekstrak hidro-alkohol cengkeh termasuk senyawa fenolik seperti eugenol dan turunannya, seperti flavones, isoflavones dan flavonoid. Ekstrak sangat membantu dalam menjaga kepadatan tulang, menjaga kandungan mineral tulang, meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis.

3. Meredakan Sakit Gigi

Komponen anti-inflamasi dan analgesik pada cengkeh akan membantu mengurangi pembengkakan di sekitar gigi yang terinfeksi dan mengurangi rasa sakit. Analgesik merupakan sejenis obat yang dibuat untuk menghilangkan rasa nyeri tanpa harus menghilangkan kesadaran seseorang.

4. Mengatasi Bau Mulut

Cengkeh mengandung antiseptik alami yang sangat membantu membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan bau mulut. Selain itu, cengkeh juga membantu membersihkan bakteri membusuk di lidah dan bagian atas tenggorokan.

5. Meredakan Mual

Sifat aromatik pada cengkeh dapat meredakan mual dan memberikan ketenangan. Selain itu, cengkeh juga dapat digunakan untuk meredakan mual yang disebabkan karena kehamilan.

6. Meningkatkan Kondisi Pernapasan

Cengkeh memiliki ekspektoran, antibakteri, dan sifat anti-inflamasi yang dapat digunakan untuk mengobati flu biasa, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, infeksi virus, asma, TBC, bronkitis dan berbagai kondisi sinus. Disamping itu, cengkeh juga bertindak sebagai agen chemoprotective potensial yang berguna untuk kanker paru-paru.

7. Meringankan Sakit Telinga

Adanya anestesi ringan dan sifat antibakteri dalam cengkeh dapat membantu menyembuhkan sakit dan infeksi di telinga.

8. Membersihkan Kulit

Cengkeh juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat dan masalah kulit seperti komedo, jerawat, dan bekas luka. Selain itu cengkeh juga sangat efektif dalam mencegah noda atau tanda yang biasanya muncul setelah jerawat mereda.

9. Membunuh Patogen Berbahaya

Cengkeh telah diuji dan terbukti memiliki sifat antibakteri yang bermanfaat untuk membunuh patogen yang menyerang manusia. Patogen merupakan agen biologis yang menyebabkan penyakit pada inangnya. Sebutan lain dari patogen adalah mikroorganisme parasit.

10. Mengatasi Stress

Karena aroma yang kuat namun menenangkan, cengkeh dapat membantu Anda lebih rileks dan mengurangi stres. Stres sering menyebabkan otot-otot tubuh menjadi tegang. Kandungan eugenol pada cengkeh efektif merelaksasi otot yang tegang akibat stress.


Efek Samping Mengkonsumsi Cengkeh

Di Indonesia, cengkeh dikonsumsi dalam skala besar dalam bentuk rokok, dikenal sebagai rokok kretek. Rokok kretek ini telah muncul sebagai alternatif untuk rokok tembakau, tetapi penelitian menunjukkan bahwa rokok kretek sebenarnya lebih buruk daripada rokok tembakau. Dalam kasus rokok kretek, jumlah nikotin, karbon monoksida, dan tar yang masuk ke dalam paru-paru lebih tinggi dari daripada rokok tembakau.

Minyak cengkeh tidak boleh digunakan secara langsung, sebaliknya minyak harus diencerkan terlebih dahulu dengan dicampur dalam minyak zaitun atau dalam air suling. Dengan semua manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari cengkeh, menggunakan cengkeh atau minyak cengkeh pada suatu waktu dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan Anda. Jadi, untuk jumlah dosis penggunaan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa cengkeh atau cengkih memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat cengkeh untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Rebung serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat cengkeh untuk kesehatan :

  • www.indepthinfo.com/cloves/story.shtml
  • www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/health-benefits-of-cloves.html
  • www.top10homeremedies.com/kitchen-ingredients/top-10-health-benefits-cloves.html/3
Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.