8 Manfaat Buah Zaitun untuk Kesehatan

Buah zaitun, dapat juga disebut dengan nama buah olive merupakan satu dari sekian banyak buah-buahan yang sangat bermanfaat. Meskipun lebih mudah ditemui dalam bentuk olahan minyak zaitun, buah ini ternyata juga sangat bermanfaat jika dikonsumsi secara langsung. Lalu apa saja manfaat buah zaitun untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Buah Zaitun
Gambar buah zaitun via artmassage.ir

KANDUNGAN GIZI BUAH ZAITUN

Manfaat buah zaitun berasal dari berbagai kandungan di dalamnya seperti nutrisi, vitamin, mineral, dan senyawa organiknya, termasuk zat besi, serat, tembaga, vitamin E, senyawa fenolik, asam oleat, dan berbagai antioksidan. Selain itu, buah zaitun juga memiliki indeks glisemik yang rendah. Kombinasi dari berbagai kandungan tersebutlah yang membuat buah zaitun sangat bermanfaat bagi kesehatan.

manfaat buah zaitun

Berikut 8 manfaat buah zaitun bagi kesehatan:

1. Menjaga Tekanan Darah Tetap Terkontrol

Manfaat buah zaitun yang pertama yaitu dapat menjaga tekanan darah tetap terkontrol. Hal ini karena adanya suatu kandungan di dalam buah ini yang diketahui dapat mengontrol tekanan darah sehingga dapat mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Selain itu, buah zaitun juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Dimana LDL yang berlebih dapat menimbulkan flek di pembuluh darah yang dapat memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah sebagai penyebab terjadinya hipertensi.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Diabetes

Buah zaitun mengandung suatu senyawa yang dapat berfungsi untuk menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh, sehingga dapat membantu tubuh Anda terhindar dari penyakit diabetes. Selain itu, kandungan skualena pada buah ini juga dapat berfungsi sebagai bahan produksi insulin yang digunakan untuk menekan kadar gula darah agar tetap terkontrol.

3. Mencegah Infeksi

Buah zaitun ternyata sangat kaya akan antioksidan, seperti oleuropein, hydroxytyrosol, tyrosol, asam oleonalik, serta quercetin. Adanya kandungan antioksidan itulah yang membuat buah zaitun dapat berperan dalam mengurangi kerusakan oksidatif dalam tubuh dan membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

4. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan dan asam oleat yang tinggi pada buah zaitun, dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menyatakan bahwa buah zaitun dapat menghambat perkembangan sel kanker payudara dan kanker usus besar. Meskipun begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah zaitun mengandung serat alami yang cukup banyak, sehingga sangat berkhasiat untuk melancarkan saluran pencernaan. Selain itu, serat yang terkandung di dalamnya juga dapat berfungsi untuk mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit maupun diare.

6. Membantu dalam Mengobati Anemia

Tingginya kadar zat besi yang terkandung di dalam buah zaitun tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya yaitu dapat meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh Anda. Selain itu, khasiat buah zaitun juga dapat mengikat oksigen di dalam darah Anda sehingga membuat Anda lebih sehat secara keseluruhan.

7. Mencegah Penuaan Dini

Buah zaitun memiliki kandungan asam linoleat yang berguna untuk menjaga kelembaban dan kadar air pada kulit, sehingga kulit akan senantiasa sehat dan segar. Selain itu, kandungan vitamin C yang juga terkandung di dalamnya dapat berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas sebagai penyebab keriput dan flek hitam di wajah.

8. Mencegah Kepikunan

Siapa sangka bahwa dengan mengonsumsi buah zaitun secara rutin dipercaya dapat mencegah kepikunan. Hal ini dikarenakan buah ini memiliki suatu senyawa yang dapat berfungsi untuk mencegah kerusakan pada struktur sel dan membran dalam otak.

Artikel terkait: Manfaat Minyak Zaitun

Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat buah zaitun untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Bawang Dayak atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.