Categories: Buah-Buahan

12 Khasiat Buah Sukun untuk Kesehatan

Buah sukun kaya akan vitamin dan mineral, seperti riboflavin, zat besi, niasin, thiamin, fosfor, kalium, tembaga, magnesium, kalsium, seng, mangan, dan selenium. Selain itu, buah sukun juga mengandung kalori seperti makanan pada umumnya, flavonoid dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut ini artikel mengenai beberapa manfaat buah sukun untuk kesehatan.

Asal Usul Sukun

Sukun merupakan tanaman asli Oceania, yaitu daerah yang membentang dari bagian timur Indonesia hingga ke bagian barat Amerika. Oceania mencakup wilayah Melanesia (mulai dari Kepulauan Maluku, Papua Nugini hingga ke Fiji), Micronesia (mulai dari Mariana, Palu hingga ke Kiribati) dan Polynesia (mulai dari Hawaii, Selandian Baru hingga ke Easter Island).

Di Oceania, buah sukun telah dimanfaatkan sebagai sumber makanan sejak 3000 tahun yang lalu. Setelah tahun 1500 an buah sukun sudah mulai menyebar ke seluruh dunia. Pada awal abad ke-17 penjelajah Spanyol membawa buah sukun ke Guam dan Filipina, kemudian pada akhir abad ke-17 penjelajah Inggris mengenal buah sukun.

Buah sukun disebarkan ke daerah Hidia Barat meliputi Guyana, Hait, dan Kepulauan Karibia. Akhir abad ke-18 ekspedisi Perancis telah membawa tanaman sukun ke Jawa da Maritius, Afrika. Kini, tanaman sukun bisa dijumpai di hampir semua daerah beriklim tropis.

Budidaya sukun telah dilakukan di lebih dari 145 negara yang terbentang dari Kepulauan Pasifik, Australia bagian Utara, Asia Tenggara, Asia Selatan, Madagaskar, Afrika, Amerika Tengah, Amerika Selatan dan daerah di sekitar Kepulauan Karibia. Di Indonesia produksi sukun terbesar ada di Jawa, disusul Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Manfaat Buah Sukun

Berikut 12 manfaat buah sukun untuk kesehatan :

1. Kesehatan Kardiovaskular

Sukun merupakan sumber kalium. Nutrisi ini dapat mengurangi tekanan darah dalam tubuh dan mengatur denyut jantung dengan meminimalkan efek natrium. Kalium mendorong kontraksi otot dalam sistem skeletal termasuk jantung.

Disamping itu, serat makanan membantu mengurangi kolesterol dengan mencegah penyerapan di usus. Hal ini dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL), dan kemudian mengangkat kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Aktivitas tersebut bermanfaat pula untuk mengurangi tingkat trigliserida, yang merupakan salah satu penyebab utama serangan jantung.

2. Mencegah Infeksi

Sukun mengandung sejumlah antioksidan yang baik, yang membantu tubuh untuk mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi. Selain itu, sukun juga dapat mencegah masuknya radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan penuaan dan penyakit yang berkaitan dengan usia lainnya.

3. Sebagai Sumber Energi

Satu porsi sukun dapat memberikan 60 gram karbohidrat sebagai sumber utama energi dalam tubuh. Hal ini sangat bermanfaat bagi para atlet dan orang yang gemar untuk berolahraga berat.

[ Baca juga : Manfaat Buah Nangka ]

4. Mengendalikan Diabetes

Serat dalam sukun dapat menghambat penyerapan glukosa dari makanan yang kita makan, sehingga mengendalikan diabetes, selain itu sukun juga mengandung senyawa yang dibutuhkan oleh pankreas untuk memproduksi insulin dalam tubuh.

5. Membantu Pencernaan

Serat dalam sukun juga bermanfaat untuk membuang racun dari usus dan membantu fungsi usus. Hal ini dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti maag, asam lambung dan gastritis. Selanjutnya, usus juga membantu melindungi membran mukosa usus untuk menangkal bahan kimia penyebab kanker usus besar.

6. Mencegah Peradangan Kulit

Ekstrak sukun segar dapat membantu mengurangi peradangan. Sukun dapat menghambat aktivitas enzim yang menyebabkan peradangan dan mencegah kelebihan produksi oksida nitrat, sehingga mencegah peradangan yang berlebihan.

7. Membantu Produksi Kolagen

Minum jus sukun akan membantu meremajakan dan mengencangkan kulit. Tingginya vitamin C pada sukun akan membantu proses produksi kolagen, yaitu protein yang memberikan elastisitas pada kulit.

8. Mendorong Pertumbuhan Sel Baru

Antioksidan dalam sukun dapat memberikan perlindungan efektif terhadap sinar matahari dan kerusakan yang disebabkan paparan sinar matahari. Hal ini juga mendorong pertumbuhan sel-sel baru yang mebuat kulit halus dan tampak lebih muda.

[ Baca juga : Manfaat Buah Durian ]

9. Menyembuhkan Penyakit Kulit

Lateks atau getah kental dari pohon sukun dapat diterapkan pada permukaan kulit yang mengalami masalah seperti eksim, psoriasis dan peradangan agar segera sembuh.

10. Memelihara rambut

Sukun mengandung beberapa nutrisi baik yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut. Vitamin C dalam sukun dapat membantu penyerapan mineral ke rambut serta menjaga pertumbuhan rambut sehat.

11. Mengurangi Ketombe, Gatal-gatal dan Kerusakan Rambut

Sukun kaya akan omega 3 dan omega 6, yang secara alami dapat memperbaiki kondisi rambut dan mengurangi rambut patah. Asam lemak yang ada dalam sukun berperan mengatur produksi sebum di kulit kepala, mengurangi ketombe dan gatal-gatal. Hal ini juga dapat menghambat peradangan kulit kepala, kematian sel rambut dan mencegah rambut rontok.

12. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Kandungan zat besi pada sukun dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, merangsang folikel rambut yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.


Efek Samping Mengkonsumsi Buah Sukun

Apabila sukun dikonsumsi secara berlebihan dapat mengganggu fungsi ginjal terutama bagi pasien yang menderita sakit ginjal yang belum benar-benar sembuh atau untuk pasien penyakit ginjal yang baru mengalami operasi.

Sukun memiliki kandungan karbohidrat tinggi tetapi rendah kalori yang sangat baik untuk orang yang sedang menjalani program diet. Tetapi bagi orang yang memiliki berat badan di bawah ukuran normal atau kurus, apabila mengkonsumsi sukun dengan porsi berlebihan akan mengalami kehilangan nafsu makan sehingga dapat menyebabkan efek lemas.

Ketika sukun dalam keadaan mentah atau sukun yang belum dicuci langsung direbus, dikukus atau digoreng matang, maka lateks pada sukun akan menyebabkan gatal-gatal pada kulit, sariawan dan dapat menyebabkan iritasi.

Kurangi mengkonsumsi sukun yang sudah diproses menjadi keripik secara berlebihan karena setelah proses tersebut, sukun tidak lagi memiliki cukup serat untuk membantu kelancaran pencernaan sehingga dapat menyebabkan sembelit.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah sukun memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah sukun untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kacang Hitam serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel manfaat buah sukun bagi kesehatan :

  • jurnalbumi.com/buah-sukun/
  • www.bosomus.com/2016/10/5-side-effects-breadfruit-to-health.html
  • www.healthbeckon.com/breadfruit-benefits/
Share

Recent Posts

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…