Buah-Buahan

13 Khasiat Buah Srikaya untuk Kesehatan

Srikaya merupakan salah satu buah buahan yang paling bergizi. Buah srikaya memiliki kemiripan dengan buah sirsak, namun berukuran lebih kecil dan tidak berduri pada bagian kulitnya. Meskipun begitu, buah srikaya tidak kalah bermanfaat dibanding buah sirsak. Berikut artikel mengenai manfaat buah srikaya untuk kesehatan.

Buah srikaya memiliki tekstur yang lembut dan kenyal di bagian dalam, dengan bagian luarnya yang keras. Selain itu, buah srikaya ini dapat menjadi alternatif yang sangat baik untuk produk susu, sehingga cocok bagi Anda yang alergi terhadap produk susu karena menyediakan nutrisi yang tidak jauh berbeda.

Nilai Gizi Buah Srikaya

Srikaya mengandung berbagai mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh manusia, termasuk; karbohidrat, serat makanan, protein, tiamin (B1), seng, riboflavin (B2), kalium, niasin (B3), fosfor, asam pantotenat (B5), mangan, kalsium, vitamin B6, folat (B9), vitamin C, zat besi dan magnesium.

Manfaat Buah Srikaya

Berikut 13 manfaat buah srikaya bagi kesehatan :

1. Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat buah srikaya untuk ibu hamil. Buah srikaya mengandung cukup tinggi asam folat, yang merupakan vitamin yang sangat penting bagi wanita hamil. Ibu menyusui juga dianjurkan untuk secara teratur mengkonsumsi buah srikaya karena dapat meningkatkan produksi ASI.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Srikaya merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin B6 yang penting untuk mencegah akumulasi homosistein dalam darah. Tingginya tingkat magnesium dalam buah srikaya dapat membantu dalam mengurai otot-otot jantung sehingga dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

3. Kesehatan Kulit

Srikaya merupakan sumber yang kaya akan nutrisi penting dan vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B dan antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Asupan rutin buah srikaya dapat secara efektif mencegah masalah kulit seperti menunda penuaan, mencegah kulit terbakar, dan mempromosikan peremajaan sel-sel kulit. Buah ini juga merangsang produksi kolagen dalam tubuh yang dapat membantu untuk meningkatkan elastisitas kulit.

4. Mencegah Asma

Buah srikaya merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C dan antioksidan, sehingga dapat membantu dalam meminimalkan risiko serangan asma. Bagi Anda yang menderita asma sangat dianjurkan untuk menembahkan lebih banyak buah srikaya ke dalam program diet Anda.

5. Mengontrol Tingkat Gula

Buah srikaya mengandung serat makanan yang cukup tinggi, yang telah secara efektif dapat meminimalkan timbulnya diabetes tipe-2. Buah srikaya juga dapat mengurangi penyerapan gula dalam tubuh.

6. Meningkatkan Energi

Buah srikaya merupakan sumber yang sangat baik dari thiamin yang dapat membantu dalam mengubah gula menjadi energi. Singkatnya, srikaya dapat memberikan tambahan energi sehingga dapat mengatasi kelelahan tubuh.

7. Kesehatan Tulang

Buah srikaya mengandung cukup tinggi kalsium dan magnesium yang penting dalam mempromosikan kesehatan tulang, menjaga tulang yang kuat, serta dapat meningkatkan kepadatan tulang.

8. Mencegah Risiko Kanker

Buah srikaya mengandung alkaloid dan acetogenin yang secara efektif dapat mencegah pertumbuhan sel tumor dan mengurangi risiko kanker. Pada lapisan luar srikaya mengandung tannin dan astringent yang telah terbukti efektif dalam mengobati dan menghambat sel-sel tumor dan kanker.

9. Meningkatkan Kesehatan Mata

Srikaya merupakan sumber yang kaya akan vitamin C dan riboflavin yang daapt membantu dalam mencegah masalah mata tertentu, seperti degenerasi makula, penglihatan yang buruk, rabun senja, serta mempertahankan penglihatan yang baik.

10. Kesehatan Sistem Pencernaan

Srikaya dapat membantu sistem pencernaan karena kandungannya yang tinggi akan serat makanan. Buah ini juga dapat membantu dalam membuang racun yang tidak diinginkan dari usus sehingga dapat mempermudah gerakan usus. Hal ini juga membantu untuk mengurangi risiko sembelit, gastritis, mulas, maag dan sakit perut.

11. Membantu Meningkatkan Berat Badan

Srikaya merupakan buah buahan yang dikemas dengan kalori yang menyehatkan dan kandungan gulanya dapat membantu untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh sehingga meningkatkan nafsu makan seseorang. Singkatnya, bagi Anda yang bertujuan untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat, anda dapat mengkonsumsi buah srikaya secara rutin.

12. Mengontrol Tekanan Darah

Buah srikaya merupakan sumber yang baik dari potassium dan magnesium yang dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah tetap terkontrol. Bagi mereka dengan tingkat tekanan darah fluktutif, mngkonsumsi sebuah srikaya per hari dapat membantu menjaga tekanan darah tetap terkontrol.

13. Membantu Mengobati Anemia

Buah srikaya dapat berfungsi sebagai stimulan, pendingin, ekspektoran dan haematnic. Selain itu, buah srikaya sebagai sumber zat besi yang kaya juga dapat berguna dalam mengobati anemia.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa srikaya memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah srikaya untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Krokot serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat srikaya untuk kesehatan :

globalfoodbook.com/benefits-of-sugar-apple-fruit/

www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-sugar-apples/#gref

Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.