Buah-Buahan

10 Khasiat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Sirsak merupakan buah buahan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Buah sirsak memiliki rasa yang manis sehingga cocok diolah menjadi es krim, jus buah, maupun olahan lainnya. Selain itu, buah sirsak mengandung berbagai komponen dengan sifat pengobatan, yang membuatnya bermanfaat bagi kesehatan manusia. Manfaat buah sirsak untuk kesehatan ini meliputi kesehatan jantung, memperbaiki kualitas tidur, dan sebagainya yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Tak hanya bagian daun sirsak yang memiliki banyak manfaat, bagian buahnya pun dapat menyehatkan jika dikonsumsi. Sirsak memiliki banyak manfaat kesehatan dikarenakan mengandung berbagai zat alami, termasuk senyawa lemak yang disebut acetogenins, senyawa yang disebut annonacin, yang lain disebut annopentocins dan kuinolon, serta senyawa alkaloid.

Manfaat Buah Sirsak

Berikut 10 manfaat buah sirsak bagi kesehatan :

1. Membantu Mengatasi Gangguan Pernapasan

Jika Anda sedang berusaha dalam menyembuhkan sakit batuk, pilek, atau penyakit pernapasan lainnya, maka sifat anti-inflamasi pada sirsak dapat membantu Anda dalam membersihkan saluran pernapasan. Buah sirsak dapat bertindak sebagai ekspektoran, yang dapat berguna dalam menghilangkan dahak dan lendir.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi buah sirsak secara rutin dapat berdampak positif untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan dapat mencegah berbagai penyakit yang berbahaya. Buah sirsak kaya akan vitamin C, buah ini juga dapat merangsang produksi sel-sel darah putih, sedangkan konsentrasi antioksidannya dapat membantu dalam menetralkan radikal bebas dan mencegah penyakit kronis.

3. Kesehatan Saluran Pencernaan

Jus buah sirsak juga bisa menjadi diuretik yang sangat efektif, yang dapat membersihkan saluran pencernaan dan membuang kelebihan racun dan garam dari tubuh. Komponen anti inflamasi pada sirsak, termasuk alkaloid dan kuinolon, dapat mengurangi parasit dalam usus dan mengurangi rasa sakit dan iritasi pada perut atau usus.

4. Mencegah Osteoporosis

Buah sirsak mengandung kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk tulang yang kuat dan dapat membantu dalam mencegah osteoporosis.

5. Kesehatan Jantung

Vitamin B1 dalam sirsak dapat mempercepat metabolisme, sirkulasi darah, dan mencegah gangguan saraf. Buah ini juga mengandung vitamin B2, yang penting untuk produksi energi tubuh, penyimpanan lemak, fungsi sistem saraf, dan kesehatan jantung.

6. Meredakan Sembelit

Buah sirsak kaya akan serat larut dan tidak larut, sehingga dapat membantu dalam meredakan sembelit dengan cara menambahkan massal untuk tinja dan dapat membantu mengurainya dari dalam tubuh.

7. Memperbaiki Kualitas Tidur

Buah sirsak mengandung zat kimia yang disebut tryptophan yang dapat memberi efek kantuk dan relaksasi. Dengan demikian, buah sirsak dapat bermanfaat bagi penderita insomnia. Selain itu buah sirsak juga dapat membantu mengontrol tekanan darah dan hipertensi.

8. Membunuh Parasit dari dalam Tubuh

Buah sirsak sarat dengan nutrisi yang penting untuk pengembangan keseluruhan tubuh. Nutrisi seperti asam amino, asam askorbat, kalsium, karbohidrat, zat besi, fosfor, tiamin, serat, dan riboflavin dapat menghambat pertumbuhan parasit dari dalam tubuh.

9. Meningkatkan Energi

Sirsak juga dapat membuat Anda lebih energik dalam menjalani aktivitas seharian. Hal ini karena bahwa sirsak memiliki sifat penting yang dapat membantu dalam menjaga tubuh tetap aktif dan energik sehingga Anda tidak akan merasa lesu sepanjang hari.

10. Lain-Lain

Selain manfaat sirsak yang sudah dipaparkan sebelumnya, sirsak juga dapat digunakan untuk mengurangi demam, menurunkan tekanan darah tinggi, merangsang pencernaan dan meningkatkan nafsu makan, dan membuat pemulihan lebih cepat dari penyakit.


Perhatian

Sebagai kesimpulan, meskipun buah sirsak dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan, Anda tetap perlu memperhatikan beberapa hal, seperti sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi buah sirsak ini secara berlebihan untuk menghindari efek samping yang dapat merugikan bagi kesehatan tubuh.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa sirsak memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Srikaya serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat buah sirsak untuk kesehatan :

www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/soursop.html

www.stylecraze.com/articles/benefits-of-soursop-for-skin-hair-and-health/#gref

vkool.com/benefits-of-soursop/

Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.