Categories: Buah-Buahan

13 Khasiat Buah Sawo untuk Kesehatan

Pohon sawo tumbuh di daerah yang beriklim hangat dan cerah. Bentuk buah sawo yaitu bulat atau berbentuk oval berukuran sekitar 10 cm dengan diameter dan memiliki berat kurang lebih 150 gram, memiliki biji berwarna hitam mengkilap di tengah, dagingnya berwarna cokelat dengan tekstur halus kasar dan memiliki rasa buah yang manis. Berikut artikel mengenai manfaat buah sawo untuk kesehatan.

Pohon sawo dapat berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Pohon sawo juga dapat tumbuh hingga ketinggian 2500 mdpl dan tahan terhadap kekeringan, salinitas yang agak tinggi, dan tiupan angin kencang. Buah sawo dapat dimakan dengan kulitnya, selain itu sawo matang juga dapat dibuat jus, sirup, es krim, dan karena memiliki banyak kandungan nutrisi buah sawo juga dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Asal Usul Buah Sawo

Buah sawo merupakan buah-buahan yang berasal dari Amerika Tengah dan telah tumbuh di seluruh Amerika Tengah sejak zaman kuno, tepatnya di Meksiko dan Belize. Bangsa Spanyol yang membawa buah sawo dari Meksiko ke Filipina dan kemungkinan dari sanalah buah sawo kemudian menyebar ke Asia Tenggara. Kini, budidaya buah sawo sudah banyak dilakukan di wilayah Karibia, Vietnam, Pakistan, Sri Lanka, Thailand, Bangladesh, Maladewa, Indonesia, dan India.

Manfaat Buah Sawo

Berikut 13 manfaat buah sawo bagi kesehatan :

1. Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan dan kombinasi vitamin A dan C pada sawo sangat penting untuk mencegah penuaan dini, kerutan di kulit dan melindungi dari radikal bebas yang berbahaya bagi kulit sehingga kulit tampak lebih sehat.

2. Kesehatan Rambut

Minyak yang diekstrak dari biji sawo dapat membantu melembabkan dan melembutkan rambut Anda, sehingga membuat rambut lebih mudah diatur. Selain itu minyak yang diekstrak dari biji sawo ini juga dapat memelihara kulit kepala dengan mengurangi iritasi dan rambut rontok.

3. Baik Untuk Mata

Sawo kaya akan vitamin A yang berperan meningkatkan penglihatan bagi mereka yang berasal dari berbagai jenis usia (usia muda maupun usia tua).

4. Sumber Energi

Sawo juga mengandung  glukosa yang bermanfaat menyediakan energi instan bagi tubuh. Oleh karena itu bagi atlet-atlet yang membutuhkan banyak energi, disarankan untuk makan sawo secara teratur.

5. Kesehatan Pencernaan

Tingginya kandungan tanin dalam sawo, membuat sawo menjadi buah yang memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat penting untuk meningkatkan kondisi saluran pencernaan melalui pencegahan penyakit seperti esofagitis, enteritis,  iritasi usus dan gastritis, serta sawo juga berfungsi mengurangi peradangan.

6. Mencegah Kanker

Adanya kandungan vitamin A dan B dalam sawo bermanfaat membantu menjaga kesehatan lapisan lendir tubuh dan tekstur kulit. Antioksidan, serat makanan dan nutrisi yang ditemukan dalam sawo juga memberikan perlindungan terhadap kanker dan dapat mengikat karsinogen (racun) untuk melindungi selaput lender dari kanker usus besar. Sedangkan vitamin dalam sawo akan melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan rongga mulut.

7. Kesehatan Tulang

Sawo mengandung kalsium, fosfor dan zat besi yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan dan memperkuat tulang.

Artikel terkait mengenai buah-buahan :

8. Mengurangi Sembelit

Sawo mengandung serat makanan  sebanyak 5,6/100g. Dengan demikian, sawo dapat dianggap sebagai obat pencahar yang sangat baik. Kandungan serat akan membantu mengurangi sembelit dan membuat tubuh tahan terhadap infeksi.

9. Baik Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Buah sawo untuk ibu hamil. Sawo tinggi akan kandungan karbohidrat dan nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan menyusui. Sawo akan membantu mengurangi kelemahan, mual dan pusing.

10. Memiliki Sifat Anti-virus dan Anti-bakteri

Kandungan polifenol pada sawo memiliki sifat anti-virus, anti-parasit dan anti-bakteri. Antioksidan mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh manusia, vitamin C menghancurkan radikal bebas berbahaya, sedangkan kalium, zat besi dan folat, niacin, dan asam pantotenat dalam buah sawo membantu meingkatkan fungsi sistem pencernaan.

11. Menurunkan Berat Badan

Buah sawo secara tidak langsung juga dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas dengan mengatur sekresi enzim lambung, sehingga mengatur metabolisme tubuh.

12. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Sawo juga berperan sebagai diuretik sehingga membantu menghilangkan kotoran dari dalam tubuh melalui buang air kecil, hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah edema atau retensi air dengan menjaga konsentrasi air dalam tubuh.

13. Mengatur Sirkulasi Darah dan Mencegah Anemia

Magnesium yang terkandung dalam sawo sangat bermanfaat untuk darah dan pembuluh darah, sedangkan kalium dalam sawo akan membantu mengatur tekanan darah serta meningkatkan sirkulasi darah yang sehat. Disamping itu, kandungan folat dan zat besi dalam sawo berfungsi mencegah anemia.


Efek Samping Buah Sawo

Mengkonsumsi sawo yang masih mentah dapat menyebabkan beberapa masalah seperti iritasi mulut, gatal di tenggorokan, masalah pernapasan, dan ulkus di mulut karena mengandung lateks dan tanin.

Terlalu banyak mengkonsumsi buah sawo dapat menyebabkan perut tidak nyaman dan kemudian menyebabkan sakit perut.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa sawo memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah sawo untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Kayu Manis serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat buah sawo untuk kesehatan :

  • www.specialtyproduce.com/produce/Chikoo_11506.php
  • www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-sapota-for-skin-hair-and-health
  • www.womenplanet.in/health-fitness/benefits-of-chikoo-fruit-and-juice-for-hair-skin-pregnancy-etc
  • id.m.wikipedia.org/wiki/Sawo_manila
Share

Recent Posts

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com - Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh…