Buah-Buahan

8 Khasiat Buah Raspberry untuk Kesehatan

Buah raspberry memiliki rasa yang manis. Dalam keluarga raspberry ada dua jenis utama, yaitu raspberry merah dan raspberry hitam. Ada juga raspberry ungu yang merupakan persilangan antara raspberry merah dan raspberry hitam, kemudian raspberry kuning yang merupakan mutasi genetik yang terjadi pada raspberry merah. Berikut ini artikel mengenai beberapa manfaat buah raspberry untuk kesehatan.

Meskipun raspberry lebih subur tumbuh pada iklim dingin, akan tetapi raspberry juga dapat tumbuh di daerah tropis. Raspberry merupakan salah satu jenis buah yang memiliki rasa lezat dengan banyak manfaat kesehatan, dimana kandungan vitamin, antioksidan, serat, dan nutrisi lainnya dapat memberikan efek positif bagi kesehatan.

Asal Usul Buah Raspberry

Raspberry merupakan tanaman buah (genus Rubus) yang diyakini berasal dari Asia Timur, tetapi ada juga yang menyebutkan bahwa raspberry berasal dari belahan bumi barat. Benih raspberry mungkin disebarkan oleh wisatawan atau hewan yang melintas dan bermigrasi ke Selat Bering (selatan Lingkaran Arktik) pada zaman kuno.

Raspberry merah disebarkan ke Amerika Utara oleh orang-orang zaman prasejarah. Bukti arkeologi menunjukkan bahwa budidaya raspberry telah dilakukan sejak abad ke-4, seperti yang didokumentasikan oleh Palladius. Penggunaan raspberry sebagai makanan dan pengobatan berkembang ketika abad pertengahan dan pada abad ke-13 secara menyeluruh Inggris mulai membudidayakan raspberry.

Manfaat Buah Raspberry

Berikut 8 manfaat raspberry untuk kesehatan :

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah raspberry ini tinggi akan kandungan serat dan mangan. Serat dapat membantu memperlambat proses pencernaan sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama, sedangkan mangan merupakan mineral yang berfungsi menjaga tingkat metabolisme Anda sehingga dapat dengan mudah membakar lemak.

2. Mengurangi Keriput

Kandungan antioksidan vitamin C pada raspberry efektif untuk mengurangi bintik-bintik usia dan perubahan warna sehingga dapat menjadi alternatif untuk mengembalikan penampilan muda Anda. Raspberry juga sering dipakai sebagai masker wajah yang bagus untuk kulit.

Baca juga : Manfaat Buah Blueberry

3. Mencegah Degenerasi Makula

Tiga porsi raspberry per hari dapat menjadi obat alami untuk mencegah degenerasi makula. Degenerasi makula adalah kondisi medis yang berkaitan dengan usia yang mempengaruhi visi Anda. Hal ini akan menyebabkan kehilangan penglihatan di titik tengah dari bidang visual akibat kerusakan retina. Anda dapat menambahkan raspberry untuk tambahan sarapan atau makan siang.

4. Mencegah Infeksi dan Kanker

Raspberry kaya akan antioksidan yang mengandung asam ellagic yang dapat menghentikan kerusakan pada membran sel akibat radikal bebas. Asam ellagic adalah komponen phytonutrient raspberry dengan zat penting seperti kaempferol, quercetin, dan molekul berbasis cyanidin yang disebut cyanidin-3-rutinosida dan cyanidin-3-glucosylrutinoside.

Selain itu, molekul-molekul flavonoid yang dipecah menjadi anthocyanin juga memiliki sifat antioksidan dan antimikroba dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur dalam tubuh, karena pertumbuhan tersebut sering menyebabkan infeksi dan iritasi. Disamping itu, beberapa penelitian telah menyimpulkan bahwa raspberry memiliki potensi untuk menghambat proliferasi sel kanker dan perkembangan tumor di berbagai bagian tubuh, termasuk usus besar.

Baca juga : Manfaat Buah Strawberry

5. Perkembangan Jaringan Tubuh

Raspberry memiliki enzim metalloproteinase yang penting untuk perkembangan dan perbaikan jaringan. Kemudian, kandungan vitamin C, riboflavin, folat, magnesium, mangan, niasin, kalium dan tembaga juga turut mendorong peningkatan kesehatan tubuh.

6. Kesehatan Wanita

Beberapa dokumentasi telah menyarankan bahwa raspberry juga baik untuk wanita. Raspberry sangat bermanfaat bagi wanita lajang, wanita hamil, dan ibu menyusui. Bagi wanita hamil, teh raspberry dapat mengurangi mual, mencegah perdarahan, mengurangi rasa sakit dan membantu dalam melahirkan.

Untuk ibu menyusui, teh raspberry atau makan buah raspberry akan membantu meningkatkan produksi ASI. Sedangkan untuk wanita lajang, daun raspberry dapat digunakan sebagai teh herbal yang bermanfaat untuk melancarkan siklus menstruasi.

7. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Raspberry kaya akan antioksidan dan fitonutrien yang efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu tubuh Anda untuk melawan penyakit.

8. Mengontrol Diabetes

Raspberry memiliki indeks glikemik rendah, sehingga dapat menjadi makanan yang berguna bagi penderita diabetes. Kemudian, karbohidrat dalam raspberry jua dipecah secara perlahan dalam tubuh untuk membantu kelancaran pelepasan gula ke dalam darah.


Efek Samping Mengkonsumsi Buah Raspberry

1. Iritasi dapat terjadi pada lapisan usus Anda dari bahan-bahan alami dalam teh. Apabila Anda minum teh raspberry dapat menyebabkan diare, sehingga bagi Anda yang mudah sensitif terhadap makanan dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi raspberry.

2. Lapisan perut dapat teriritasi dan menyebabkan Anda merasa mual dan mungkin muntah karena terlalu berlebihan mengkonsumsi raspberry terutama teh raspberry.

3. Gejala-gejala reaksi alergi terhadap raspberry merah juga dapat terjadi. Gejala pertama sering kesemutan atau gatal di mulut, diikuti dengan rasa gatal pada kulit dan mungkin gatal-gatal atau eksim. Wajah, bibir, tenggorokan dan lidah mungkin mulai membengkak, menyebabkan kesulitan bernapas, mengi atau kemacetan. Pusing dan pingsan juga dapat terjadi. Oleh karena itu sebelum mengkonsumsi raspberry dianjurkan untuk memperhatikan kondisi tubuh dan mempertimbangkan jumlah asupan raspberry yang dikonsumsi.

4. Raspberry memang memiliki enzim metalloproteinase yang baik untuk perkembangan dan perbaikan jaringan, namun hal ini penting untuk diperhatikan bahwa apabila raspberry dikonsumsi secara berlebihan maka enzim tersebut dapat bertindak sebagai katalis untuk perkembangan kanker.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa raspberry memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah raspberry untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Bengkoang serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat buah raspberry bagi kesehatan :

  • www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-raspberry.html
  • www.indepthinfo.com/raspberries/history.htm
  • www.beautyandtips.com/healthy-eating/10-amazing-health-benefits-of-raspberries/
  • www.livestrong.com/article/439896-side-effects-of-raspberry-tea/
  • www.livestrong.com/article/446026-adverse-reactions-to-red-raspberry/
Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.