Categories: Buah-Buahan

13 Khasiat Buah Plum untuk Kesehatan

Buah plum atau buah prem merupakan salah satu dari berbagai pohon atau semak dalam genus Prunus (keluarga Rosaceae). Buah ini terdiri dari berbagai spesies, seperti plum Eropa (P. domestica), plum Jepang (P. salicina) dan juga termasuk plum berdaun ungu (P. cerasifera). Buah plum memiliki pohon yang ketinggiannya dapat mencapai 6 sampai 10 meter, tetapi juga ada yang jauh lebih kecil. Berikut ini artikel mengenai manfaat kesehatan dari buah plum. Berikut artikel mengenai manfaat buah plum untuk kesehatan.

Asal Usul Plum

Buah plum secara luas telah dibudidayakan di seluruh dunia dan memiliki banyak varietas sesuai dengan berbagai jenis tanah dan kondisi iklim tempat tumbuhan ini tumbuh. Buah ini juga memiliki asal yang bermacam-macam, yaitu plum Eropa berasal dari wilayah sekitar Kaukasus dan Laut Kaspia ditemukan setidaknya 2.000 tahun lalu.

Kemudian plum Damson diyakini berasal dari Eropa atau Asia, dan spesies lain di daerah sekitar Damaskus, hingga kemudian disebarkan ke seluruh dunia melalui Cina sebagai negara pertama yang mengembangkannya. Nutrisi dan khasiat yang terkandung dalam buah plum ini kerap menjadikannya sebagai buah favorit yang disukai untuk dikonsumsi sebagai buah maupun sebagai bahan pengobatan alami. Berikut manfaat kesehatan dari buah plum.

Manfaat Buah Plum

Berikut 13 manfaat buah plum bagi kesehatan :

1. Mencegah Kanker

Buah plum kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker. Antioksidan bekerja untuk memerangi radikal bebas yang merupakan penyebab utama kanker. Selain itu, adanya phytonutrient dan antosianin dalam buah plum juga dapat digunakan sebagai pencegah kanker yang ampuh untuk menjaga kesehatan Anda. Akan tetapi kandungan tersebut tidak bekerja untuk semua jenis kanker, hanya jenis tertentu termasuk kanker pencernaan, kanker saluran pernapasan, kanker hati dan kanker payudara.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin K, kalium dan tembaga pada buah plum dapat membantu menjaga kepadatan tulang Anda sehingga akan mengurangi risiko terserang osteoporosis terutama bagi mereka yang memasuki masa menopause.

3. Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Tingginya tingkat kolesterol dalam tubuh Anda dapat berakibat buruk bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, terutama jantung. Kolesterol sebenarnya penting untuk tubuh Anda, akan tetapi apabila terlalu tinggi dapat membahayakan arteri. Salah satu cara yang paling efektif untuk mengurangi jumlah kolesterol dalam darah adalah dengan mengkonsumsi serat yang banyak terkandung dalam buah plum.

4. Membantu Mengatasi Obesitas

Senyawa bioaktif, fenolik dan flavonoid yang terkandung dalam buah plum dapat membantu Anda dalam mengobati obesitas. Dengan mencegah obesitas, Anda juga bisa mencegah berbagai penyakit lain secara bersamaan.

Baca juga : Manfaat Buah Aprikot

5. Mengurangi Kelelahan

Merasa lelah adalah perasaan yang normal, akan tetapi apabila terlalu lama dapat menggangggu aktivitas Anda karena energi berkurang. Adanya kandungan penenang dalam buah plum dapat membantu mengatasi kondisi tersebut karena dengan mengkonsumsi buah plum dapat menjadikan otot lebih santai untuk sementara waktu sehingga ketegangan bisa dilepas dan Anda dapat mengisi ulang energi Anda.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Adanya efek anti-inflamasi yang terkandungdalam buah plum dapat turut membantu mengatasi masalah kardiovaskular seperti diabetes dan kolesterol.Selain itu, plum juga memiliki vitamin K yang sangat penting untuk mencegah serangan jantung.Studi juga menyebutkan bahwa vitamin K sangat baik untuk melindungi arteri dan vena serta menjaga tekanan darah.

7. Mengatur Sistem Pencernaan

Buah plum juga mengandung isatin dan sorbitol yang berfungsi membuang cairan tidak berguna dalam pencernaan Anda. Selain itu, plum juga kaya akanserat larut yang dapat membersihkan lapisan saluran pencernaan dari racun dan plak.

8. Meningkatkan Metabolisme

Selain sistem pencernaan, buah plum juga turut mendorong metabolisme karena adanya serat yang mampu menyingkirkan racun dalam tubuh serta menurunkan berat badan Anda, Disamping itu, antioksidan dalam buah plum dapat mengeluarkan toksin yang bermanfaat mencegah beberapa penyakit pencernaan seperti kanker usus dan diare.

Baca juga : Manfaat Buah Pear

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah plum kaya akan vitamin C makanan yang sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh Anda ditingkatkan, Anda akan dapat melindungi tubuh Anda dari berbagai radang dan infeksi.

10. Menyeimbangkan Elektrolit

Tingginya tingkat kalium dalam buah plum dapat membantu menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh Anda sehingga sel dapat bekerja dengan baik. Selain itu, kalium juga diperlukan untuk menjaga otot Anda dari kontraksi setelah melakukan latihan.

11. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kandungan vitamin C pada buah plum juga dapat meningkatkan sirkulasi darah karena dapat membantu tubuh menyerap zat besi. Zat besi sangat penting dalam membentuk sel darah merah sehingga darah dapat tersalurkan ke seluruh bagian tubuh dan sel.

12. Kesehatan Kognitif

Buah plum memiliki flavonoid yang berfungsi mencegah penuaan dini. Ketika daerah neurologis meradang atau mengalami penuaan dapat meningkatkan risiko Alzheimer. Selain itu mengkonsumsi buah plum juga dapat membantu menjaga kesehatan otak.

Baca juga : Manfaat Buah Lemon

13. Kesehatan Kulit

Adanya kandungan antioksidan, vitamin E dan C dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti menghilangkan bekas luka dengan meningkatkan perkembangan sel-sel kulit baru.


Efek Samping Buah Plum / Buah Prem

1. Salah satu manfaat buah plum ialah dapat menurunkan gula darah Anda. Untuk orang dengan gula darah tinggi ini akan sangat bermanfaat, akan tetapi bagi mereka yang akan menjalani operasi harus menghindari buah plum atau harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

2. Buah plum juga kaya akan kalori, sehingga untuk Anda yang berusaha menurunkan berat badan agar memperhatikan jumlah buah plum yang dikonsumsi sehingga tidak berlebihan.

3. Tingginya kandungan oksalat dalam buah plum dapat membuat tubuh Anda tidak bisa benar-benar menyerap kalsium sehingga dapat menyebabkan batu ginjal.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah plum atau buah prem memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah plum untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Minyak Kenanga serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat buah plum bagi kesehatan :

drhealthbenefits.com/food-bevarages/fruits/health-benefits-plum-fruits

www.kingsburgorchards.com/plum-history-blog

www.britannica.com/plant/plum

Share

Recent Posts

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com - Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh…