Herbal

12 Khasiat Buah Pinang untuk Kesehatan

Pinang merupakan salah satu jenis palma yang banyak tumbuh di daerah Asia. Dimana penggunaan pinang ini sering dimanfaatkan bagian bijinya sebagai penghasil zat warna merah, bahan penyamak, hingga digunakan sebagai salah satu capuran untuk “menyirih”. Disamping hal tersebut, buah pinang ini menyimpan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat buah pinang untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Buah pinang via fightforbotanicals.com

Pinang memiliki banyak sebutan nama daerah, misalnya saja pining (Batak Toba), pineung (Aceh), dan dalam bahasa inggris dikenal dengan nama betel nut tree atau betel palm. Secara tradisional, biji pinang biasa digunakan sebagai ramuan untuk mengobati kudis, disentri, dan diare berdarah. Namun tidak hanya itu saja, karena buah pinang muda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti yang akan dijelaskan pada berikut ini.

Manfaat Buah Pinang

Berikut 12 manfaat buah pinang bagi kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Manfaat buah pinang yang pertama yaitu dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi. Dimana penggunaan buah pinang ini telah digunakan sejak lama, terutama oleh masyarakat tradisional, sehingga tak mengherankan jika mereka memiliki gigi yang kuat dan sehat.

2. Mengobati Luka

Khasiat buah pinang dipercaya dapat digunakan untuk mengobati luka. Hal ini dikarenakan buah pinang ini mengandung suatu senyawa yang bersifat astringent dan hemostatik yang dapat membantu menghentikan pendarahan.

Untuk penggunaannya, Anda perlu menumbuk bijinya hingga halus kemudian oleskan pada bagian yang luka. Lakukan secara rutin untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, penggunaan buah pinang yang masih muda lebih disarankan.

3. Sebagai Obat Cacingan

Manfaat buah pinang yang selanjutnya yaitu dapat digunakan sebagai obat cacingan. Hal ini dikarenakan buah pinang muda mengandung suatu senyawa yang dipercaya sangat efektif dalam membasmi cacingan. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan buah pinang untuk mengatasi cacingan, terutama pada anak-anak.

4. Mengobati Penyakit Kulit

Ramuan yang terbuat dari pinang muda dapat digunakan sebagai pengobatan alami untuk mengatasi penyakit kulit seperti kudis. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung suatu senyawa yang dipercaya dapat mengatasi penyebab penyakit kudis. Dimana ramuan tersebut dapat Anda oleskan pada bagian kulit yang mengalami kudis.

5. Mengobati Disentri

Buah pinang yang masih muda ternyata juga dapat digunakan sebagai pengobatan disentri. Anda dapat membuat ramuannya dengan cara merendam pinang yang telah dibersihkan dalam segelas air selama beberapa jam. Kemudian minumlah air rendaman ini.

6. Digunakan Sebagai Pengobatan Mata Rabun

Buah pinang juga dipercaya dapat digunakan untuk mengobati penyakit rabun mata. Untuk penggunaannya, ambillah biji buah pinang muda sebanyak 1 biji, lalu kunyah dan telan airnya saja. Cara tersebut dipercaya sangat efektif dalam mengobati mata rabun.

7. Mencegah Pendarahan Berlebih

Buah pinang muda dapat Anda gunakan sebagai pengobatan dalam mengatasi pendarahan berlebih yang biasa terjadi saat mimisan hingga diare. Untuk penggunaannya, Anda dapat mengkonsumsi air rebusan buah pinang secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Artikel terkait:

Selain 7 manfaat buah pinang untuk kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai macam manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut manfaat lainnya dari buah pinang:

8. Mengobati Difteri (Infeksi Bakteri)

9. Meningkatkan Vitalitas Pria

10. Mencegah Penuaan Dini

11. Mengobati Sakit Pinggang

12. Bermanfaat Bagi Wanita Setelah Melahirkan


EFEK SAMPING BUAH PINANG

Pada dasarnya buah pinang akan aman dan bermanfaat jika dikonsumsi dalam dosis yang tepat dan secara tidak berlebihan. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dan membatasi dalam menggunakan buah pinang. Berikut beberapa kemungkinan efek samping mengkonsumsi buah pinang yang dapat terjadi:

  • Konsumsi berlebihan dipercaya dapat memicu kanker.
  • Mengunyah, atau biasa disebut sebagai nyirih yang berlebihan dapat menimbulkan anemia.
  • Dapat memperburuk kondisi penderita darah tinggi atau darah rendah.

Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa pinang memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah pinang untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Gandaria atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.